10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark Go 2023

Setelah berhasil merilis Tecno Spark Go 2022, kini Tecno kembali menghadirkan penerusnya pada tahun 2023 dengan nama Tecno Spark Go 2023. Ponsel ini ditargetkan untuk segmen entry-level, menawarkan spesifikasi yang sederhana namun kompeten di dalam kelasnya.

Tecno Spark Go 2023
Spesifikasi Spark Go 2023
  • Rilis : Februari 2023
  • Layar : 6.56 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio A22 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide)
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 10W

Selengkapnya : Spesifikasi Tecno Spark Go 2023 dan Harganya

Sebagai informasi tambahan, brand Tecno mulai mencuri perhatian para penggemar smartphone di Indonesia pada tahun 2022 dan 2023, terutama berkat kehadiran Tecno POVA 4 dan POVA 4 Pro yang mengusung performa Helio G99 serta baterai berkapasitas 6.000 mAh, semua itu dengan harga yang terjangkau.

Tidak hanya itu, kehadiran Tecno juga semakin menonjol berkat peluncuran Tecno Camon 19 Pro yang menekankan kemampuan kamera. Ponsel-pintar buatan Tecno memang dikenal memiliki daya tarik yang tinggi dan berhasil memikat konsumen, mirip dengan merek saudara mereka, Infinix.

Dengan diperkenalkannya Tecno Spark Go 2023 dengan kisaran harga sekitar Rp1 jutaan, para calon pembeli gadget kini memiliki pilihan yang lebih beragam dalam mencari ponsel terjangkau.

Agar mampu bersaing di segmen entry-level, Tecno Spark Go 2023 dilengkapi dengan beberapa fitur unik yang jarang dimiliki oleh pesaing lain dalam kelas yang sama. Mari kita eksplor lebih jauh mengenai keunggulan dan kelemahan dari ponsel ini dalam artikel berikut!

Baca juga : Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Kelebihan Tecno Spark Go 2023

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Tecno Spark Go 2023, sebuah smartphone dengan harga sekitar Rp1 jutaan yang menghadirkan berbagai fitur menarik yang patut diperhatikan. Yuk, mari kita simak!

Layar HD+ dengan Ukuran 6,56 Inci

Bagi Anda yang sedang mencari smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki layar berkualitas, Tecno Spark Go 2023 bisa menjadi pilihan yang handal. Ponsel ini dilengkapi dengan panel IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ 720p, sebuah standar yang umum dijumpai pada ponsel dengan harga sekitar Rp1 jutaan.

Tampilan layar ponsel ini memiliki bezel yang cukup tipis, menghasilkan rasio bodi-ke-layar sekitar 90%, sehingga memberikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan. Desain layar juga mengusung poni tetesan air (waterdrop notch) yang membantu memaksimalkan ruang layar tanpa harus mengorbankan ukuran keseluruhan bodi.

Meskipun Tecno Spark Go 2023 tidak mengusung refresh rate tinggi, layar ini masih menyajikan refresh rate standar 60 Hz. Namun, hal yang menarik adalah adanya touch sampling rate 120 Hz, yang menghasilkan respons lebih cepat saat menerima sentuhan dari pengguna.

Berdasarkan laporan dari cashify.com, layar Tecno Spark Go 2023 mampu mencapai kecerahan maksimal hingga 480 nit, yang merupakan angka yang baik untuk ponsel kelas entry-level. Dengan kecerahan tersebut, layar ponsel masih cukup jelas untuk digunakan di luar ruangan pada siang hari, walaupun mungkin sedikit terkendala.

Namun, layar ini tampaknya memiliki respons sentuhan yang agak lambat, yang kemungkinan bisa disebabkan oleh kinerja perangkat yang mungkin belum sepenuhnya optimal daripada masalah pada layar itu sendiri.

Dari sisi lain, perangkat ini menampilkan reproduksi warna layar yang cukup baik, memberikan pengalaman multimedia yang nyaman, seperti saat menonton video di YouTube atau menikmati konten di TikTok.

Sementara sudut pandang layar juga terbilang baik, memudahkan pengguna untuk menonton bersama teman. Jika Anda tidak ingin menggunakan earphone, speaker pada ponsel ini tetap mampu menyajikan kualitas audio yang cukup baik, walaupun tidak terlalu menggelegar.

Dilengkapi dengan 3 Slot Kartu Terpisah

Tecno Spark Go 2023 membantu pengguna dalam hal penyimpanan berkas, seperti audio, video, gambar, dan dokumen. Hal ini diperoleh berkat adanya tiga slot terpisah yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal.

