Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Pada bulan Maret 2023, Tecno Indonesia memperkenalkan Tecno Spark 10 NFC, yang diluncurkan bersamaan dengan Tecno Spark 10 Pro. Tecno Spark 10 NFC menawarkan berbagai kelebihan yang patut diperhitungkan dengan harga sekitar Rp1,6 jutaan, terutama dalam sektor kamera.

Tecno Spark 10 NFC
Spesifikasi Spark 10 NFC
  • Rilis : Maret 2023
  • Layar : 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset : -
  • GPU : -
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Tecno Spark 10 NFC dan Harganya

Namun, seperti halnya produk lainnya, tidak ada yang sempurna, dan terdapat beberapa kekurangan pada Tecno Spark 10 NFC. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel ini, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 yang Perlu Diketahui

Kelebihan Tecno Spark 10 NFC

Ada enam faktor utama yang membuat Tecno Spark 10 NFC menjadi pilihan menarik dalam kategori ponsel entry-level, terutama bagi generasi muda. Berikut ini adalah penjelasannya.

Desain Memukau dengan Modul Kamera Boba

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Tecno Spark 10 NFC didesain untuk bersaing di pasar ponsel entry-level yang ditargetkan untuk kalangan muda. Oleh karena itu, produsen menghadirkan desain yang elegan untuk dapat bersaing di pasaran.

Salah satu elemen menarik pada ponsel Tecno ini adalah desain bodi bagian belakang, terutama modul dan lensa kamera. Modul kamera ini memberikan tampilan yang mewah untuk ponsel dengan harga sekitar 1 jutaan.

Pada ponsel ini, terdapat modul berbentuk persegi besar yang berisi lensa kamera dengan lingkaran yang lebih besar, mirip dengan desain kamera boba pada iPhone. Ketiga lingkaran ini terdiri dari dua kamera dan satu dual LED Flash.

Desain bodi belakang Tecno Spark 10 NFC menggabungkan dua konsep, yaitu glossy dan matte. Area modul kamera memiliki desain glossy, sementara bagian lain dari bodi, termasuk rangka, memiliki desain matte.

Dengan bodi belakang yang memiliki desain matte, ponsel ini akan lebih nyaman saat digenggam. Selain itu, penutup belakang dan rangka dibuat rata. Hal ini membuat ponsel terasa lebih premium karena produsen menjamin bahwa bodi belakang polikarbonat ini tidak mudah tergores.

Sementara itu, di bagian depan, Tecno Spark 10 NFC memiliki desain yang klasik dengan kamera depan waterdrop yang diletakkan di tengah layar.

Tecno Spark 10 NFC memiliki dimensi 163,89 x 75,39 x 8,4 mm dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Biru, Hitam, dan Putih.

Layar IPS dengan Refresh Rate 90Hz

Tecno telah melengkapi Tecno Spark 10 NFC dengan layar berukuran 6,6 inci, menjadikannya pilihan yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Layar luas ini memungkinkan pengguna menikmati tampilan gambar dan video dengan lebih jelas, serta memberikan kenyamanan saat bermain game.

Resolusi layar HD+ dengan kerapatan piksel 266 ppi menjadi standar dalam segmen ponsel entry-level. Hal ini memungkinkan tampilan gambar dan video yang detail dan jelas. Resolusi ini juga memastikan pengalaman visual yang lebih baik ketika menonton video, menjelajahi internet, atau bermain game.

Yang menarik, layar ponsel ini juga didukung dengan refresh rate 90 Hz, sebuah fitur yang istimewa untuk ponsel dengan kisaran harga sekitar 1 jutaan. Refresh rate ini memastikan gerakan di layar terlihat lebih halus.

Tidak hanya itu, layar ini memiliki tingkat kecerahan ideal sekitar 400 nits dan mampu menampilkan lebih banyak warna yang memukau. Penggunaan panel layar IPS memungkinkan tampilan yang lebih cerah dan beragam warna. Panel IPS juga terkenal hemat energi, dan kecepatan refresh rate yang tinggi ini memastikan gambar terlihat halus.

Sensor Keamanan yang Responsif

Tecno Spark 10 NFC telah dibekali dengan sensor sidik jari terintegrasi pada tombol power di sisi bodi ponsel, yang membuat penggunaannya menjadi sangat praktis. Keberadaan sensor ini memberikan tambahan rasa aman bagi pengguna saat menggunakan ponsel.

