Cara Screenshot di HP OPPO A74 5G, Smartphone 5G Termurah

Cara Screenshot Oppo A74 5G

Mengambil tangkapan layar panjang di Oppo A74 5G tanpa menggunakan tombol ternyata sangat mudah, dan gambar layarnya langsung tersimpan. Anda dapat mengikuti salah satu cara berikut dalam panduan ini.

Oppo A74 5G ditujukan untuk mereka yang mencari smartphone Android yang ramah di kantong dengan berbagai fitur canggih. Ponsel cerdas ini ditenagai oleh chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G dengan RAM 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB yang cukup besar.

Pengguna juga akan mendapatkan konfigurasi kamera belakang quad, yang terdiri dari lensa utama 48 MP, lensa 8 MP, lensa 2 MP, dan lensa 2 MP. Ponsel ini juga memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang didukung oleh teknologi pengisian daya cepat khas Oppo.

Oppo, sebagai produsen smartphone ternama, tentu saja menyertakan beberapa fitur menarik dalam ponsel ini, seperti Screen Record, Screenshot, dan Split Screen. Terkait dengan fitur tangkapan layar, Oppo menyediakan empat pilihan yang mudah dan cepat untuk Anda gunakan.

Baca juga : Cara Screenshot OPPO Reno3 Pro Panjang, 3 Jari, Tombol

Cara Screenshot OPPO A74 5G

Tangkapan layar adalah salah satu fitur yang sangat penting, karena dengan fitur ini kita dapat mengambil gambar layar dari game, aplikasi, atau halaman web.

Ponsel ini dilengkapi dengan beragam fitur tangkapan layar, mulai dari penggunaan tombol, gerakan, tangkapan layar panjang, hingga smart sidebar. Dengan bantuan fitur-fitur ini, pengguna Oppo A74 dapat dengan cepat dan mudah mengambil tangkapan layar tanpa perlu menekan tombol fisik.

1. Kombinasi Tombol Fisik

Menggunakan tombol fisik memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar di Oppo A74 5G atau perangkat Android lainnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Buka Oppo A74 5G Anda dan tentukan area yang ingin Anda tangkap layarnya. Selanjutnya, tekan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan.

Layar ponsel akan secara otomatis diambil gambar layarnya, dan tangkapan layar akan tersimpan langsung di aplikasi Foto. Selanjutnya, Anda dapat mengedit tangkapan layar tersebut menggunakan fitur seperti rotasi dan pemotongan.

Metode ini adalah cara yang paling mudah dan sebaiknya Anda mencobanya agar dapat mengambil tangkapan layar dengan cepat dan sederhana.

2. Smart Sidebar

Fitur ini sudah umum digunakan oleh sebagian besar pemilik smartphone Oppo untuk mengakses dengan cepat berbagai fungsi, seperti perekam layar atau tangkapan layar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot di Oppo A74 5G tanpa harus menggunakan tombol fisik.

  • Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Oppo Anda, lalu cari menu "Alat Serba Guna".
  • Pilih opsi "Bilah Samping Cerdas".
  • Aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol toggle ke posisi "on".
  • Setelah fitur aktif, Anda akan melihat Bilah Samping Cerdas melayang di layar.
  • Sekarang, buka Bilah Samping Cerdas dan pilih ikon "Screenshot" untuk membuat tangkapan layar.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar di Oppo A74 5G tanpa harus menggunakan tombol fisik. Caranya sangat mudah, tinggal mengaktifkan fitur Bilah Samping Cerdas dan klik ikon "Gambar Layar" untuk membuat screenshot secara langsung.

3. Swipe 3 Jari

Cara membuat screenshot dengan tiga jari adalah fitur favorit para pengguna Oppo karena lebih mudah digunakan, terutama ketika tombol fisik mengalami masalah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Pengaturan pada ponsel Oppo Anda.
  • Pilih opsi "Convenience Tools".
  • Selanjutnya, ketuk menu "Screenshot" yang terletak di bawah opsi tersebut.
  • Aktifkan fitur "3-finger swipe down" dengan mengetuk tombol sehingga berubah menjadi warna hijau.
  • Buka halaman atau aplikasi yang ingin Anda tangkap layarnya.
  • Usapkan tiga jari Anda di layar ponsel dari atas ke bawah.
  • Layar ponsel Anda akan berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.
  • Dalam beberapa detik, gambar tangkapan layar akan muncul, dan Anda dapat mengedit atau membagikannya sesuai kebutuhan.

Cara ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik, dan lebih praktis daripada menggunakan Bilah Samping Cerdas. Anda hanya perlu mengusap layar dengan tiga jari untuk mengambil screenshot.

Baca juga : Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di HP Android

4. Screenshot Panjang

Long screenshot adalah salah satu fitur canggih pada perangkat Android. Meskipun beberapa pengguna Oppo sudah tahu tentang fitur ini, masih banyak yang belum familiar dengan cara menggunakannya. Berikut adalah cara mudah untuk mengambil tangkapan layar panjang pada Oppo A74 5G.

  • Temukan aplikasi atau halaman pada ponsel Oppo Anda yang ingin Anda tangkap dengan gambar layar panjang.
  • Gunakan salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya untuk membuat tangkapan layar.
  • Setelah layar berkedip dan gambar layar berhasil diambil, lanjutkan dengan mengetuk opsi "Screenshot Panjang" yang terletak di sebelah kanan layar.
  • Tarik halaman ke atas dan ke bawah untuk mendapatkan gambar tangkapan layar yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Setelah selesai, ketuk tombol "Selesai" dan gambar tangkapan layar panjang akan tersimpan secara otomatis.

Fitur long screenshot sangat berguna karena memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar yang mencakup seluruh tampilan layar dari atas ke bawah. Umumnya, fitur ini digunakan untuk mengambil gambar layar percakapan di aplikasi seperti Telegram, WhatsApp, atau halaman web yang panjang.

Anda dapat mencoba salah satu metode yang telah dijelaskan sebelumnya untuk mengambil screenshot di Oppo A74 atau perangkat smartphone lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat dari kami pada kesempatan ini. Jangan lupa juga untuk membaca artikel sebelumnya mengenai cara mereset Oppo A74 dan berbagai artikel menarik lainnya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.