Dengan kehadiran slot khusus ini, pengguna tidak perlu merasa merepotkan ketika ingin memasukkan kartu memori eksternal (microSD), karena tidak perlu mengeluarkan kartu SIM 2. Semua tiga kartu tersebut dapat digunakan secara bersamaan tanpa perlu mengorbankan salah satunya.

Dari informasi yang tertera dalam spesifikasi teknis Tecno Spark Go 2023, ponsel ini mendukung kapasitas memori eksternal hingga 256 GB. Terkait dengan kombinasi RAM dan memori internal, pilihan yang tersedia adalah RAM 3 GB + 32 GB, RAM 3 GB + 64 GB, dan RAM 4 GB + 64 GB.

Sebagai saran, sebaiknya memilih varian penyimpanan internal 64 GB agar tidak dengan cepat mengalami keterbatasan ruang saat menginstal aplikasi. Meskipun pilihan kapasitas 128 GB tidak disediakan, beragam pilihan tersebut memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baterai Besar 5.000 mAh untuk Daya Tahan Lama

Berbeda dengan awal dekade 2010-an, ketika smartphone Android dengan baterai besar masih menjadi barang langka, situasinya kini telah berubah drastis. Hampir semua smartphone saat ini telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, termasuk Tecno Spark Go 2023.

Tecno Spark Go 2023 tidak ingin ketinggalan dengan menyematkan baterai berkapasitas 5.000 mAh, menjadikannya salah satu pilihan smartphone terjangkau yang menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa tahan lama.

Menurut klaim dari Tecno, smartphone terjangkau ini mampu bertahan hingga 12 jam saat digunakan untuk bermain game populer, 25 jam untuk menonton video, dan bahkan 124 jam saat digunakan untuk mendengarkan musik hanya dengan sekali pengisian baterai.

Ditambah lagi dengan layar beresolusi HD+ 720p yang hemat energi, tidak mengherankan bahwa Tecno Spark Go 2023 mampu memberikan daya tahan baterai yang dapat bertahan sepanjang hari.

Hasil pengujian yang dilakukan oleh penulis di cashify.in menunjukkan bahwa Tecno Spark Go 2023 mampu bertahan hingga 6 jam dalam kondisi layar aktif. Selain itu, ponsel ini juga diklaim dapat bertahan hingga dua hari dengan penggunaan yang ringan.

Pengguna dapat dengan nyaman menggunakan ponsel ini sepanjang hari, bahkan saat melibatkan aktivitas berat seperti bermain game, menonton konten di YouTube, mengambil foto, dan lain sebagainya.

Daya tahan baterai yang diberikan oleh Tecno Spark Go 2023 dianggap sebagai standar yang baik untuk perangkat dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Adalah hal yang menggembirakan mengetahui bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak hanya untuk mendapatkan daya tahan baterai yang memadai.

Sensor Sidik Jari Pada Bagian Belakang

Untuk membuka kunci layar dengan mudah tanpa harus memasukkan pola, Tecno Spark Go 2023 telah dibekali dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang perangkat, yang dikenal sebagai pemindai sidik jari belakang. Menurut pernyataan dari Tecno, sensor ini memiliki kecepatan membuka kunci layar hanya dalam waktu 0,23 detik.

Pada rentang harga sekitar Rp1 jutaan (terutama di bawah Rp1,5 juta), fitur pemindai sidik jari masih termasuk langka untuk ditemukan. Fitur ini menjadi pilihan alternatif yang sangat bermanfaat, terutama ketika fitur face unlock tidak berfungsi dengan baik, seperti dalam kondisi cahaya yang redup atau saat menggunakan masker.

Selain pemindai sidik jari, ponsel Tecno ini juga dilengkapi dengan berbagai sensor lainnya seperti akselerometer, proximity, GPS, dan juga dilengkapi dengan fitur radio FM. Perangkat ini juga memiliki port audio 3,5 mm yang memungkinkan Anda menghubungkan earphone tanpa perlu menggunakan adaptor tambahan.

Desain Unik dengan Sertifikasi IPX2

Pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang seringkali diabaikan karena bisa mengganggu tampilan keseluruhan bodi smartphone. Namun, Tecno Spark Go 2023 memiliki pendekatan yang berbeda dengan menyamarkan sensor sidik jari di bagian belakang perangkat.

Desain ini dimungkinkan berkat modul kamera di bagian belakang yang dirancang lebih besar, memberikan ruang untuk penempatan sensor sidik jari. Realme Narzo 50A juga memiliki konsep serupa, di mana pemindai sidik jari juga ditempatkan di area kamera belakang.

Tecno Spark Go 2023 mengusung desain estetis bernama Cloud Mirror Geometry, dengan garis-garis geometris berbentuk sudut siku-siku yang menarik. Sisi-sisinya memiliki bingkai datar dengan sudut melengkung yang memberikan kenyamanan saat digenggam.

