5 Cara Cek Kesehatan Baterai HP Android, 100 persen Akurat!

cara cek kesehatan baterai hp android

Sebagai pengguna smartphone Android, tentu penting untuk memahami bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai Hp Android. Hal ini bertujuan untuk merawat ponsel kita agar memiliki umur yang lebih panjang. Baterai merupakan salah satu komponen vital dalam sebuah smartphone. Tanpa baterai, ponsel tidak dapat digunakan.

Dulu, kita bisa dengan mudah memeriksa kesehatan baterai dengan membuka kesing belakang dan memeriksanya secara fisik apakah terdapat tanda-tanda baterai yang mengembung. Namun, dengan banyaknya smartphone saat ini yang menggunakan baterai tanam atau non-removable, kita perlu mencari metode lain untuk memeriksanya.

Untuk itu, berikut beberapa metode yang dapat kita lakukan untuk memeriksa kesehatan baterai ponsel kita.

Penyebab Baterai HP Cepat Rusak

Sebelum masuk ke tutorial, perlu diketahui penyebab umum kerusakan pada baterai tanam Hp. Berikut beberapa poin pentingnya:

  • Sering menggunakan Hp sambil diisi daya hingga menyebabkan ponsel panas.
  • Baterai yang sudah tua atau berumur.
  • Baterai mengalami korosi (meskipun jarang terjadi).
  • Menggunakan charger yang tidak sesuai atau charger bajakan.
  • Sering mengisi daya terlalu lama.

Cara Cek Kesehatan Baterai HP Android

Untuk memeriksa kondisi baterai tanam pada smartphone Android, terdapat berbagai metode yang berbeda karena kita tidak dapat membuka Hp. Berikut adalah cara-cara untuk melakukannya.

Baca juga : Cara Membuat Nama di Layar Kunci HP Android

1. Cek Kesehatan Baterai Dalam Keadaan Full

Untuk mengetahui apakah baterai Hp Android masih sehat, kamu bisa memperhatikan durasi ketahanan daya baterai saat digunakan. Durasi ini dapat menjadi indikator kesehatan baterai. Biasanya, baterai akan berkurang ketika digunakan untuk aktivitas mobile seperti bermain game, menonton video, atau streaming.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan tes ketahanan baterai melalui fitur kamera. Caranya, buka aplikasi kamera di Hp dan lakukan perekaman selama 3-5 menit. Perhatikan apakah kondisi baterai berkurang dengan cepat selama proses ini.

Baterai yang normal biasanya akan berkurang sekitar 1% saat digunakan selama 1-2 menit, tergantung pada kapasitas baterai. Namun, baterai yang bermasalah akan mengalami pengurangan 1% dalam waktu 10 detik atau kurang. Jika hal ini terjadi, ada kemungkinan baterai Android mengalami masalah dan perlu diperiksa lebih lanjut.

2. Cek Kondisi Baterai Android Melalui Kode

cek kondisi baterai hp android melalui kode

Untuk mengecek kesehatan baterai Android, kamu dapat menggunakan kode dial khusus. Kode ini dapat digunakan di beberapa Hp Android seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Asus, Lenovo, dan lain-lain. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Telepon di ponsel Android kamu.
  • Tekan tombol ##4636##
  • Akan muncul halaman baru dengan beberapa menu.
  • Pilih menu Battery Information atau Battery Statistic.
  • Di sini, kamu akan melihat informasi spesifik tentang keadaan baterai. Untuk baterai yang masih baik, biasanya akan muncul keterangan Good atau Baik.

Jika Hp kamu tidak mendukung kode tersebut, kamu bisa menggunakan metode lain untuk mengecek kesehatan baterai.

Baca juga : Cara Mengirim File dari iPhone ke Android

3. Gunakan Aplikasi Battery Monitor

aplikasi battery monitor

Battery Monitor, sesuai dengan namanya, adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk memantau kinerja dan kondisi baterai Hp kamu. Selain memantau kesehatan baterai, aplikasi ini juga memberikan informasi tentang status daya dan tegangan baterai.

