Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 10 Pro

Memang benar, dalam beberapa waktu terakhir, ponsel pintar yang fokus pada kualitas foto selfie mungkin sedikit terlupakan karena tren saat ini lebih mengarah pada ponsel gaming, ponsel untuk keperluan konten kreatif, dan ponsel dengan daya tahan baterai yang luar biasa.

Tecno Spark 10 Pro
Spesifikasi Spark 10 Pro
  • Rilis : Maret 2023
  • Layar : 6.8 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G88 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), Unspecified
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 18W

Selengkapnya : Spesifikasi Tecno Spark 10 Pro dan Harganya

Namun, ada satu ponsel terbaru yang mungkin menarik perhatian Anda, terutama jika Anda memiliki minat dalam kualitas foto selfie yang istimewa. Ponsel ini dikenal dengan nama Tecno Spark 10 Pro dan dirilis pada bulan Maret tahun 2023. Ponsel ini merupakan salah satu hasil inovasi dari perusahaan Tecno, yang diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran perangkat lain dalam seri Tecno Spark 10, termasuk Tecno Spark 10 5G, Tecno Spark 10, dan Tecno Spark 10C.

Semua ponsel tersebut termasuk dalam keluarga Tecno Spark 10 Series. Meskipun fokus utamanya adalah pada kemampuan kamera selfie yang unggul, Tecno Spark 10 Pro juga menyediakan sejumlah fitur menarik lainnya yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Dalam seri ini, Tecno Spark 10 Pro adalah pilihan yang menonjol dengan fitur-fitur yang menarik dan spesifikasi yang mengesankan. Selain kualitas kamera selfie yang hebat, ponsel ini menawarkan berbagai fitur menarik lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna modern.

Baca juga : Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Pova 4 Sebelum Beli

Kelebihan Tecno Spark 10 Pro

Ponsel pintar yang mampu memberikan keseimbangan kemampuan di berbagai aspek sedang menjadi tren yang populer di masa kini. Itulah sebabnya, Tecno Spark 10 Pro tidak hanya mengedepankan keunggulan dalam kamera selfie, melainkan juga memiliki sejumlah kelebihan lain yang patut diapresiasi. Berikut beberapa poin unggulannya!

Desain yang Memukau

Ini merupakan momen pertama dalam sejarah seri Tecno Spark di mana ponsel menggunakan material kaca untuk bagian penutup belakangnya. Keputusan ini memberikan sentuhan elegan pada desain bodi. Terdapat dua opsi variasi pada bagian belakang perangkat ini: glossy dan matte.

Wilayah glossy ditempatkan di sekitar modul kamera, sementara finis matte meliputi hampir keseluruhan permukaan bodi, termasuk sampingnya. Kehadiran finis matte ini secara efektif mengurangi jejak sidik jari dan, menurut laporan Gizmochina, sensasi pegangannya pun terasa nyaman.

Arel Ebana dari YugaTech memberikan apresiasi terhadap desain perangkat ini, dengan pujian untuk kualitas konstruksinya yang baik dan kokoh saat digenggam.

Penutup belakang serta bingkai Tecno Spark 10 Pro memiliki desain datar yang memudahkan penggunaan dalam posisi berdiri. Beberapa mungkin berpendapat bahwa tepi datar mungkin kurang nyaman saat digenggam, tetapi kanal YouTube Rick Aqua mengklarifikasi bahwa tepian ponsel ini tidak tajam, sehingga tetap nyaman dipegang. Rick juga memberi perhatian pada tombol daya dan volume di sisi kanan ponsel, yang memberikan sensasi tekanan yang mantap.

Salah satu peningkatan desain yang diterapkan pada Tecno Spark 10 Pro adalah desain lubang kamera depan. Ponsel ini meninggalkan model notch dengan desain tetesan air ("water drop") dan mengadopsi punch hole yang dianggap lebih modern.

