Ketahui 3 Cara Screenshot di HP Vivo V25 5G, V25e dan V25 Pro 5G

Cara Screenshot Vivo V25 5G, V25e dan V25 Pro 5G

Vivo V25 adalah salah satu ponsel kelas menengah yang unggul dalam hal kemampuan kameranya, terutama untuk membuat video yang memiliki nuansa sinematik. Meskipun fokus pada kemampuan kamera, ponsel ini juga dilengkapi dengan chipset dan RAM yang besar. Oleh karena itu, vivo V25 sangat nyaman digunakan baik untuk bekerja maupun bermain game.

Bagi mereka yang sering melakukan aktivitas penelusuran dan bermain game dengan vivo V25 5G, mungkin akan sering menemukan informasi menarik yang perlu disimpan atau dibagikan kepada orang lain. Anda tidak perlu repot mencatatnya di kertas lagi.

Hal ini karena vivo telah menyediakan fitur tangkapan layar yang ada di setiap ponsel mereka. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil gambar dari tampilan layar dan menyimpannya sebagai gambar. Dengan begitu, saat Anda memiliki waktu luang, Anda dapat dengan mudah melihat kembali informasi penting tersebut melalui galeri ponsel.

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa cara untuk melakukan tangkapan layar pada ponsel vivo V25. Metode-metode ini juga berlaku untuk vivo V25 Pro dan vivo V25e.

Inilah cara-cara untuk mengambil tangkapan layar di seri vivo V25 yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Mengecas HP Agar Baterai Cepat Penuh

Cara Screenshot Vivo V25 Series yang Umum Digunakan

Sama seperti ponsel vivo lainnya, vivo V25 5G telah dilengkapi dengan sistem Android yang kaya fitur, termasuk fitur screenshot bawaan Android. Namun, dalam seri ini, ponsel menggunakan antarmuka FunTouch 12 yang berbasis pada Android 12.

Dengan menggunakan sistem Android 12, Anda dapat menggunakan metode umum untuk mengambil tangkapan layar yang sama seperti yang biasa dilakukan di ponsel Android lainnya. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengambil tangkapan layar di ponsel vivo.

1. Tombol Fisik

Langkah pertama, carilah artikel atau informasi yang ingin Anda simpan dan tampilkan pada layar ponsel Anda. Kemudian, untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah pada sisi ponsel secara bersamaan.

Tahan kedua tombol fisik ini sampai layar berkedip, yang menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Pastikan Anda tidak melepaskan kedua tombol sebelum layar berkedip atau Anda mendengar suara kamera. Jika layar tidak berkedip, itu berarti bahwa upaya pengambilan tangkapan layar mungkin tidak berhasil atau penekanan tombol kurang pas.

2. Control Center

Selain menggunakan metode umum yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar di vivo V25 5G dengan menggunakan ikon screenshot atau S-capture yang sudah tersedia di pusat kontrol. Metode ini sangat berguna jika tombol fisik di ponsel Anda rusak atau mengalami masalah.

Cara ini sering menjadi pilihan favorit karena lebih cepat dan mudah daripada harus menekan tombol fisik secara bersamaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

  • Setelah menemukan tampilan yang ingin Anda tangkap layarnya di ponsel vivo, buka pusat kontrol dengan menarik layar dari atas ke bawah.
  • Cari ikon screenshot atau S-capture. Biasanya, pada ponsel vivo, ikon ini ditampilkan dengan tulisan "screenshot" atau "S-capture".
  • Ketika Anda mengetuk ikon tersebut, proses pengambilan tangkapan layar akan otomatis dimulai, dan layar ponsel Anda akan berkedip.
  • Biasanya, jika tangkapan layar berhasil diambil, Anda akan menerima notifikasi, dan gambar hasil tangkapan akan tersimpan di dalam album.

Cara ini sangat berguna jika Anda memiliki masalah dengan tombol fisik pada ponsel Anda atau jika Anda hanya ingin metode yang lebih cepat dan mudah untuk mengambil tangkapan layar.

3. Screenshot Panjang

Bagi Anda yang ingin menyimpan artikel atau percakapan yang panjang, Anda dapat menggunakan metode tangkapan layar panjang. Caranya, pastikan halaman yang ingin Anda tangkap dapat digulir ke bawah.

Kemudian, ambil tangkapan layar seperti biasa. Setelah hasil tangkapan layar muncul, biasanya akan muncul alat bilah di bagian bawah layar. Selanjutnya, pilih opsi tangkapan layar panjang pada bilah alat tangkapan layar tersebut. Anda bisa menggulirkan area tangkapan layar ke bagian bawah yang diinginkan. Setelah selesai, cukup klik "simpan".

Hasil tangkapan layar akan disimpan di dalam Galeri atau Foto. Untuk ponsel vivo, hasil tangkapan layar akan masuk ke dalam album tangkapan layar. Dengan adanya folder khusus ini, akan memudahkan Anda dalam mencari hasil tangkapan layar dengan lebih mudah.

