Harga Samsung Galaxy A02 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A02

Fitur Unggulan


  • Punya ketahanan baterai yang unggul di kelas harganya
  • Terdapat slot microSDXC dengan kapasitas mencapai 1 TB
  • Mendukung Bluetooth 5.0
  • Punya desain yang simpel dan elegan
  • Desain Waterdrop notch pada layar berukuran lebar

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

Umum
RilisJanuari 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat206 gram
Dimensi164 x 75,9 x 9,1 mm
MaterialDepan Kaca, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaBlack, Blue

Layar
TipePLS IPS
Ukuran6,5 inci, ~81,9% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 piksel, rasio 20:9, ~270ppi

Platform
OSAndroid 10, One UI 3.1
ChipsetMediaTek MT6739W (28nm)
CPUQuad-core 1,5 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8100

Memori
Internal3/32 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC (slot khusus)

Kamera Belakang
Resolusi13 MP, f/1.9, (wide), AF
2 MP, f/2.4, (macro)
FiturLED Flash
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.0
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Hotspot
Bluetooth5.1, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBmicroUSB 2.0

Fitur
SensorAccelerometer
LainnyaVirtual proximity sensing

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5.000 mAh
FiturTidak ada

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Samsung Galaxy A02

Harga
3/32 GB - Rp 1.350.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy A02

Bagaimana desain Samsung Galaxy A02?

Samsung A02 memiliki dimensi 164 x 75,9 x 9,1 mm dan berat 206 gram, cukup berat untuk pengoperasian dengan satu tangan. Meski begitu, bobot yang besar ini wajar mengingat Samsung membekalinya dengan kapasitas baterai yang besar.

Meskipun memiliki ukuran yang besar, Samsung A02 tetap nyaman digenggam berkat tekstur garis pada bagian belakangnya. Desain ini membuat ponsel tidak licin dan mudah digenggam, sehingga memberikan kenyamanan pengguna.

Bagaimana kualitas layar Samsung A02?

Ponsel entry level ini menampilkan desain Infinity V Display yang memberikan kesan lega. Layar 6,5 inci yang digunakan sudah cukup besar dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari, dengan rasio screen-to-body sebesar 81,9% dan panel PLS TFT LCD.

Samsung menghadirkan layar dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan kerapatan 270 ppi pada seri A02 ini. Dengan spesifikasi tersebut, kualitas tampilan pada seri A02 tergolong standar. Meskipun tidak jelek, namun juga tidak mencapai standar terbaik di kelasnya. Meski begitu, warna yang ditampilkan sudah cukup cerah untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari.

Berapa MP resolusi kamera Samsung A02?

Ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera utama dan satu kamera depan. Kamera utama terdiri dari lensa wide 13MP dengan aperture f/1.9, yang dipasangkan dengan lensa makro 2MP dan aperture f/2.4. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 5MP dengan aperture f/2.0.

Konfigurasi kamera pada ponsel ini dapat dianggap standar untuk kelas entry-level. Hasil foto yang dihasilkan tidak memiliki keistimewaan yang luar biasa, namun cukup baik dalam kondisi cahaya yang memadai dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Meskipun fitur kamera tidak terlalu banyak, beberapa fitur pendukung tetap tersedia, seperti LED Flash, autofocus, dan mode normal serta makro yang dapat dipilih oleh pengguna.

Untuk perekaman video, ponsel ini mampu menghasilkan video hingga kualitas 1080p@30fps. Meskipun kemampuannya masih terbatas, hal ini dapat membantu menghemat kapasitas memori ponsel, sehingga tidak cepat penuh.

Berapa RAM Samsung Galaxy A02?

Saat dirilis secara global, ponsel ini tersedia dalam opsi RAM 2GB, 3GB, dan 4GB. Namun, ketika masuk ke pasar Indonesia, ponsel ini hanya dihadirkan dalam satu varian, yaitu RAM 3GB.

Tidak hanya pada RAM, kapasitas penyimpanan yang tersedia di Indonesia juga terbatas, hanya dalam varian 32GB. Jika merasa bahwa spesifikasi dengan 3GB RAM dan 32GB ROM masih kurang, pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanannya hingga 1TB dengan menggunakan kartu MicroSD.

Chipset apa yang digunakan Samsung A02?

Ponsel ini menggunakan chipset MediaTek MT6739W sebagai andalan untuk mendukung kinerjanya. Chipset ini terkenal karena kemampuannya dalam mengoptimalkan konsumsi daya ponsel.

Chipset tersebut dipadukan dengan CPU quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan GPU PowerVR GE8100. Dengan kombinasi komponen ini, performa ponsel ini dapat dianggap sebagai standar.

Performa ponsel mungkin tidak mencapai optimalitas terutama saat digunakan untuk bermain game berat. Namun, jika tujuan penggunaan ponsel adalah untuk aktivitas sehari-hari seperti berkirim pesan, menjelajah internet, dan streaming, maka ponsel ini masih dapat diandalkan.

Samsung A02 pakai OS Android berapa?

Ketika pertama kali diluncurkan, ponsel pintar ini menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.0. Meskipun tampilannya simpel, beragam fitur menarik juga disematkan. Mulai dari Dark Mode, Samsung Pay, S Lime, hingga Samsung Gift.

Berapa mAh kapasitas baterai Samsung A02?

Untuk mendukung kinerja, Samsung A02 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut termasuk besar untuk kelasnya. Selain ukurannya yang besar, daya tahan baterai ponsel ini juga cukup lama. Menurut beberapa ulasan pengguna, ponsel ini bahkan dapat bertahan hingga 12 jam.

Sayangnya, meskipun kapasitas baterainya cukup besar, Samsung A02 belum dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat. Proses pengisian daya dari 0% hingga 100% memerlukan waktu sekitar 3 jam.

Apakah Samsung A02 ada fingerprint?

Samsung A02 tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari maupun pemindai wajah. Ketidakadaan fitur-fitur tersebut bisa dianggap sebagai suatu kekurangan, terutama mengingat banyaknya ponsel di pasaran yang telah dilengkapi dengan sensor fingerprint dan face unlock sebagai fitur keamanan standar.

Apa perbedaan Samsung A02 dan A02s?

Meskipun memiliki ukuran layar dan kapasitas baterai yang sama, terdapat perbedaan antara keduanya, yakni:

  • Dengan dimensi yang serupa, seri A02 memiliki bobot 10 gram lebih berat dibandingkan A02S.
  • Seri A02 dilengkapi dengan sistem kamera ganda, sedangkan A02S memiliki triple kamera. Perbedaan konfigurasi kamera ini mempengaruhi hasil foto, membuat kamera A02 kurang unggul dibandingkan A02S.
  • Chipset yang digunakan pada Galaxy A02 adalah MediaTek MT6738W, sementara A02S menggunakan prosesor Snapdragon 450.
  • Seri A02 hanya tersedia dalam satu varian di Indonesia, yakni RAM 3GB dengan memori internal 32GB. Sementara itu, A02S memberikan opsi RAM 3GB dengan memori internal 32GB dan RAM 4GB dengan memori internal 64GB.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.