Harga Tecno Spark 9T Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Tecno Spark 9T

Fitur Unggulan


  • Layar IPS dengan refresh rate 90Hz
  • Sensor sidik jari di samping, punya desain bodi yang kece
  • Kamera utama dan kamera selfie beresolusi tinggi
  • Hadir dengan USB Type-C
  • Baterai 5000 mAh yang tahan lama

SelengkapnyaKelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 9T

Tecno Spark 9T hadir dengan layar yang sangat besar untuk mendukung pengalaman visual Anda, baik untuk menonton film, browsing, ataupun bermain gim. Layarnya yang besar dengan bezel tipis akan membuat pengguna merasa senang.

Ponsel ini memiliki desain kamera depan waterdrop notch yang membuat bezel di sekelilingnya sangat ramping. Ukuran layar 6,6 inci terasa pas di mata, dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel).

Layar smartphone ini hadir dengan aspek rasio 20:9 yang disertai dengan kerapatan piksel 266 ppi (pixel per inch). Tecno Spark 9T juga termasuk dalam daftar HP entry-level yang dilengkapi dengan refresh rate tinggi 90 Hz.

Ini artinya, Anda tidak perlu lagi membeli HP kelas menengah ke atas untuk merasakan pengalaman menggulir layar dengan mulus.

Tecno Spark 9T hadir dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh, membuatnya bisa bertahan hingga satu atau dua hari. Entah itu untuk penggunaan media sosial, browsing, panggilan telepon, atau keperluan lainnya, penggunaan harian akan berlangsung lebih lama.

Namun jika Anda menggunakannya untuk bermain game secara terus menerus, tentu saja baterainya akan lebih cepat habis. Namun, Anda tidak perlu lagi membawa power bank ke mana-mana karena daya tahan baterai yang cukup lama.

Tecno Spark 9T memiliki desain bodi yang estetik dan memberikan kesan chic yang elegan. Modul kameranya dirancang unik dan kreatif dengan mengelilingi masing-masing dari dua lensa kamera, yang berbeda dari mayoritas HP dengan camera island berbentuk persegi panjang dan warna hitam.

Bodi belakangnya terbuat dari bahan plastik, tetapi tampak seperti kaca dan terlihat indah. Namun, mudah meninggalkan noda sidik jari (smudge) dan perlu sering dielap.

Tecno menyertakan casing transparan dengan corak desain tipografi bertuliskan SPARK yang diulang-ulang untuk melindungi ponsel dan menambah estetika. Ada empat warna yang tersedia: Quantum Black, Burano Blue, Particle Silver, dan Vitality Green. Kami sangat menyukai warna hijau menyala dan unik pada Vitality Green.

Dengan desain yang unik dan menarik, Tecno Spark 9T cocok untuk mereka yang bosan dengan desain yang konvensional. Selain itu, desain bodinya bisa didapatkan pada ponsel entry-level yang terjangkau.

Tecno Spark 9T terlihat sebagai salah satu dari sedikit ponsel yang menawarkan kamera depan dengan resolusi lebih tinggi daripada kamera belakangnya. Kamera belakang hadir dengan sensor utama 13 MP (f/1.85) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4) dengan lensa AI, sedangkan kamera depan memiliki resolusi yang lebih tinggi, yaitu 32 MP.

Hal ini menunjukkan bahwa ponsel ini memang lebih ditujukan untuk pemotretan selfie daripada fotografi belakang. Selain untuk selfie, kamera depan yang beresolusi tinggi ini juga cocok untuk mendukung pembelajaran jarak jauh atau pertemuan online.

Pada kamera belakang, tersedia fitur autofokus untuk lensa utama, serta Quad-LED Flash dan mode HDR. Sedangkan pada kamera depan, terdapat Dual-LED Flash yang membantu meningkatkan cahaya pada kondisi cahaya rendah. Kedua kamera juga mendukung video recording hingga 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Berdasarkan beberapa contoh foto di atas, Tecno Spark 9T mampu menghasilkan foto yang cukup layak untuk kelasnya. Meski begitu, kualitas HDR-nya masih dapat ditingkatkan lagi.

Untuk kamera depannya, ponsel ini juga menawarkan mode potret selfie. Namun, efek blur pada latar belakang kurang terlihat dan terlihat mirip dengan hasil foto selfie biasa.

Untungnya, kamera belakang masih menawarkan mode potret dengan efek blur yang lebih terlihat. Secara keseluruhan, untuk ponsel entry-level, kamera Tecno Spark 9T masih dapat dianggap baik.

Meskipun ponsel entry-level seringkali dikritik karena kapasitas memori internal yang minim, Tecno Spark 9T justru memiliki opsi memori internal yang lega. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan kapasitas, yaitu 64 GB dan 128 GB pada standar eMMC 5.1.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB LPDDR4X yang memungkinkan pengguna untuk menginstal banyak aplikasi dan bermain game tanpa masalah multitasking.

Tecno Spark 9T juga menyediakan fitur Memory Fusion yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kapasitas RAM secara virtual dengan meminjam kapasitas hingga 3 GB dari memori internal. Dengan begitu, total kapasitas RAM-nya bisa mencapai 7 GB.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki slot kartu memori eksternal terpisah, sehingga pengguna dapat meningkatkan penyimpanan dengan menyelipkan kartu microSD dan tetap menggunakan fitur Dual SIM LTE secara bersamaan.

Yang cukup menyenangkan dari HP ini juga terletak pada sisi antarmukanya. Ya, ponsel ini dirilis dengan Android 12 (saat HP ini diluncurkan) berselimutkan antarmuka HiOS 8.6. Antarmuka ini punya salah satu tampilan paling elegan dan aesthetic secara keseluruhan.

Menurut YouTuber bernama Oscarmini, tidak akan ada pembaharuan update versi Android sama sekali di HP ini. Sehingga, Anda akan selamanya menggunakan Android 12 tanpa bisa di-update ke Android 13 dan seterusnya.

Antarmuka OS ini juga cenderung hadirkan bloatware dan iklan notifikasi yang cukup intrusif. Namun, tampaknya hal ini cukup umum untuk ponsel entry-level.

Spesifikasi Tecno Spark 9T

Umum
Rilis2022
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Berat
Dimensi164.3 x 75.6 x 8.7 mm
Ketahanan
Fitur Lainnya

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.6 inci
Refresh Rate90 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan266 ppi
Proteksi
Fitur LainnyaRasio bodi ke layar ~84.7%

Hardware
ChipsetMediaTek Helio G37
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
RAM4 GB
Memori Internal64 GB, 128 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

Kamera Belakang
Jumlah Kamera3
Konfigurasi13 MP (wide), f/1.9
2 MP (depth), f/2.4
FiturKamera ketiga berupa QVGA dengan apertur f/2.0. Kamera utama miliki fitur AF, dengan Quad-LED Flash dan HDR, Video: 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi32 MP (wide)
FiturDual-LED Flash, Video: 1080p@30fps

Konektivitas
WLANAda
BluetoothAda
GPS A-GPS
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas5000 mAh
Fitur

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 12, HiOS 8.6
SensorFingerprint (di samping), accelerometer, proximity
Jack 3.5mmAda
WarnaQuantum Black, Burano Blue, Particle Silver, Vitality Green
Fitur Lainnya

Benchmark
Antutu (v9)

Harga Tecno Spark 9T

Harga
4/64 GB Rp 1.488.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.


About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.