Harga Oppo A16 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo A16

Fitur Unggulan


  • Tampilan layar oke dengan balutan eye care
  • Mendukung WiFi dual band dan Bluetooth 5.0 dengan aptX
  • Baterai 5000 mAh yang mumpuni
  • Sensor sidik jari di samping, membuat desain belakang terlihat bersih
  • Kamera depan yang alami peningkatan dibanding pendahulunya

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16

Spesifikasi Oppo A16

Umum
RilisJuli 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat190 gram
Dimensi163.8 x 75.6 x 8.4 mm
Material
WarnaPearl Blue, Space Silver, Crystal Black

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.52 inci, ~82.9% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 pixel, rasio 20:9, ~269 ppi

Platform
OSAndroid 11, ColorOS 11.1
ChipsetMediaTek MT6765G Helio G35 (12 nm)
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal3/32 GB, 4/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.06", 1.12µm, PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.0, (wide)
FiturHDR
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5000 mAh
FiturTidak ada

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo A16

Harga
3/32 GB - Rp 2.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO A16

HP OPPO A16 rilis tahun berapa?

Pada pertengahan tahun 2021, OPPO meluncurkan Seri A16. Seri ini diperkenalkan oleh OPPO sebagai alternatif ponsel kelas menengah rendah dengan spesifikasi yang memadai. Tujuannya adalah untuk memberikan opsi yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas bagi para pengguna.

Bagaimana desain HP OPPO A16?

HP OPPO A16 menampilkan desain yang mirip dengan pendahulunya, khususnya pada bagian bodi belakang yang tetap menggunakan material plastik. Meskipun begitu, kesan mewah tetap terpancar melalui tampilan metalik yang berkilau pada bagian punggungnya.

Dari segi dimensi, smartphone ini memiliki ketebalan 8,4 mm dan berat 190 gram. Meskipun sedikit berbobot, namun tetap nyaman digenggam dengan satu tangan. Kelebihannya, OPPO tetap mempertahankan desain lengkungan 3D pada pinggirannya, meningkatkan kenyamanan pengguna saat memegangnya.

Apa saja varian warna HP OPPO A16?

Ponsel ini tersedia dalam tiga opsi warna, yaitu Pearl Blue, Space Silver, dan Crystal Black. Kamu dapat memilih warna sesuai dengan preferensimu.

OPPO A16 apakah tahan air?

Guna meningkatkan ketahanannya, OPPO memperlengkapi ponsel ini dengan fitur IPX4 waterproof. Hal ini menandakan bahwa ponsel ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup terhadap cipratan air.

Berapa inci layar OPPO A16?

Spesifikasi OPPO A16 mengusung layar seluas 6,52 inci yang terasa lebih luas berkat desain water drop notch di bagian atasnya. Meskipun masih menggunakan panel IPS, spesifikasinya sudah sepadan dengan harga yang terjangkau untuk OPPO A16. Layar ini memiliki resolusi HD+ atau 720 x 1600 piksel.

Kualitas layar HD+ tersebut sudah tergolong baik, terutama dengan kehadiran teknologi Eye Care Display. Teknologi ini memungkinkan layar smartphone beradaptasi dengan cahaya di sekitarnya dan mengingat preferensi kecerahan yang diinginkan pengguna. Hal ini membuat mata menjadi lebih nyaman ketika menatap layar dalam waktu yang lama.

Apakah kualitas kamera OPPO A16 bagus?

Secara dasarnya, ponsel ini telah dapat diandalkan untuk kebutuhan fotografi berkat kehadiran triple camera. Spesifikasi kamera terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP.

Kamera utama 13 MP sudah dilengkapi dengan fitur HDR, panorama, dan LED Flash. Selain itu, mendukung perekaman video 1080p@30fps.

Hasil foto dari kamera utama terlihat cukup detail dalam kondisi cahaya yang memadai, dengan efek bokeh yang natural tanpa blur yang berlebihan.

Meski begitu, kualitasnya belum mencapai tingkat terbaik. Terkadang masih terlihat noise dan kontras yang kurang sesuai, namun hal tersebut dapat dimaklumi mengingat harga OPPO A16 yang terjangkau.

Untuk kebutuhan selfie, ponsel ini dilengkapi dengan kamera depan 8 MP (f/2.0), menunjukkan peningkatan dari pendahulunya yang memiliki kamera selfie 5 MP.

Kamera depan 8 MP ini juga didukung oleh teknologi AI Beautification, yang membantu menghasilkan foto selfie dengan detail baik dan warna yang lebih alami. Untuk perekaman video, kamera depan mendukung video 1080p@30fps, memiliki standar yang setara dengan kamera utama.

Apakah kamera OPPO A16 dibekali mode malam?

Terkait fitur, spesifikasi kamera ponsel ini telah dilengkapi dengan mode malam yang berguna untuk mempermudah pengambilan foto dalam kondisi cahaya minim. Mode ini akan secara otomatis aktif saat kamera mendeteksi kegelapan. Selain mode malam, terdapat pula fitur lain seperti Bokeh, Dazzling Mode, dan AI Beautification yang dapat dimanfaatkan pada ponsel ini.

OPPO A16 RAM berapa?

OPPO A16 menawarkan dua opsi RAM dan memori internal. Untuk RAM, pengguna dapat memilih antara varian 3GB dan 4GB. Jika Anda mencari kemampuan multitasking yang lebih lancar, disarankan untuk memilih varian RAM 4GB.

