Cara Screenshot HP Vivo Y16, Praktis dan Cepat!

Cara Screenshot HP Vivo Y16

Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar di Vivo Y16, baik dengan tombol fisik yang ada pada perangkat ini maupun tanpa tombol fisik. Fitur tangkapan layar, atau yang sering disebut sebagai screenshot, adalah salah satu fitur penting di seluruh ponsel Android dan iOS saat ini.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar bagaimana cara mengambil tangkapan layar di Vivo Y16. Sebagian besar pengguna, seperti Anda, seringkali mengambil banyak tangkapan layar di ponsel mereka karena berbagai alasan.

Mungkin Anda ingin berbagi sesuatu dengan teman Anda, atau mungkin Anda hanya ingin menyimpan informasi untuk digunakan nanti. Apapun alasannya, kemampuan untuk mengambil tangkapan layar, baik yang panjang maupun yang pendek, adalah fitur yang sangat penting yang ada di hampir semua ponsel Android saat ini.

Jika Anda baru saja memperoleh ponsel baru atau bekas, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengambil tangkapan layar dengan atau tanpa menggunakan tombol fisik. Sebagian besar perangkat Android memiliki metode yang sama atau serupa untuk mengambil tangkapan layar.

Jika Anda sudah pernah menggunakan perangkat Android sebelumnya, Anda mungkin sudah familiar dengan informasi yang ada dalam artikel ini. Namun, jika Anda baru dalam hal ini, maka mari pelajari cara mengambil tangkapan layar di HP Vivo Y16 dengan mudah.

Cara Screenshot di HP Vivo Y16 dengan Menggunakan Tombol Fisik

Brand ini telah menyediakan tiga metode berbeda yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di Vivo Y16.

Metode pertama, yang juga paling umum, adalah metode tradisional yaitu dengan menekan dua tombol perangkat keras secara bersamaan. Dua metode lainnya melibatkan perangkat lunak atau aplikasi bawaan untuk membuat proses ini lebih mudah.

Metode pertama untuk mengambil tangkapan layar di Vivo Y16 adalah dengan menggunakan tombol fisik yang terletak di sisi ponsel. Ini adalah metode tradisional yang paling umum digunakan.

Ambil ponsel Anda, kemudian tekan dan tahan tombol daya (power) dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Jangan lepaskan kedua tombol tersebut sampai Anda melihat layar berkedip putih. Ini menandakan bahwa tangkapan layar telah diambil.

Setelah layar berkedip putih, Anda akan melihat bilah menu kecil muncul di bagian bawah layar.

Menu tersebut akan memiliki tiga tombol. Tombol pertama digunakan untuk mengedit dan memotong gambar. Tombol kedua digunakan untuk mengaktifkan Scroll Capture, sementara tombol ketiga digunakan untuk berbagi gambar melalui media sosial, forum, atau ruang obrolan seperti WhatsApp dan LINE.

Cara Screenshot di HP Vivo Y16 Tanpa Tombol dengan Gesture 3 Jari

Jika karena alasan tertentu metode pertama tidak berfungsi, misalnya tombol rusak atau masalah lain, Anda dapat menggunakan cara mengambil tangkapan layar di Vivo Y16 dengan menggunakan fitur "Palm Swipe to Capture" (Sapuan Telapak Tangan).

Ini adalah solusi terbaik dan tidak memerlukan tombol perangkat keras apa pun. Untuk mengaktifkan Palm Swipe, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Pilih opsi "Fitur Lanjutan" (Advanced Features).
  • Kemudian, pilih "Gerakan dan Gerakan" (Gestures and Motions).
  • Anda akan menemukan opsi yang disebut "Palm swipe to capture."
  • Ketuk untuk mengaktifkannya.
  • Sekarang, untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser telapak tangan Anda melintasi layar. Ponsel akan bergetar untuk menunjukkan bahwa tugas telah selesai.

Cara Screenshot Panjang di HP Vivo Y16

Langkah 1: Tahan tombol 'Volume down' dan tombol 'Power' secara bersamaan.

Langkah 2: Lanjutkan dengan menahan tombol 'Scroll capture' untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah 3: Gambar hasil screenshot akan otomatis tersimpan dalam File Manager atau aplikasi galeri di ponsel Anda.

Jika Anda tidak melihat gambar hasil screenshot muncul di galeri ponsel, Anda dapat memeriksanya di folder lain atau tunggu beberapa saat. Anda juga bisa mencoba me-restart smartphone sebagai upaya awal.

Jika Anda merasa bingung atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar. Demikianlah panduan sederhana dari kami mengenai cara mengambil screenshot yang panjang di Vivo Y16, baik dengan menggunakan tombol fisik maupun tanpa tombol fisik, dan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.