Harga Samsung Galaxy A02s Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A02s

Fitur Unggulan


  • Antarmuka OneUI yang bersih bebas bloatware
  • Triple slot, dual SIM plus slot microSD (hingga 1 TB)
  • Batera besar 5.000 mAh dengan fast charging 15W
  • Konfigurasi triple kamera belakang

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A02s

Spesifikasi Samsung Galaxy A02s

Umum
RilisJanuari 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat196 gram
Dimensi164,2 x 75,9 x 9,1 mm
MaterialDepan Kaca, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaBlack, Red, White, Blue

Layar
TipePLS IPS
Ukuran6,5 inci, ~81,8% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 piksel, rasio 20:9, ~270ppi

Platform
OSAndroid 10, One UI 3.1
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14nm)
CPUOcta-core 1,8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506

Memori
Internal3/3/32 GB, 4/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC (slot khusus)

Kamera Belakang
Resolusi13 MP,f/2.2, (wide), AF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED Flash
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.2
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Hotspot
Bluetooth4.2, A2DP
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBUSB Type-C 2.0

Fitur
SensorAccelerometer, proximity
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5.000 mAh
FiturFast Charging 15W

Benchmark
Antutu (v8)90.811

Harga Samsung Galaxy A02s

Harga
3/32 GB - Rp 1.400.000
4/64 GB - Rp 1.500.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Samsung Galaxy A02s

Samsung Galaxy A02s rilis kapan?

Samsung Galaxy A02s adalah salah satu varian ponsel Samsung yang diluncurkan pada bulan Januari 2021. Ponsel Samsung ini menarik perhatian dengan layar Infinity-V Display berukuran 6,5 inci yang luas, serta daya tahan baterai yang handal, terutama untuk harga Samsung A02s di kategori entry level.

Seperti apa desain Samsung Galaxy A02s?

Samsung A02s memiliki dimensi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm dan berbobot 196 gram. Meskipun ukurannya cukup besar, ponsel ini tetap nyaman digenggam berkat detail lekukan di bagian ujungnya.

Bagian belakang ponsel terbuat dari plastik dengan tambahan aksen berupa tekstur halus yang membentuk pola menyerupai huruf X. Desain ini memberikan sentuhan estetik dan elegan, meski Samsung Galaxy A02s dihargai dengan cukup terjangkau.

Modul kamera utama berbentuk kotak yang memanjang ke bawah untuk menampung tiga lensa dan LED flash. Di bagian depannya, ponsel ini menggunakan desain layar Infinity V.

Penempatan fitur pada HP Samsung ini sudah cukup standar. Di sisi atas, terdapat satu lubang speaker, sementara di bagian bawahnya terdapat port USB Type-C 2.0, speaker, dan jack earphone 3.5mm. Di sisi kiri, terdapat slot untuk microSD dan dua kartu SIM, sedangkan di sisi kanan tersemat tombol volume dan power.

Samsung Galaxy A02s tersedia dalam warna apa saja?

Dalam hal pilihan warna, Samsung A02s tersedia dalam empat varian, yaitu Hitam, Putih, Merah, dan Biru. Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi Anda.

Berapa inci layar Samsung A02s?

Spesifikasi Samsung Galaxy A02s mencakup layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel atau HD+. Ukuran layarnya mengalami peningkatan dari seri A01 yang memiliki layar sebesar 5,7 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel.

Apakah Samsung A02s pakai layar Super AMOLED?

Tidak! Galaxy A02s masih menggunakan tipe panel PLS TFT LCD untuk layarnya. Panel ini memang tidak menyajikan kontras dan reproduksi warna sebaik layar AMOLED. Walaupun demikian, penggunaan panel TFT LCD pada seri ini masih dianggap baik untuk kelas harganya.

Apakah Samsung A02s sudah pakai Gorilla Glass?

Ponsel ini tidak dilengkapi dengan perlindungan dari Gorilla Glass, sebuah kekurangan yang cukup disayangkan, namun dapat dimaklumi mengingat kelas harga Samsung Galaxy A02s yang tergolong terjangkau.

Berapa RAM Samsung A02s?

Samsung Galaxy A02S tersedia dalam dua opsi RAM, yaitu 3 GB dan 4 GB. Sementara itu, untuk penyimpanan internal, terdapat pilihan kapasitas 32 GB dan 64 GB. Meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar, pengguna masih dapat memperluas penyimpanan dengan menggunakan kartu memori eksternal tambahan.

Chipset apa yang digunakan Samsung A02s?

Galaxy A02s menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 506. Kombinasi dari komponen dapur pacu ini memberikan performa yang cukup baik dalam kelas harganya.

Meskipun demikian, chipset yang digunakan oleh Samsung dalam seri ini dianggap kurang kompetitif. Penggunaan Snapdragon 450 dianggap sudah ketinggalan zaman dan memiliki performa yang kurang cepat berdasarkan pengujian benchmark AnTuTu, yang mencatatkan skor sebesar 92.177 poin.

Skor ini lebih rendah jika dibandingkan dengan pesaingnya dengan harga yang hampir sama, seperti Redmi 9. Redmi 9, yang ditenagai oleh chipset Mediatek Helio G80, mendapatkan skor AnTuTu sebesar 149.113 poin.

Meskipun mungkin terlihat biasa, performa Samsung A02s pada dasarnya masih mencukupi untuk kegiatan multitasking ringan sehari-hari. Namun, disarankan untuk tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap performanya.

Apakah Samsung Galaxy A02s cocok buat gaming?

Samsung Galaxy A02s dapat digunakan untuk bermain game ringan secara kasual. Jika digunakan untuk bermain game seperti Mobile Legends dan LoL: Wild Rift, ponsel ini dapat berjalan dengan lancar bahkan dengan pengaturan grafis setinggi mungkin tanpa mengalami lag.

Namun demikian, kombinasi dari chipset dengan clock speed rendah, CPU Core 8x ARM Cortex A53, dan GPU Adreno 506 di dapur pacunya belum mampu menghasilkan kinerja yang optimal untuk game berat. Contohnya, performanya belum cukup untuk bermain Genshin Impact, terutama pada pengaturan grafis tinggi. Jika ingin tetap menggunakan ponsel ini untuk bermain game berat, disarankan untuk menurunkan pengaturan grafis ke level rendah guna menghindari lag.

Samsung A02s pakai OS Android berapa?

Ketika pertama kali diluncurkan, Galaxy A02s beroperasi dengan sistem operasi Android 10. Meskipun demikian, pengguna masih memiliki opsi untuk mengupdate perangkat ke sistem operasi yang lebih baru, seperti Android 12.

Untuk antarmuka pengguna, seri A02s menggunakan OS One UI 4.1. Tampilan antarmukanya yang ringan memberikan kesan bersih dan nyaman untuk dilihat.

Dengan dukungan spesifikasi dan antarmuka tersebut, ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang mempermudah penggunaan. Beberapa contohnya termasuk fitur Smart Widget yang dapat menampilkan dan menyembunyikan widget secara otomatis, Quick Share yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan sejumlah besar foto atau file sekaligus, dan masih banyak lagi.

Berapa MP resolusi kamera Samsung A02s?

Spesifikasi kamera Samsung A02s mencakup triple camera dengan konfigurasi sebagai berikut: kamera utama 13 MP (f/2.2, wide, AF), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan lensa depth sensor 2 MP (f/2.4). Sementara itu, untuk kamera selfie, ponsel ini menggunakan satu kamera depan dengan resolusi sebesar 5 MP (f/2.2).

Apakah hasil kamera Samsung Galaxy A02s bagus?

Kamera Samsung Galaxy A02s mampu menghasilkan foto yang jernih dan detail saat diambil dalam kondisi cahaya yang baik. Kombinasi dari lensa dan fitur yang disematkan memungkinkan pengguna untuk mengabadikan momen favorit dengan berbagai gaya, termasuk pengambilan foto dengan efek bokeh yang sudah dapat dilakukan langsung di ponsel ini.

Untuk kamera selfie, meskipun memiliki resolusi yang standar, hasil foto yang jernih masih dapat diperoleh dengan memanfaatkan cahaya sekitar secara tepat. Kamera depan juga memberikan kinerja yang memadai ketika digunakan untuk panggilan video.