Sensor sidik jari ini memiliki kemampuan untuk membuka dan mengunci layar dengan cepat dan mudah. Selain itu, sensor ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Jika Anda menginginkan alternatif lain, produsen juga telah menyediakan fitur Face Unlock yang sangat responsif. Berkat kamera depan yang memiliki resolusi tinggi, Anda dapat membuka ponsel dengan cepat hanya dengan menghadapkan wajah ke arah kamera depan.

Kamera 50 MP AI yang Bersaing di Kelasnya

Tecno Spark 10 NFC telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang berkualitas. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.6, sedangkan kamera kedua adalah kamera AI atau kamera depth dengan resolusi 0,3 MP. Kedua kamera ini didukung oleh dual LED Flash untuk membantu pencahayaan saat mengambil foto atau merekam video di kondisi cahaya rendah.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diterapkan pada kamera ini diklaim dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dalam berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda. Di bagian depan, Tecno Spark 10 NFC menggunakan kamera "Glowing Selfie" dengan resolusi 8 MP dan bukaan f/2.0. Kamera depan ini juga dilengkapi dengan dual LED Flash dan fitur 3 tingkat Adjustable Brightness yang memungkinkan pengaturan kecerahan lampu sesuai kebutuhan.

Kamera depan dan belakang pada ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas Full HD 30 fps.

Sensor yang Lengkap

Tecno Mobile telah menyertakan konektivitas dan berbagai sensor lengkap pada seri Tecno Spark 10 NFC ini, bertujuan untuk memberikan pengalaman komunikasi dan gaming yang lebih baik. Konektivitas pada ponsel Tecno Spark 10 NFC mencakup jaringan 4G, Bluetooth 5.0, Wifi 5, NFC, dan port USB Type C.

Kehadiran NFC pada ponsel ini memiliki manfaat yang beragam, termasuk kemampuan untuk melakukan pembayaran non-tunai, transfer data yang lebih lancar dan cepat ke perangkat lain, serta berbagai fungsi lainnya.

Penting untuk pengalaman gaming yang optimal, Tecno Spark 10 NFC juga dilengkapi dengan berbagai sensor, termasuk sensor sidik jari, akselerometer, kompas, proksimitas, dan Gyro. Sensor Gyroscope ini memiliki peran penting dalam mendeteksi gerakan, terutama dalam permainan seperti PUBG Mobile, di mana sensor ini memungkinkan Anda mengendalikan bidikan dengan menggerakkan ponsel. Tanpa kehadiran sensor Gyroscope ini, kemampuan pengendalian dalam game dapat terbatas.

Baca juga : Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 Pro

Kekurangan Tecno Spark 10 NFC

Selain enam kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat empat aspek tambahan yang perlu dipertimbangkan dalam kaitannya dengan seri HP Spark 10. Keempat aspek ini dapat dianggap sebagai potensi kekurangan, bergantung pada sudut pandang penilaian terhadap ponsel ini.

Chipset yang Pas untuk Daily Driver, Tapi Kurang Cocok untuk Gaming

Dengan harga yang terjangkau, Tecno Mobile berusaha untuk menyediakan kinerja yang andal. Oleh karena itu, produsen memilih chipset MediaTek Helio G37. Chipset ini dirancang sebagai chip yang efisien, cocok untuk penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu berat.

Chipset dengan ukuran fabrikasi 12 nm ini didukung oleh prosesor octa-core yang terdiri dari empat inti Cortex A53 berkecepatan tinggi (2,2 GHz) dan empat inti Cortex A55 (1,8 GHz) untuk efisiensi daya. Untuk pengolahan grafis, ponsel ini menggunakan GPU PowerVR GE8320.

Tecno Spark 10 NFC dilengkapi dengan RAM LPDDR4X sebesar 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas RAM dan penyimpanan yang cukup besar ini relatif besar di kelasnya, terutama dengan adanya Extended RAM yang memungkinkan penambahan RAM hingga 4 GB, sehingga total RAM mencapai 8 GB.

Keberadaan penyimpanan internal sebesar 128 GB adalah sebuah kelebihan dibandingkan dengan ponsel entry-level lainnya yang umumnya hanya memiliki penyimpanan 32 GB atau 64 GB. Jika ruang penyimpanan masih kurang, Anda memiliki opsi untuk menggunakan kartu microSD karena Tecno Spark 10 NFC memiliki slot microSD yang terintegrasi dengan slot dua kartu SIM.

