4 Cara Screenshot HP Oppo A16 Panjang, Tiga Jari

Cara Screenshot Oppo A16

Terdapat banyak cara untuk melakukan screenshot di Oppo A16, dan ini merupakan bukti bahwa Oppo benar-benar memahami kebutuhan pengguna dan menyediakan cara yang mudah untuk melakukannya.

Oppo A16 adalah salah satu ponsel modern yang dirilis pada bulan Juli 2021. Ponsel ini sangat cocok untuk mereka yang aktif di media sosial dan ingin tetap terhubung dengan dunia online. Dengan ponsel Oppo ini, Anda dapat dengan mudah mengunggah foto ke Instagram dan melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Selain itu, Oppo A16 memiliki layar dengan resolusi 720 x 1600 piksel yang memungkinkan pengguna menikmati hiburan ringan seperti mendengarkan musik dan berfoto selfie.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memanjakan penggunanya, salah satunya adalah fitur screenshot dengan tiga jari yang membuat proses mengambil tangkapan layar ponsel menjadi lebih mudah.

Baca juga : Cara Mengambil Screenshot OPPO Reno4, Reno4 Pro dan Reno4 Pro Plus

Cara Screenshot Oppo A16

Cara Screenshot Melalui Smart Sidebar

Bilah Samping Cerdas adalah salah satu fitur pada ponsel Oppo yang memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi dengan mudah. Di dalam Smart Sidebar ini, Anda juga dapat menemukan pintasan untuk mengambil tangkapan layar. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Pengaturan (Settings) pada ponsel Oppo Anda.
  • Selanjutnya, ketuk menu "Alat Praktis" atau "Convenience Tools".
  • Akses menu "Bilah Samping Cerdas" atau "Smart Sidebar".
  • Aktifkan fitur "Bilah Samping Cerdas" atau "Smart Sidebar".
  • Setelah diaktifkan, Anda akan melihat tombol Bilah Samping Cerdas, yang dapat ditempatkan sesuai keinginan Anda.
  • Pilih halaman di layar yang ingin Anda tangkap.
  • Kemudian, buka Bilah Samping Cerdas dan pilih ikon "Screenshot" untuk mengambil tangkapan layar.

Jika Anda merasa bahwa menu ini mengganggu, Anda dapat menonaktifkannya kembali melalui menu pengaturan. Selain fitur Screenshot, Smart Sidebar juga menyediakan opsi lain seperti perekam layar dan tombol kamera.

Cara Screenshot dengan Tombol Fisik

Mengambil tangkapan layar dengan menggunakan kombinasi tombol pada dasarnya dapat berfungsi di semua ponsel Android, termasuk Oppo A16.Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, tentukan halaman di layar yang ingin Anda tangkap.
  • Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  • Anda akan mendengar suara seperti ketika kamera mengambil foto.
  • Setelah hasil tangkapan layar muncul, Anda dapat memilih opsi "Bagikan", "Simpan", atau "Edit".

Cara mengambil tangkapan layar dengan tombol adalah salah satu metode yang paling mudah untuk mengambil gambar layar pada Oppo A16. Keuntungannya adalah Anda dapat dengan cepat mengambil tangkapan layar tanpa perlu mengatur pengaturan tambahan.

Cara Screenshot 3 Jari

Fitur ini menjadi salah satu andalan dari ponsel Oppo, yang memungkinkan Anda membuat tangkapan layar tanpa harus menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah. Anda hanya perlu mengesek layar dengan tiga jari Anda.

  • Pertama, buka Pengaturan (Settings) dan pilih opsi Alat Praktis (Convenience Tools).
  • Selanjutnya, pilih "Screenshot" (Cuplikan Layar) dan aktifkan "3-finger swipe down" (Usap ke bawah dengan 3 jari).
  • Siapkan halaman yang ingin Anda tangkap layarnya.
  • Tarik layar Oppo A16 ke bawah dengan menggunakan tiga jari Anda.
  • Anda akan melihat layar berkedip sejenak.
  • Buka aplikasi Foto untuk melihat gambar tangkapan layar yang telah diambil.

Screenshot dengan tiga jari adalah fitur yang sangat bermanfaat, terutama jika salah satu tombol fisik pada ponsel Anda mengalami masalah. Yang penting adalah Anda sudah mengaktifkan opsi "3-finger swipe down" seperti yang dijelaskan di atas.

Baca juga : Cara Cek Kesehatan Baterai HP Android

Cara Screenshot Panjang OPPO A16

Fitur Long screenshot memungkinkan pengguna untuk membuat tangkapan layar yang mencakup seluruh layar secara memanjang ke bawah. Cara ini sangat berguna untuk menyimpan tampilan seperti halaman web atau percakapan chat yang panjang.

Berikut adalah cara mengambil tangkapan layar panjang pada Oppo A16.

  • Pilih aplikasi atau halaman di ponsel Oppo Anda yang ingin Anda tangkap dengan gambar layar panjang.
  • Pertama-tama, buatlah tangkapan layar biasa seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah itu, di bagian bawah layar akan muncul opsi "Screenshot Panjang".
  • Gulirkan halaman ke atas dan ke bawah untuk memastikan Anda mendapatkan gambar tangkapan layar yang panjang sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai, ketuk tombol "Selesai" dan gambar tangkapan layar panjang akan tersimpan secara otomatis.

Semua gambar tangkapan layar ponsel Oppo akan disimpan di penyimpanan internal dan dapat diakses kembali melalui aplikasi Foto.

Sebenarnya, untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Oppo A16, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan Oppo A15s. Anda dapat menggunakan beberapa metode berbeda untuk mengambil tangkapan layar. Metode ini mulai dari penggunaan kombinasi tombol fisik hingga fitur canggih seperti gestur atau Bilah Samping Cerdas.

Mengambil tangkapan layar pada ponsel Oppo dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan atau dengan mengaktifkan fitur tambahan. Hal ini juga berlaku untuk ponsel Oppo terbaru, di mana Anda perlu mengaktifkan beberapa fitur terlebih dahulu sebelum dapat mengambil tangkapan layar.

Inilah beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di Oppo A16 yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan informasi penting yang muncul di layar ponsel Anda. Semoga panduan ini bermanfaat bagi semua pengguna Oppo.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.