Dengan menginstal Battery Monitor, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apakah baterai kamu dalam kondisi baik atau tidak. Untuk kemudahan penggunaan, kamu dapat menempatkan aplikasi ini di widget di layar utama ponsel kamu.

Aplikasi Battery Monitor dapat diunduh secara gratis melalui Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengawasi kondisi baterai Hp kamu dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatannya.

4. Menggunakan Aplikasi AccuBattery

aplikasi accubattery

Cara cek kesehatan baterai Hp Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi AccuBattery. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi tentang status baterai ponsel, tetapi juga mengklaim dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 200%.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat kondisi baterai Android menggunakan AccuBattery:

  • Install aplikasi AccuBattery melalui Google Play Store.
  • Buka aplikasi dan keluar dari aplikasi tersebut.
  • Gunakan baterai sampai benar-benar habis (0%).
  • Setelah itu, sambungkan ponsel ke charger dan nyalakan kembali.
  • Biarkan proses pengisian daya berjalan sampai mencapai 100%.
  • Setelah penuh, buka kembali aplikasi AccuBattery.
  • Di dashboard utama, kamu dapat melihat informasi detail tentang kesehatan baterai Android kamu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengetahui seberapa sehat baterai Hp Android kamu dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk merawat baterai agar lebih tahan lama.

5. Lepas Kesing Handphone

Jalan terakhir untuk mengetahui kondisi baterai tanam Hp adalah dengan melepas casing Hp, sehingga dapat melihat keadaan fisik baterai.

Baterai smartphone yang bagus memiliki kondisi fisik yang datar dan baik, informasi, stiker, dan keterangan lainnya masih terlihat.

Sedangkan untuk baterai yang sudah bermasalah, fisiknya terlihat menggelembung dan informasi fisik baterai sudah banyak yang hilang. Dengan memperhatikan hal-hal ini, kamu bisa lebih mudah mengetahui apakah baterai Hp Android kamu masih sehat atau sudah perlu untuk diganti.

Ciri-Ciri Baterai HP Tanam yang Mulai Rusak

Untuk mengetahui apakah baterai tanam sudah mulai rusak, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu lihat dan rasakan pada ponsel.

Beberapa informasi yang sudah dikumpulkan bersama pengalaman yang kami dapatkan:

  • Kesing Berubah Bentuk (Menggelembung), Jika baterai mulai menggelembung, itu bisa menjadi tanda bahwa baterai sudah tidak sehat dan perlu segera diganti.
  • Baterai Cepat Habis Secara Drastis, Jika baterai tiba-tiba habis dalam waktu singkat meskipun tidak digunakan intensif, mungkin baterai sudah mulai rusak.
  • Baterai Langsung Penuh Saat di Charger, Baterai yang sehat seharusnya memiliki proses pengisian yang stabil dan tidak langsung penuh dalam waktu singkat.
  • Hp Sering Mati Sendiri, Jika Hp sering mati sendiri tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa baterai sudah tidak sehat.
  • Layar Hp Berkedip, Jika layar Hp sering berkedip-kedip tanpa alasan yang jelas, itu juga bisa menjadi tanda bahwa baterai sudah tidak sehat.
  • Hp Mati Total, Jika Hp mati total dan tidak bisa dinyalakan meskipun sudah dicharge, itu bisa menjadi tanda bahwa baterai sudah rusak parah.

Dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, kamu bisa lebih mudah mengetahui apakah baterai Hp Android kamu masih sehat atau sudah perlu untuk diganti.

Baca juga : Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi MP3 di HP Android

Akhir Kata

Demikianlah tutorial cara memeriksa kesehatan baterai Hp Android dan beberapa informasi tambahan yang berguna. Semoga artikel ini membantu kamu merawat baterai Hp agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat!