10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark 9T

Tecno Mobile, bersama dengan Infinix dan itel, merupakan produsen smartphone dengan harga terjangkau yang mungkin belum begitu dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Dalam rangkaian produknya, Tecno Spark 9T telah menjadi perhatian di pasar Indonesia pada tahun 2022. Ini merupakan varian sederhana dari Tecno Spark 9 Pro.

Tecno Spark 9T
Spesifikasi Spark 9T
  • Rilis : Juni 2022
  • Layar : 6.6 inci IPS LCD 90Hz
  • Chipset : MediaTek Helio G37 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (depth), QVGA
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 10W

Selengkapnya : Spesifikasi Tecno Spark 9T dan Harganya

Sebagai ponsel kelas entry-level, Tecno Spark 9T sangat cocok untuk siapa saja yang memiliki anggaran terbatas namun ingin merasakan teknologi terbaru dalam dunia smartphone. Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 9T yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6 5G

Kelebihan Tecno Spark 9T

Jangan ragu untuk menilai kualitas ponsel merek seperti Tecno yang mungkin belum begitu dikenal. Faktanya, Tecno Spark 9T memiliki sejumlah kelebihan menarik seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Layar Luas

Tecno Spark 9T hadir dengan layar yang sangat luas untuk memperkaya pengalaman visual Anda, baik saat menonton film, browsing, atau bermain game. Layarnya yang luas dengan bezel tipis memberikan kesan yang memuaskan.

Desain kamera depan waterdrop notch memberikan kesan bezel yang minimalis. Layar berukuran 6,6 inci terasa pas, dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Aspek rasio layar 20:9 dengan kerapatan piksel 266 ppi (pixel per inch) memberikan tampilan yang jernih. Selain itu, Tecno Spark 9T memiliki refresh rate tinggi 90 Hz, sehingga Anda dapat merasakan pengalaman menggulir layar yang mulus.

Baterai Tahan Lama

Tecno Spark 9T dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, yang membuatnya mampu bertahan selama satu atau dua hari. Penggunaan harian, seperti media sosial, browsing, dan panggilan telepon, dapat berlangsung lebih lama.

Bahkan untuk penggunaan bermain game berkelanjutan, baterainya masih dapat bertahan cukup lama. Kehadiran baterai yang tahan lama ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa power bank saat bepergian.

Desain Elegan

Tecno Spark 9T memiliki desain bodi yang estetis dan memberikan kesan elegan. Modul kamera dirancang dengan kreatif, mengelilingi dua lensa kamera. Ini berbeda dari mayoritas ponsel yang memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang dan warna hitam.

Meskipun bodi belakang terbuat dari plastik, namun tampak seperti kaca dan memiliki penampilan yang menarik. Namun, perlu diperhatikan bahwa bodi plastik ini cenderung meninggalkan sidik jari, sehingga perlu sering dielap.

Tecno juga menyertakan casing transparan dengan desain tipografi bertuliskan SPARK untuk melindungi ponsel dan menambahkan estetika. Ponsel ini tersedia dalam empat warna: Quantum Black, Burano Blue, Particle Silver, dan Vitality Green. Pilihan warna yang unik seperti Vitality Green menambah daya tarik visual.

Dengan desain yang unik dan menarik, Tecno Spark 9T cocok untuk mereka yang ingin tampil beda dengan desain yang khas. Selain itu, Anda dapat mendapatkan desain estetis ini pada ponsel entry-level yang terjangkau.

Kamera Depan Berkualitas Tinggi

Tecno Spark 9T menawarkan kamera depan dengan resolusi lebih tinggi daripada kamera belakangnya, yang membuatnya menonjol. Kamera belakang memiliki sensor utama 13 MP (f/1.85) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4) dengan lensa AI. Di sisi lain, kamera depan memiliki resolusi 32 MP, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk selfie dan pertemuan online.

Fitur autofokus, Quad-LED Flash, dan mode HDR tersedia untuk kamera belakang. Kamera depan dilengkapi dengan Dual-LED Flash untuk kondisi cahaya rendah. Kedua kamera juga mendukung perekaman video hingga 1080p pada 30 FPS.

Hasil foto Tecno Spark 9T cukup baik untuk ponsel kelas entry-level. Kualitas foto memadai untuk berbagai keperluan, meskipun terdapat ruang untuk peningkatan pada fitur HDR.

Penyimpanan Luas

Tecno Spark 9T tidak menghadirkan keterbatasan penyimpanan seperti banyak ponsel entry-level. Pilihan kapasitas memori internal mencakup 64 GB dan 128 GB dengan standar eMMC 5.1.

Selain itu, RAM 4 GB LPDDR4X memungkinkan Anda menjalankan banyak aplikasi dan bermain game tanpa masalah multitasking. Fitur Memory Fusion juga memberikan fleksibilitas dengan memungkinkan Anda menggunakan memori internal sebagai tambahan kapasitas RAM hingga 3 GB, sehingga total kapasitas RAM bisa mencapai 7 GB.

Slot kartu memori eksternal terpisah juga memungkinkan Anda meningkatkan penyimpanan melalui kartu microSD sambil tetap menggunakan fitur Dual SIM LTE.

Antarmuka Estetis dan Fungsional

Tecno Spark 9T hadir dengan Android 12 yang dilapisi antarmuka HiOS 8.6. Antarmuka ini memiliki tampilan elegan dan estetis, dengan berbagai fitur yang bermanfaat.

Namun, perlu diingat bahwa kemungkinan tidak akan ada pembaruan ke versi Android yang lebih baru setelah Android 12. Ini penting untuk diperhatikan jika Anda menginginkan pembaruan sistem operasi yang lebih baru.

Sensor Sidik Jari di Samping

Tecno Spark 9T tidak hanya menyediakan fitur face unlock, tetapi juga memiliki sensor sidik jari di samping. Ini merupakan fitur yang jarang ditemukan pada ponsel entry-level. Sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam membuka layar.

Penggunaan USB Type-C

Tecno Spark 9T menggunakan port USB Type-C 2.0 yang modern, yang mendukung transfer data yang lebih cepat dan pencolokan blind mating.

Baca juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Tecno Spark Go 2023

Kekurangan Tecno Spark 9T

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Tecno Spark 9T juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli:

Kinerja Chipset Terbatas

Tecno Spark 9T menggunakan chipset Helio G37 yang mungkin kurang bertenaga untuk penggunaan bermain gim berat. Chipset ini lebih cocok untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti browsing dan multitasking.

Tidak Mendukung Fast Charging

Meskipun menggunakan port USB Type-C, Tecno Spark 9T tidak memiliki dukungan fast charging. Pengisian daya ponsel memerlukan waktu yang lebih lama.

Kesimpulan

Tecno Spark 9T menawarkan pengalaman yang nyaman dengan fitur-fitur seperti baterai tahan lama, kamera yang baik, desain estetis, dan antarmuka fungsional. Namun, perlu diperhatikan bahwa kinerja chipset terbatas dan absennya fitur fast charging mungkin menjadi pertimbangan penting.

Sebelum membeli, pastikan Anda telah mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.