Smartphone ini juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas yang baik dalam kelasnya. Baik kamera utama maupun kamera selfie mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p @30fps, yang merupakan standar yang layak.

Berapa mAh baterai Samsung A02s?

Samsung Galaxy A02s hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Spesifikasi ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan seri sebelumnya yang hanya dibekali baterai 3000 mAh.

Bagaimana daya tahan baterai Samsung A02s?

Daya tahan baterai Galaxy A02s secara keseluruhan mirip dengan Samsung A02. Menurut hasil pengujian GSMArena, ponsel ini dapat bertahan selama 34 jam untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan 3G, 16 jam untuk berselancar di internet, dan sekitar 16 jam untuk pemutaran video.

Apakah Samsung Galaxy A02s sudah fast charging?

Iya, Samsung melengkapi Galaxy A02S dengan fitur pengisian daya cepat 15W untuk mendukung proses pengisian daya yang lebih cepat. Meskipun demikian, teknologi fast charging yang digunakan pada ponsel ini masih belum dapat dianggap sebagai yang paling cepat.

Berapa lama waktu mengecas Samsung A02s?

Untuk mengisi daya Galaxy A02s dari baterai kosong hingga penuh, diperlukan waktu sekitar 2,5 jam. Meskipun tidak terlalu cepat, namun masih lebih cepat dibandingkan dengan seri lain seperti A12 yang memiliki harga lebih tinggi.

Apakah Samsung A02s tahan air?

Namun, sayangnya, Galaxy A02s tidak memiliki sertifikat perlindungan terhadap air dan debu. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan perangkat ini dengan lebih hati-hati agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Apakah Samsung A02s bisa dual SIM?

Ya, Samsung Galaxy A02s mendukung penggunaan dua kartu SIM dengan tipe kartu Nano-SIM.

Apakah Samsung Galaxy A02s ada sensor sidik jari?

Samsung A02s tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari, yang merupakan suatu kekurangan mengingat banyaknya ponsel entry level sekelasnya yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan ini.

Walaupun begitu, ponsel ini tetap menyajikan fitur keamanan alternatif berupa Face Unlock. Dengan fitur ini, Anda hanya perlu menghadapkan wajah ke layar ponsel untuk membuka kunci layar.

Apakah Samsung Galaxy A02s punya fitur NFC?

Tidak, Samsung Galaxy A02s belum dilengkapi dengan NFC. Umumnya, fitur NFC pada ponsel digunakan untuk transfer data nirkabel dan mendukung pembayaran non-tunai.

Apa perbedaan antara Samsung Galaxy A02s dengan Samsung Galaxy A02?

Samsung A02s dan A02, meskipun dirilis berdekatan, memiliki sejumlah perbedaan yang signifikan, terutama dalam hal kamera, dapur pacu, dan desain.

Dari segi kamera, Samsung Galaxy A02s menonjol dengan sistem tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2) berlensa wide, kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth 2 MP (f/2.4). Sementara itu, Galaxy A02 hanya dibekali dua kamera, yakni kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP. Kamera depan pada keduanya memiliki resolusi 5 MP, namun dengan perbedaan aperture, di mana A02s menggunakan aperture f/2.2, sedangkan A02 menggunakan f/2.0.

Dari segi dapur pacu, perbedaan utama terletak pada chipset yang digunakan. Galaxy A02s ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 450, sementara A02 masih mengandalkan Mediatek MT6739W. Hal ini membuat A02s memiliki performa yang lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan A02.

Memori RAM dan internal juga menjadi poin perbedaan yang mencolok. A02s menawarkan dua opsi konfigurasi, yaitu RAM 3 GB/32 GB dan RAM 4 GB/64 GB, sedangkan A02 hanya memiliki satu opsi konfigurasi, yakni 3 GB/32 GB.

Dalam hal teknologi pengisian daya, A02s menawarkan keunggulan dengan fitur fast charging 15W, yang mempercepat proses pengisian baterai. Sementara itu, A02 masih belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Terakhir, dari segi desain dan dimensi, keduanya terlihat serupa, namun A02 memiliki bobot yang sedikit lebih berat dengan dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm dan bobot 206 gram, sedangkan A02s memiliki dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm dengan bobot 196 gram.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.