Dengan ketebalan bodi hanya 8,9 mm, ponsel ini terasa nyaman di tangan. Tersedia dalam dua varian warna di Indonesia, yaitu Endless Black dan Uyuni Blue.

Salah satu hal yang membuat ponsel ini unik adalah sertifikasi IPX2, yang memberikan ketahanan terhadap percikan air (splash resistant) dan mengurangi risiko kerusakan akibat cipratan air.

Kamera Standar dengan Hasil Jepretan yang Cukup Bagus

Dengan harga yang sangat terjangkau, Tecno Spark Go 2023 hanya dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dengan aperture lensa f/1.9 yang telah dilengkapi dengan autofokus. Sayangnya, jenis kamera yang digunakan sebagai sensor pendamping tidak dijelaskan secara pasti.

Pada situs resmi, kamera ini hanya disebut sebagai "13 MP Dual AI Camera with Dual Flashlight". Laman spesifikasi di GSM Arena menyebut lensa kedua sebagai QVGA, yang kemungkinan merupakan kamera tambahan yang sering hadir pada ponsel murah.

Meskipun demikian, ponsel ini menyediakan berbagai mode pemotretan yang beragam, termasuk AI Beauty, mode potret untuk efek bokeh, HDR, pengenalan adegan berdasarkan AI, panorama, selang waktu (time-lapse), AR Shot, dan berbagai filter untuk mempercantik foto. Kamera utama juga memiliki kemampuan zoom hingga 4x.

Melihat hasil foto yang dihasilkan, kamera Tecno Spark Go 2023 menunjukkan kualitas yang layak meskipun tidak mencapai tingkat luar biasa. Untuk ponsel dengan harga sekitar Rp1 juta, kualitas detail, warna, dan kecerahan yang ditawarkan sudah cukup memuaskan. Sayangnya, mode potret tidak memberikan efek bokeh yang sangat jelas.

Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 5 MP yang menghasilkan detail yang cukup baik meskipun tidak seketajam kamera pada ponsel dengan harga lebih tinggi. Namun, tidak ada fitur stabilisasi video yang disediakan, dan ponsel ini hanya mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS.

Dilengkapi Bluetooth 5.0

Bluetooth telah menjadi fitur yang penting dalam smartphone saat ini. Meskipun penggunaan untuk transfer data melalui Bluetooth mungkin jarang dilakukan, namun sensor gelombang radio ini tetap memiliki nilai penting dalam menghubungkan ponsel dengan aksesori nirkabel seperti gamepad, keyboard, dan mouse.

Oleh karena itu, kehadiran Bluetooth 5.0 pada Tecno Spark Go 2023 merupakan hal yang patut diapresiasi. Selain memiliki harga yang terjangkau, Tecno juga memberikan kemurahan hati dengan menyertakan versi Bluetooth yang lebih tinggi.

Berbeda dengan sebagian besar smartphone entry-level yang masih menggunakan Bluetooth 4.3, hadirnya Bluetooth 5.0 pada ponsel ini membawa manfaat seperti latensi yang lebih rendah dan efisiensi daya yang lebih baik. Pengguna juga kemungkinan tidak akan mengalami gangguan yang berarti saat menggunakan perangkat TWS (True Wireless Stereo) atau saat menggunakan mouse Bluetooth.

Baca juga : Yuk Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 Pro 5G

Kekurangan Tecno Spark Go 2023

Tidak ada ponsel yang bisa dikatakan sempurna, terutama dalam kategori harga terjangkau. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari Tecno Spark Go 2023 yang perlu diingat.

Performa Terbatas dengan Helio A22

Tecno Spark Go 2023 dibekali dengan chipset MediaTek Helio A22 yang memiliki performa terbatas. Meskipun cukup untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini tidak cocok untuk bermain gim berat. Performa yang kurang memadai dapat terasa saat menjalankan aplikasi yang lebih kompleks.

Keterbatasan Dukungan Wi-Fi

Sayangnya, Tecno Spark Go 2023 hanya mendukung protokol Wi-Fi 802.11 b/g/n, yang berarti tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi 5 GHz. Ini dapat membatasi konektivitas di lingkungan dengan jaringan Wi-Fi lebih canggih.

Tidak Ada Peningkatan yang Signifikan dari Generasi Sebelumnya

Tecno Spark Go 2023 tidak memiliki banyak peningkatan dari generasi sebelumnya. Spesifikasinya hampir tidak berubah, termasuk desain dan konfigurasi kamera. Meskipun memberikan pilihan baru, ponsel ini mungkin kurang menarik bagi pengguna yang telah menggunakan versi sebelumnya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.