Dalam pengujian AnTuTu, chipset Helio G37 berhasil mencetak skor 114.461 di Nanoreview, sementara Tecno Spark 10 NFC mampu meraih skor AnTuTu 9 sebesar 129.434 dan skor GPU Benchmark mencapai 342.000. Benchmark 5 menunjukkan skor inti tunggal sebesar 163 dan skor inti ganda sebesar 858.

Dalam pengalaman bermain PUBG, ponsel ini mampu menangani pengaturan grafis yang halus dengan frame rate rendah, namun tetap memberikan pengalaman yang lancar. Sedangkan untuk game Mobile Legends, Tecno Spark 10 NFC berjalan lancar dengan pengaturan grafis tinggi dan rata-rata frame rate sekitar 37 fps.

Secara keseluruhan, Tecno Spark 10 NFC memiliki kinerja yang memadai untuk kegiatan sehari-hari, tetapi mungkin tidak cukup kuat untuk menangani game berat.

Kamera Ultrawide yang Hilang

Tecno Spark 10 NFC menyajikan kualitas kamera yang layak dalam kelasnya. Namun, terdapat beberapa kekurangan yang cukup mengganggu di bagian kamera. Salah satu di antaranya adalah ketiadaan kamera ultrawide pada ponsel dengan harga 1 jutaan ini.

Kemungkinan absennya kamera ultrawide mungkin disebabkan oleh upaya produsen untuk mengendalikan biaya produksi. Namun, kekurangan ini berdampak pada kemampuan pengambilan gambar dengan sudut pandang yang lebih luas. Padahal, kamera ultrawide ini memiliki relevansi penting bagi sebagian pengguna dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan fitur stabilisasi yang memadai. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan dalam menghasilkan foto dan video dengan tingkat detail yang optimal. Selain itu, mikrofon yang disediakan juga terkadang kurang efektif dalam menangkap suara dengan jelas dan kuat.

Hanya Mendukung Pengisian Cepat 18W

Walaupun merupakan smartphone dengan harga terjangkau, Tecno Spark 10 NFC memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat dianggap standar. Berkat keberadaan chipset MediaTek yang efisien, baterai ini diklaim mampu bertahan lebih lama untuk aktivitas sehari-hari dan bermain game ringan.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh kanal YouTube Dhiarcom, terungkap bahwa penggunaan TikTok selama 30 menit hanya menguras baterai sebesar 3 menit saja. Hal ini menunjukkan kemampuan hemat energi dari ponsel ini. Namun, disayangkan bahwa ponsel Tecno ini hanya mendukung teknologi pengisian cepat 18W, sehingga waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai hingga penuh sekitar 2 jam.

Ketidakjelasan Dalam Pembaruan OS

Meskipun merupakan smartphone dengan harga yang terjangkau, Tecno Spark 10 NFC menyematkan baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat dianggap standar. Berkat adanya chipset MediaTek yang efisien, baterai ini diakui mampu bertahan lebih lama untuk aktivitas sehari-hari dan bermain game ringan.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh kanal YouTube Dhiarcom, terungkap bahwa penggunaan TikTok selama 30 menit hanya mengonsumsi baterai sebanyak 3 persen saja. Fakta ini menggambarkan kemampuan hemat energi dari ponsel ini. Namun, di sisi lain, disayangkan bahwa ponsel Tecno ini hanya mendukung teknologi pengisian cepat 18W, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai hingga penuh sekitar 2 jam.

Proteksi yang Masih Kurang Memadai

Walaupun HP Tecno ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur, sayangnya tingkat perlindungan yang ditawarkan pada kelas ponsel Android murah ini terbilang terbatas.

Sebagai contoh, dalam paket pembelian, Tecno Mobile tidak menyertakan pelindung layar. Padahal, layar ponsel ini memiliki ukuran yang cukup lebar sehingga rentan terhadap goresan atau bahkan retak. Selain itu, produsen juga tidak menyediakan perlindungan layar berkualitas seperti Corning Gorilla Glass.

Selanjutnya, ponsel Android ini belum dibekali dengan fitur tahan air atau tahan debu. Hal ini cukup mengecewakan mengingat beberapa smartphone di kelas harga yang sama setidaknya sudah mengadopsi fitur perlindungan terhadap air, meskipun pada tingkat yang paling dasar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.