4 Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A02 dan A02s Usap Layar dan Panjang

Screenshot Samsung Galaxy A02 dan A02s

Dengan spesifikasi unggulan di kelasnya, Samsung telah secara resmi merilis tiga smartphone entry-level di Indonesia, yaitu Samsung Galaxy A02 dan Samsung Galaxy A02s. Ketiganya menawarkan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 1 jutaan.

Galaxy A02 dan A02s dilengkapi dengan sistem operasi Android 10 yang disesuaikan dengan antarmuka One UI 2.0, yang telah diperkaya dengan berbagai fitur unggulan, termasuk salah satunya adalah fitur Screenshot atau Tangkapan Layar.

Fitur Screenshot pada Samsung Galaxy A02 dan A02s sangat membantu pengguna untuk mengambil tangkapan layar yang dapat disimpan di galeri sebagai bahan dokumentasi, bukti, atau dibagikan ke media sosial, dan banyak lagi.

Yang menarik, ketiga smartphone Samsung terbaru ini menyediakan setidaknya empat cara untuk mengambil tangkapan layar, dan yang terbaik adalah bahwa Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi pihak ketiga tambahan. Bagaimana caranya? Berikut adalah panduan lengkapnya.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M23, Bisa Panjang dan Usap

Cara Screenshot Samsung Galaxy A02 dan A02s

1. Kombinasi Tombol Fisik

Salah satu metode yang paling mudah untuk mengambil tangkapan layar pada HP Samsung Galaxy A02, A02s, atau M02 adalah dengan menggunakan tombol fisik. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan atau menahan keduanya selama sekitar 1-2 detik.

Ketika Anda berhasil mengambil tangkapan layar menggunakan metode ini, ponsel akan mengeluarkan suara seperti saat mengambil foto dengan kamera, dan layar akan berkedip. Namun, perlu diingat bahwa metode ini memiliki kelemahan, yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada tombol fisik jika digunakan terlalu sering.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan metode lain untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik. Berikut panduan lengkapnya.

2. Screenshot Tanpa Tombol

Untuk mencegah kerusakan pada tombol fisik pada HP Samsung Galaxy A02 dan A02s karena penggunaan yang terlalu sering, sebaiknya Anda menggunakan metode lain, yaitu metode Tangkapan Layar (Screenshot) tanpa harus menekan tombol fisik. Metode ini memiliki dua pilihan, yaitu Palm Swipe (Usap Layar) dan Pintasan Menu Asisten.

Kedua metode ini sangat direkomendasikan untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar karena tidak akan merusak tombol fisik, dan keduanya sangat mudah, cepat, dan praktis digunakan. Namun, sebelum Anda mulai menggunakannya, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan ponsel, karena secara bawaan, kedua fitur ini biasanya tidak aktif.

2.1 Palm Swipe (Usap Layar)

1. Pertama, silahkan masuk ke menu Pengaturan » Fitur Lanjutan » Gerakan dan Gestur.

2. Di dalamnya, silahkan aktifkan Usapkan telapak tangan untuk mengambil / Palm swipe to capture.

3. Bila sudah aktif, selanjutnya cari bagian yang ingin kalian screenshot.

4. Luruskan telapak tangan, kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar untuk lebih jelasnya).

5. Jika berhasil, maka ponsel akan menguluarkan bunyi shutter dan layar akan berkedip.

2.2 Shortcut Menu Asisten

1. Buka menu Settings » Aksesibilitas » Interaksi dan Kecekatan » lalu aktifkan Menu Asisten.

2. Setelah pintasan menu ini aktif, maka akan muncul sebuah lingkaran menu transparan di samping kanan layar.

3. Nah, untuk menggunakannya, silakan tap ikon tersebut kemudian tap gambar layar atau Screenshot yang ada di dalamnya.

4. Seperti 2 metode di atas, ketika proses SS berhasil di ambil, maka layar smartphone akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter.

Baca juga : Cara Transfer File Menggunakan FTP di HP Xiaomi

3. Screenshot Panjang

Screenshot Panjang (Panorama) adalah metode yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar yang memanjang ke bawah. Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya, Anda perlu mengaktifkannya dalam pengaturan ponsel, mirip dengan cara mengaktifkan Palm Swipe dan Pintasan Menu Asisten. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pergi ke menu "Pengaturan" pada ponsel Anda.
  • Pilih opsi "Fitur Lanjutan" dari daftar pengaturan.
  • Di dalam opsi "Fitur Lanjutan", cari dan pilih "Gerakan dan Gestur".
  • Temukan opsi "Aktif Pintar" atau "Smart Capture" dan aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol pengaktifan ke posisi "Aktif".
  • Setelah mengaktifkan Aktif Pintar, buka layar yang ingin Anda tangkap dalam bentuk tangkapan layar panjang.
  • Gunakan salah satu metode yang telah Anda aktifkan sebelumnya (tombol fisik 2 jari, Palm Swipe, atau Pintasan Menu Asisten) untuk mengambil tangkapan layar pertama.
  • Setelah tangkapan layar pertama berhasil diambil, Anda akan melihat sebuah menu pop-up "Aktif Pintar" atau "Smart Capture" di bagian bawah layar.
  • Dalam menu Aktif Pintar, ketuk opsi "Panah Bawah" (lihat gambar untuk referensi yang lebih jelas).
  • Setelah Anda mengklik "Panah Bawah", layar akan mulai bergulir ke bawah. Ambil tangkapan layar kedua saat layar bergulir.
  • Teruslah menekan "Panah Bawah" dalam menu Aktif Pintar dan ambil tangkapan layar berikutnya seiring dengan pergerakan layar yang berlanjut. Lakukan hal ini berulang sampai Anda mencapai batas tangkapan layar yang diinginkan.
  • Setelah Anda selesai mengambil tangkapan layar yang diperlukan, ketuk opsi "Simpan" untuk menyimpannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang pada HP Samsung Galaxy A02 dan A02s Anda. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.