Harga Tecno Spark Go 2023 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Tecno Spark Go 2023

Fitur Unggulan


  • Fitur keamanan bioemetrik pemindai wajah dan pemindai sidik jari
  • Triple slot, dua kartu SIM dan satu kartu microSD
  • Layar lebar IPS LCD
  • Desain tahan percikan air
  • Baterai 5000 mAh awet seharian penuh

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark Go 2023

Untuk mereka yang mencari smartphone terjangkau dengan layar berkualitas, Tecno Spark Go 2023 bisa menjadi pilihan yang andal. Perangkat ini dilengkapi dengan panel IPS LCD berukuran 6,56 inci HD+ 720p, resolusi yang umum ditemukan pada ponsel di kisaran harga Rp1 jutaan.

Layar ini menampilkan bezel layar yang relatif tipis, dengan rasio bodi-ke-layar mencapai 90% untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan. Desain layarnya juga menampilkan poni tetesan air (waterdrop notch) yang membuat layar terlihat lebih luas tanpa perlu membesarkan ukuran bodi.

Meskipun Tecno Spark Go 2023 tidak menawarkan refresh rate tinggi, layar ini memiliki refresh rate standar 60 Hz. Namun, layar ini menawarkan touch sampling rate 120 Hz untuk memberikan respons yang lebih cepat saat menerima input pengguna. Menurut laporan dari cashify.com, layar Tecno Spark Go 2023 memiliki kecerahan puncak hingga 480 nit, yang cukup baik untuk ponsel kelas entry-level.

Dengan kecerahan ini, layar ponsel masih cukup baik untuk digunakan di luar ruangan pada siang hari, meski mungkin sedikit sulit. Layar ponsel ini diketahui memiliki respons sentuhan yang agak lambat, yang mungkin disebabkan oleh kinerja yang kurang optimal daripada kesalahan pada layar itu sendiri.

Di sisi lain, perangkat ini memiliki reproduksi warna layar yang cukup baik, sehingga menawarkan pengalaman multimedia yang nyaman, seperti saat menonton video YouTube atau menikmati konten TikTok. Sudut pandang layar juga cukup baik, memudahkan pengguna untuk menonton bersama teman. Jika Anda tidak ingin menggunakan earphone, speaker pada ponsel ini tetap menyediakan kualitas audio yang cukup baik, meskipun tidak terlalu keras.

Tecno Spark Go 2023 memudahkan pengguna dalam hal penyimpanan berkas, seperti audio, video, gambar, dan dokumen. Hal ini karena perangkat ini dilengkapi dengan tiga slot terpisah untuk memasukkan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal. Dengan slot khusus, pengguna tidak perlu repot mengeluarkan kartu SIM 2 saat ingin memasukkan microSD. Ketiganya dapat digunakan secara bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satunya. Dari halaman spesifikasi teknis Tecno Spark Go 2023, ponsel ini mendukung kapasitas memori eksternal hingga 256 GB.

Sementara untuk kombinasi RAM dan memori internal, tersedia beberapa pilihan: RAM 3 GB + 32 GB, RAM 3 GB + 64 GB, dan RAM 4 GB + 64 GB. Saran saya, lebih baik memilih penyimpanan internal 64 GB agar tidak cepat penuh saat menginstal aplikasi. Meskipun tidak tersedia kapasitas 128 GB, beragam pilihan ini memberikan fleksibilitas untuk memilih sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan awal dekade 2010-an, saat smartphone Android dengan baterai besar masih jarang, kini hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan kapasitas 5.000 mAh. Tecno Spark Go 2023 juga tidak mau ketinggalan dalam menyediakan baterai 5.000 mAh, menjadikannya salah satu smartphone terjangkau dengan daya tahan baterai yang tahan lama.