Sementara itu, untuk penyimpanan internal, tersedia pilihan antara 32GB dan 64GB. Kapasitas ini sudah cukup besar jika kebutuhan penyimpanan data Anda tidak terlalu besar. Namun, jika Anda memerlukan lebih banyak ruang, ponsel ini juga mendukung penggunaan kartu memori eksternal untuk memperluas kapasitas penyimpanannya.

HP OPPO A16 menggunakan Android berapa?

OPPO A16 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1 yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah penggunaan sehari-hari. Beberapa di antaranya termasuk fitur Eye Care Display yang mampu menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan lingkungan sekitar, menu Personalization untuk menyesuaikan tampilan menu sesuai keinginan pengguna, serta fitur Super Power Saving untuk menghemat daya baterai dan memperpanjang masa aktif perangkat.

Chipset apa yang digunakan OPPO A16?

OPPO A16 mengadopsi chipset MediaTek Helio G35 (12 nm) untuk mendukung kinerjanya. Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm) ini dipasangkan dengan prosesor Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), yang juga telah digunakan pada seri sebelumnya.

Dengan kombinasi ini, smartphone ini dapat diandalkan, terutama untuk penggunaan kasual yang ringan. Contohnya, seperti menonton video, mendengarkan musik, menggunakan media sosial, dan menjelajah internet.

Apakah OPPO A16 bagus untuk gaming?

OPPO A16 masih dapat diandalkan untuk bermain game kasual. Ketika digunakan untuk bermain Free Fire, perangkat ini mampu menjalankan game dengan pengaturan grafis dan FPS tertinggi. Selama bermain, kinerja ponsel tetap stabil tanpa mengalami penurunan yang dapat mengganggu pengalaman bermain.

Namun, perlu diakui bahwa performa gaming OPPO A16 terasa kurang optimal. Untuk game yang lebih berat, pengguna perlu menyesuaikan pengaturan agar kinerja tetap lancar. Sebagai contoh, ketika bermain Mobile Legend dengan pengaturan grafis High, terkadang masih terasa adanya lag sesekali.

Sayangnya, ponsel ini tidak disarankan untuk bermain game Genshin Impact. Hal ini disebabkan oleh kapasitas RAM dan penyimpanan pada OPPO A16 yang hanya 3GB/32GB atau 4GB/64GB yang mungkin kurang memadai untuk mendukung performa yang optimal dalam game tersebut.

Berapa mAh kapasitas baterai HP OPPO A16?

Spesifikasi OPPO A16 mencakup baterai berkapasitas 5000 mAh. OPPO mengklaim bahwa smartphone ini dapat bertahan hingga 21,02 jam saat digunakan untuk menonton YouTube. Ketahanan baterai ini tergolong cukup baik, terutama karena spesifikasinya dilengkapi dengan fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby Mode.

Super Power Saving Mode adalah fitur yang memungkinkan baterai smartphone tetap bertahan untuk keperluan panggilan telepon hingga 1 jam, bahkan dalam kondisi baterai hanya tersisa 5%. Sementara itu, fitur Nighttime Standby Mode membuat smartphone ini dapat lebih efisien dalam penggunaan daya hingga 1,21% di malam hari.

Spesifikasi OPPO A16 apakah sudah fast charging?

Tidak, smartphone ini dengan kapasitas baterai 5000 mAh belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Oleh karena itu, proses pengisian daya ponsel memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar 2 hingga 3 jam, untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Apakah OPPO A16 sudah 5G?

Belum. OPPO A16 tidak dilengkapi dengan jaringan internet 5G sebagai bagian dari konektivitasnya. Ponsel ini masih bergantung pada dukungan jaringan 4G.

Apakah OPPO A16 mendukung pemakaian dual SIM?

Iya, OPPO A16 sudah mendukung penggunaan dua kartu SIM dengan tipe Nano SIM. Dengan fitur ini, Anda dapat menggunakan dua nomor dalam satu ponsel secara bersamaan.

Apakah OPPO A16 ada sensor sidik jari?

Iya, HP OPPO A16 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol daya. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, proximity, dan compass.

Apakah HP OPPO A16 ada fitur NFC?

Iya, HP OPPO A16 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol daya. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, proximity, dan compass.Sayangnya, OPPO A16 tidak mendukung fitur NFC, sehingga ponsel ini tidak dapat digunakan untuk melakukan pengecekan atau pengisian saldo kartu elektronik.

Apakah OPPO A16 bekas masih layak beli?

HP OPPO A16 bekas masih merupakan pilihan yang layak untuk dibeli. Harga OPPO A16 second yang lebih terjangkau menjadikannya opsi yang sesuai bagi mereka yang mencari ponsel dengan dana terbatas.

Spesifikasi ponsel ini masih dapat memberikan pengalaman yang memadai untuk penggunaan sehari-hari, seperti berkirim pesan, menggunakan media sosial, dan menonton video. Dengan baterai berkapasitas 5000 mAh serta fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby Mode, daya tahan ponsel ini cukup baik untuk penggunaan standar hingga ringan.

Namun, perlu diingat bahwa ponsel ini mungkin bukan pilihan yang tepat jika Anda mencari fitur NFC atau kinerja yang sangat tinggi untuk bermain game berat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.