Cara Khusus Screenshot Vivo V25 Series

Vivo telah menyediakan berbagai metode khusus untuk mengambil tangkapan layar, bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam beraktivitas. Metode-metode khusus ini dapat digunakan jika tombol fisik pada vivo V25 5G mengalami masalah atau error, sehingga Anda tetap dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar.

1. 3 Jari

Cara khusus pertama ini tersedia pada beberapa smartphone dengan sistem Android versi yang lebih baru. Metode ini dianggap lebih mudah karena tidak memerlukan penekanan tombol fisik atau mengklik ikon apa pun.

Banyak smartphone terbaru dilengkapi dengan fitur ini karena memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar lebih cepat. Namun, sebelum Anda dapat menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur Gesture.
  • Buka Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan, dan kemudian pilih Bagian Tombol dan Gesture.
  • Pilih opsi Ambil tangkapan layar dan pilih "Gesekan tiga jari ke bawah".
  • Untuk mengambil tangkapan layar, gesekkan tiga jari Anda di layar dari atas ke bawah.
  • Jika tangkapan layar berhasil diambil, ponsel akan bergetar atau Anda akan mendengar suara seperti suara rana kamera.
  • Hasil tangkapan layar akan otomatis disimpan di galeri dalam album tangkapan layar.

2. Easy Touch

Cara ini adalah metode khusus untuk mengambil tangkapan layar di vivo V25 5G yang lebih mudah dan cepat. Anda dapat memanfaatkan fitur Easy Touch atau Sentuhan Mudah.

Ketika fitur ini diaktifkan, akan muncul ikon bola yang melayang di sisi layar. Dalam ikon tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Pintasan dan Aksesibilitas > Easy Touch.
  3. Aktifkan opsi yang ada dalam bagian ini.

Setelah fitur aktif, ikon bola kecil akan muncul mengambang di layar. Saat Anda mengetuk ikon tersebut, akan muncul beberapa tombol pintasan.

Anda cukup menyesuaikan tombol pintasan dengan menambahkan ikon tangkapan layar pada layar tersebut.

Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan fitur Easy Touch, cukup masuk ke tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Setelah itu, cukup ketuk ikon bola dan pilih ikon tangkapan layar. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengambil tangkapan layar.

Rekomendasi Aplikasi untuk Screenshot

Terkadang, Anda mungkin memerlukan hasil tangkapan layar yang lebih optimal atau yang dapat diedit sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam situasi seperti ini, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh dari Play Store.

Meskipun banyak aplikasi ini gratis, beberapa di antaranya menawarkan fitur lengkap, termasuk alat-alat pengeditan. Memang benar, aplikasi bawaan di ponsel vivo biasanya hanya menyediakan alat pengeditan standar, sehingga Anda memerlukan aplikasi tambahan untuk mengedit hasil tangkapan layar sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi tangkapan layar gratis yang dapat Anda gunakan pada smartphone vivo V25 5G.

1. Screen Master

Screenshot Master adalah salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik yang tersedia di Play Store. Dengan lebih dari 5 juta pengguna dan peringkat ulasan 4,7, aplikasi gratis ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering mengambil tangkapan layar pada ponsel Anda.

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah antarmuka pengguna yang sederhana dan praktis, sehingga sangat mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini ringan dan tidak membebani RAM ponsel Anda. Keunggulan utama tentu saja adalah hasil tangkapan layar yang berkualitas tinggi, serta fitur yang lengkap, termasuk alat pengeditan dan kemampuan berbagi ke media sosial.

Namun, ada beberapa kekurangan dari aplikasi tangkapan layar ini. Salah satunya adalah adanya iklan yang muncul, karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil gambar dari konten yang dilindungi. Kekurangan lainnya adalah aplikasi ini menampilkan bilah tambahan di status bar, yang dapat sedikit merepotkan jika Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Namun, satu fitur yang paling disukai dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Fitur ini terbukti cukup cepat dan mudah digunakan ketika diuji coba.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo T1 5G dan T1 Pro 5G

2. Screenshot X

Screenshot X adalah salah satu aplikasi tangkapan layar Android dengan ukuran kecil dan antarmuka yang sederhana. Yang menarik dari aplikasi ini adalah setelah menginstal dan membuka aplikasi, Anda tidak perlu melakukan banyak pengaturan. Cukup dengan menekan tombol "start now" yang terdapat di halaman utama aplikasi.

Setelah itu, akan muncul kotak berisi lingkaran. Kotak ini berfungsi untuk mengambil tangkapan layar. Anda hanya perlu mengarahkan kotak tersebut ke halaman web atau tampilan layar yang ingin diambil tangkapan layarnya. Kemudian, cukup tekan kotak berisi lingkaran tersebut, dan layar akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Selain kedua aplikasi tersebut, masih banyak aplikasi tangkapan layar lain yang dapat dicoba. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke artikel "Deretan Aplikasi Screenshot di Android".

Demikianlah cara-cara mengambil tangkapan layar yang dapat dicoba di ponsel vivo seri V25. Metode-metode ini sebenarnya juga berlaku untuk ponsel seperti vivo V23e, vivo V23 5G, atau ponsel vivo pada umumnya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.