Menurut Tecno, perangkat terjangkau ini mampu memainkan game populer hingga 12 jam, menonton video hingga 25 jam, dan mendengarkan musik hingga 124 jam dalam sekali pengisian. Dikombinasikan dengan layar beresolusi HD+ 720p yang hemat energi, tidak mengherankan bahwa Tecno Spark Go 2023 memiliki daya tahan penggunaan hingga seharian penuh. Pengujian yang dilakukan penulis di cashify.in menunjukkan bahwa Tecno Spark Go 2023 dapat bertahan hingga 6 jam untuk screen-on time.

Ponsel ini juga dikatakan mampu bertahan hingga dua hari untuk penggunaan ringan. Anda dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari, meskipun melakukan aktivitas berat seperti bermain game, menonton YouTube, mengambil foto, dan lainnya. Daya tahan baterai ini cukup standar untuk kapasitas 5.000 mAh. Senang rasanya mengetahui bahwa Anda tidak perlu membeli ponsel mahal hanya untuk mendapatkan daya tahan baterai yang memadai.

Port yang digunakan ponsel untuk mengisi daya juga sangat penting dalam memberikan pengalaman pengguna. Mengingat harganya sekitar Rp1 jutaan, bisa dianggap wajar jika Tecno Spark Go 2023 hanya dilengkapi dengan microUSB. Namun, ternyata smartphone ini sudah menggunakan port USB Type-C 2.0 yang lebih modern.

USB-C dianggap lebih unggul karena bentuknya yang simetris, memudahkan pengguna saat mengisi daya tanpa perlu memeriksa posisi ujung kabel. Selain itu, USB-C juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik saat mengopi data antara ponsel dan PC. Namun, Tecno Spark Go 2023 tidak mendukung pengisian cepat (fast charging), hanya dapat diisi dengan daya 10 W standar. Untungnya, charger dan kabel sudah disertakan dalam kotak penjualan sehingga tidak perlu dibeli secara terpisah.

Untuk membuka kunci layar dengan mudah tanpa memasukkan pola, Tecno Spark Go 2023 menyediakan sensor sidik jari di bagian belakang, yang juga dikenal sebagai rear-mounted fingerprint scanner. Tecno menyatakan bahwa sensor ini dapat membuka kunci layar dalam waktu 0,23 detik. Di kisaran harga Rp1 jutaan (terutama di bawah Rp1,5 juta), fitur pemindai sidik jari masih jarang ditemukan. Fitur ini menjadi alternatif yang berguna ketika face unlock tidak berfungsi dengan baik, misalnya dalam kondisi gelap atau saat mengenakan masker.

Spesifikasi Tecno Spark Go 2023

Umum
Rilis2023
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Beratgram
Dimensi163.86 x 75.51 x 8.9 mm
KetahananIPX2
Fitur LainnyaTahan percikan air

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.56 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan267 ppi
Proteksi
Fitur Lainnya- Tingkat kecerahan 480 nit (khas)
- Touch sampling rate 120 Hz
- Rasio layar banding bodi 84%

Hardware
ChipsetMediaTek Helio A22
CPUQuad-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320

Memori
RAM3 GB, 4 GB
Memori Internal32 GB, 64 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

Kamera Belakang
Jumlah Kamera2
Konfigurasi13 MP (wide), f/1.85
0.3 MP (depth),
FiturAF, Dual-LED flash, panorama, HDR, Video: 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi5 MP (wide), f/2.0
Fitur

Konektivitas
WLANWifi 802.11 b/g/n
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, A-GPS
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
USBTipe-C 2.0, USB On-The-Go

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas5000 mAh
FiturPengisian 10W

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 12, HIOS 12
SensorFingerprint (belakang), akselerometer, cahaya, proksimitas, kompas
Jack 3.5mmAda
WarnaEndless Black, Nebula Purple, Uyuni Blue
Fitur Lainnya- Radio FM
- MemFusion hingga 3 GB
- Dukungan microSD hingga 256 GB

Benchmark
Antutu (v9)

Harga Tecno Spark Go 2023

Harga
4/64 GB Rp 1.149.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.


Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.