Gizmochina mencatat bahwa ponsel ini memiliki kemampuan tahan air, walaupun detail sertifikasi ketahanan tidak dijelaskan oleh Tecno. Perusahaan juga tidak merinci jenis pelindung kaca yang digunakan pada layar perangkat ini.

Arel Ebana menyebutkan bahwa layar Tecno Spark 10 Pro diberi lapisan kaca Corning Gorilla Glass. Ponsel ini hadir dalam dua pilihan warna: Starry Black dan Pearl White. Dimensinya mencapai 168,4 x 76,2 x 8,4 mm dengan bobot 208 gram. Meskipun bodinya tidak terlalu tebal, bobotnya memberikan kesan substansial.

Layar Luas yang Mengagumkan

Tecno Spark 10 Pro menghadirkan layar yang amat luas dengan ukuran diagonal 6,8 inci. Mengandalkan panel IPS LCD dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2460 piksel), layar ini memiliki kemampuan untuk menampilkan warna sesuai standar DCI-P3.

Layar ini mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 270 Hz, memastikan tampilan yang halus dan respon yang cepat ketika disentuh. Dengan klaim tingkat kecerahan hingga 580 nit, penggunaan Rick Aqua menyebutkan bahwa layarnya tajam dan warnanya hidup.

Walau kecerahan layarnya mungkin tidak mencapai yang terbaik dalam kelasnya untuk digunakan di luar ruangan, layar ini masih mampu melakukan tugas dengan baik, seperti menjelajahi media sosial, bermain game, dan menonton video streaming. Dukungan resolusi video hingga 2K juga telah disediakan untuk platform YouTube.

Layar pada Tecno Spark 10 Pro juga disertai dengan speaker mono yang ditempatkan di bagian bawah bodi, dengan kualitas suara standar.

Performa Optimal

Tecno Spark 10 Pro mengandalkan chipset MediaTek Helio G88 yang tengah populer di segmen smartphone kelas menengah terjangkau. Dengan arsitektur 12 nm, chipset ini dibekali delapan inti prosesor, terdiri dari dua inti Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam inti Cortex A55 (1,8 GHz), serta GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz).

Performa chipset Helio G88 ini ditingkatkan dengan RAM LPDDR4x sebesar 8 GB dan pilihan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB (eMMC 5.1), bergantung pada wilayah pemasaran. Fitur Memory Fusion juga disediakan untuk meningkatkan kapasitas RAM hingga 8 GB, meskipun RAM bawaannya sendiri sudah cukup besar.

Pada penggunaan sehari-hari, ponsel ini berfungsi dengan lancar. Mulai dari membuka layar dengan cepat menggunakan sensor sidik jari, menjelajahi internet, streaming, hingga menjalankan beberapa aplikasi.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga memiliki kinerja yang memadai untuk menjalankan berbagai game dengan lancar, termasuk game populer seperti Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis yang sesuai. Meskipun digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu lama, perangkat ini tidak menghasilkan panas berlebihan, seperti yang disebutkan oleh kanal YouTube Bytes Unlocked.

Untuk informasi lebih lanjut, skor dari GeekBench 5 untuk ponsel ini mencapai 424 untuk pengujian skenario single-core dan 1398 untuk pengujian skenario multi-core. Selain itu, skor dari pengujian AnTuTu 9 berada di kisaran angka 250 ribu.

Ruang Penyimpanan yang Luas dan Slot microSD Tersedia

Seperti yang telah dijelaskan dalam bagian performa, Tecno Spark 10 Pro menawarkan kapasitas memori yang luas, dengan RAM sebesar 8 GB dan opsi penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Keberadaan RAM yang besar ini turut menghadirkan pengalaman penggunaan yang nyaman dalam jangka waktu panjang.

Dengan kapasitas penyimpanan yang luas, pengguna dapat dengan leluasa menginstal berbagai aplikasi dan menyimpan beragam jenis file. Jika ruang penyimpanan internal dirasa kurang memadai, pengguna juga dapat menambahkan kartu microSD.

Tecno Spark 10 Pro dilengkapi dengan slot microSD yang mudah diakses, terletak di sisi kiri ponsel, dan berbagi ruang dengan slot untuk dua kartu SIM. Keuntungannya adalah pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu slot kartu SIM untuk menambahkan kartu microSD, sebab keduanya dapat dipasang secara bersamaan. Kapasitas maksimum kartu microSD yang dapat digunakan adalah sebesar 1 TB.

Kamera Selfie yang Luas Biasa

Kamera depan atau kamera selfie Tecno Spark 10 Pro memiliki resolusi sebesar 32 MP (f/2.45) dan dilengkapi dengan lampu kilat. Hal ini menjadi fitur yang jarang ditemui pada banyak ponsel, termasuk di antara ponsel flagship.

Dalam kondisi pencahayaan yang memadai, kamera depan dari ponsel ini mampu menghasilkan foto-foto berkualitas. Bahkan, Gizmochina menyatakan bahwa kualitas foto yang dihasilkan hampir sebanding dengan kamera depan pada ponsel kelas menengah dan atas.

Lampu kilat yang ada membuktikan keefektifannya dalam mengurangi noise pada kondisi pencahayaan rendah, juga meningkatkan kejelasan gambar. Kelebihan lainnya adalah lampu kilat ini aman digunakan oleh pengguna yang mengenakan kacamata, karena mampu mengurangi efek pantulan cahaya yang mengganggu.

Di bagian belakang, Tecno Spark 10 Pro dilengkapi dengan kamera utama sebesar 50 MP (f/1.6), dilengkapi dengan sensor kedalaman dan juga lampu kilat. Kualitas foto yang dihasilkan terlihat baik dalam berbagai kondisi pencahayaan. Pengguna memiliki opsi untuk memilih mode 50 MP atau mode default 12 MP, walaupun Gizmochina menyarankan penggunaan mode 12 MP.

Untuk kondisi pencahayaan malam, disarankan untuk mengaktifkan mode malam yang mampu meningkatkan rentang dinamis dan menghasilkan foto yang lebih menarik. Baik kamera depan maupun kamera belakang Tecno Spark 10 Pro juga mampu merekam video hingga resolusi 2K dengan kecepatan 30 fps, yang jauh lebih baik dibandingkan dengan ponsel kelas terjangkau lainnya yang umumnya hanya mampu merekam video pada resolusi Full HD (1080p).

Baterai Besar 5000 mAh

Tecno Spark 10 Pro hadir dengan baterai berjenis litium polimer berkapasitas besar, yang sesuai dengan standar saat ini, mencapai 5000 mAh. Walaupun tidak ada informasi resmi dari Tecno mengenai estimasi daya tahan baterai, beberapa pengujian telah menunjukkan bahwa baterai sebesar 5000 mAh mampu menjaga ponsel tetap berjalan sepanjang hari. Tentu saja, lamanya daya tahan baterai akan bergantung pada cara penggunaan dari setiap individu.

Untuk kegunaan ringan seperti menjelajahi internet dan mengirim pesan, ponsel ini dipastikan dapat bertahan sepanjang hari dengan mudah.

Dilengkapi dengan Sensor Kompas, Audio Jack, dan NFC

Tecno Spark 10 Pro dilengkapi dengan berbagai sensor penting seperti akselerometer, sensor jarak, sensor cahaya, kompas, dan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Namun, ponsel ini tidak memiliki sensor giroskop.

Dengan adanya sensor cahaya, Tecno Spark 10 Pro mampu mendukung fitur pengaturan kecerahan layar secara otomatis. Sensor kompas yang ada memungkinkan ponsel ini dapat menentukan arah mata angin secara offline.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan port audio jack 3,5 mm. Jika pengguna merasa kurang puas dengan kualitas suara dari speaker bawaan, mereka dapat menggunakan headset yang terhubung melalui audio jack sebagai alternatif solusi. Letak audio jack terletak di bagian bawah ponsel, berdekatan dengan port USB C.

Fitur konektivitas NFC juga tersedia pada ponsel ini, yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti memeriksa dan mengisi saldo kartu e-money serta berbagai aplikasi lainnya.

Paket Penjualan yang Komprehensif, Termasuk Charger

Tecno Spark 10 Pro sudah tersedia secara global di berbagai negara. Paket penjualan untuk varian globalnya sangat lengkap, mencakup SIM ejector, softcase transparan, kabel USB C, adaptor charger 18W, dan headset kabel.

Kelengkapan aksesori dalam paket penjualan ini tentunya menjadi kabar baik bagi para konsumen, karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melengkapinya. Di India, ponsel ini dijual dengan harga mulai dari 10.000 Rupee (sekitar Rp 1,8 juta) untuk varian 8/128 GB.

Baca juga : Sebelum Beli, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16

Kekurangan Tecno Spark 10 Pro

Meskipun Tecno Spark 10 Pro memancarkan berbagai keunggulan yang mengundang decak kagum, nyatanya tak ada kesempurnaan mutlak dalam setiap ciptaan manusia. Di balik pesonanya, beberapa ciri mungkin dapat dianggap sebagai sedikit celah dalam kemurahan ponsel ini:

Absennya Lensa Ultrawide dan Sensor Giroskop

Kamera depan dan utama Tecno Spark 10 Pro pada umumnya menawarkan kualitas yang baik. Namun, terdapat beberapa aspek yang membuat kamera ponsel ini terasa kurang lengkap. Pertama, Tecno Spark 10 Pro tidak memiliki kamera ultrawide.

Meskipun mungkin dilakukan untuk mengendalikan harga, namun absennya fitur ini mengakibatkan pengguna tidak dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas. Kedua, ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan sensor giroskop, serta hanya memiliki satu mikrofon.

Tanpa sensor giroskop, ponsel ini kehilangan fitur stabilisasi yang penting untuk merekam video. Pengguna harus mengandalkan alat tambahan seperti tripod atau tongsis untuk mengurangi guncangan.

Selain itu, adanya hanya satu mikrofon berisiko membuat suara rekaman video menjadi kurang jelas, terutama jika mikrofon tertutup secara tidak sengaja. Solusinya mungkin adalah menggunakan mikrofon eksternal.

Waktu Pengisian Baterai yang Tergolong Lama

Meskipun Tecno Spark 10 Pro mendukung pengisian cepat 18W dan telah disertai dengan charger yang sesuai di dalam paket penjualan, dukungan pengisian ini masih tergolong lambat untuk mengisi baterai berkapasitas 5000 mAh.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh kanal YouTube Rick Aqua, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai ponsel ini hingga penuh adalah 1 jam 55 menit. Durasi pengisian yang lama ini bisa menjadi kendala jika Anda memiliki waktu terbatas.

Sebagai alternatif, mengisi baterai ponsel saat Anda tidur di malam hari bisa menjadi solusi, sehingga baterai terisi penuh ketika Anda bangun dan siap beraktivitas di pagi hari.

Ketidakjelasan Terkait Pembaruan Perangkat Lunak

Salah satu kelemahan yang sering ditemukan pada ponsel Tecno adalah masalah software. Meskipun iklan dan bloatware mungkin bisa diatasi dengan beberapa langkah, namun kurangnya kejelasan mengenai pembaruan software menjadi masalah tersendiri. Tecno tidak memberikan informasi yang cukup jelas mengenai hal ini.

Ada kemungkinan bahwa Tecno Spark 10 Pro tidak akan mendapatkan pembaruan software sejak pertama kali digunakan oleh pengguna. Jika ini terjadi, potensi masalah seperti bug tidak akan bisa diatasi. Perlu dicatat bahwa Tecno Spark 10 Pro diluncurkan dengan sistem operasi Android 13 yang diberikan antarmuka HiOS 12.6, yang relevan untuk ponsel yang dirilis pada Maret 2023.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.