Kupas Tuntas 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

Samsung telah membuktikan konsistensinya dalam menghadirkan smartphone flagship yang selalu memimpin pasar. Tahun ini, antusiasme para penggemar gadget semakin memuncak dengan kehadiran Samsung Galaxy Z Flip4, yang kabarnya telah mengalami peningkatan dari pendahulunya yang terkenal.

Samsung Galaxy Z Flip4
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4
  • Rilis : Agustus 2022
  • Layar : 6.7 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm)
  • GPU : Adreno 730
  • RAM :8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 3700 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip4 dan Harganya

Meskipun tampilan Samsung Galaxy Z Flip4 mirip dengan Galaxy Z Flip3, namun jeroannya benar-benar berbeda. Tak perlu berlama-lama menunggu, mari kita selami kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Z Flip4 berikut ini.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme C20

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip4

Khusus untuk kalian yang berniat meminang perangkat ini, berikut sederet kelebihan yang akan didapatkan.

Bodi Lebih Kokoh

Meski desainnya tampak serupa dengan Galaxy Z Flip3, Samsung menyempurnakan bodi Galaxy Z Flip4 agar lebih kokoh dan nyaman digunakan. Engsel yang lebih tipis 1.2 mm dan finishing glossy memberikan kesan kompak dan ringkas pada perangkat ini.

Selain itu, Samsung memberikan ketahanan ekstra pada panel depan dengan penambahan proteksi Gorilla Glass Victus Plus di bagian belakangnya. Bahkan, perangkat ini mendapatkan sertifikasi IPX8 yang membuatnya tahan di kedalaman air hingga 1.5 meter selama 30 menit. Menarik sekali, bukan?

Kualitas Layar Mantap

Sebagai ponsel flagship lipat, Samsung Galaxy Z Flip4 siap untuk menghadapi segala situasi. Layar ponsel ini bahkan sudah diuji ketahanan lipat hingga 200.000 kali! Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X berukuran 6.7 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2640 piksel) memberikan pengalaman visual yang luar biasa.

Dengan kerapatan piksel hingga 426 ppi dan rasio aspek 22:9, aktivitas apapun di atas layar menjadi lebih menyenangkan. Layar utama perangkat ini juga dilengkapi dengan refresh rate dinamis hingga 120 Hz dan kecerahan maksimum 1.200 nits.

Ketika dilipat, Samsung Galaxy Z Flip4 menampilkan panel Super AMOLED berukuran 1.9 inci dengan resolusi 260 x 512 piksel. Fitur-fitur di layar cover ini sangat efisien digunakan mulai dari balas pesan menggunakan emoji hingga quick setting yang lebih beragam. Dan jangan khawatir, layar cover sudah dilapisi oleh Gorilla Glass Victus Plus dari Corning sehingga ketahanannya sudah tak diragukan lagi.

Performa Gesit

Galaxy Z Flip4 tidak main-main dalam urusan performa. Ditenagai oleh Snapdragon 8 Plus Gen 1, chipset tangguh dengan CPU Octa-core hingga 3.2 GHz dan GPU Adreno 730, perangkat ini menjamin pengalaman pengguna yang responsif. Seluruh komponen berjalan melalui proses fabrikasi 4 nanometer, membuatnya lebih adem dan hemat daya.

Ruang Penyimpanan Jumbo

Kapasitas penyimpanan pada Galaxy Z Flip4 juga tak boleh dianggap remeh. Dengan RAM tunggal sebesar 8 GB dan tiga pilihan varian memori internal (128 GB, 256 GB, dan 512 GB), perangkat ini memberikan ruang penyimpanan yang lega untuk semua data dan aplikasi favorit.

Kapasitas Baterai Meningkat

Samsung Galaxy Z Flip4 hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar dari pendahulunya. Dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh, perangkat ini menawarkan masa pakai yang lebih lama.

Selain itu, dukungan teknologi pengisi daya yang lengkap juga turut disertakan. Dengan fast charging 25 Watt, pengisian daya penuh hanya butuh waktu 1 jam. Tersedia juga teknologi Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerShare untuk memudahkan pengisian daya nirkabel.

Baca juga : Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

Samsung Galaxy Z Flip4 memang masuk dalam jajaran perangkat flagship anyar yang dinanti-nanti kehadirannya. Namun hal ini tidak membuatnya terlepas dari kekurangan berikut ini.

Kombinasi Kamera Tidak Meningkat

Sangat disayangkan, Samsung Galaxy Z Flip4 masih menggunakan konfigurasi kamera yang sama dengan Galaxy Z Flip3. Konfigurasi ini terlihat lebih seperti smartphone kelas menengah dengan dual kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 12 MP (aperture f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (aperture f/2.2). Di bagian cover screen-nya, tersemat kamera depan beresolusi 10 MP (aperture f/2.4).

Namun, Samsung mencoba mengatasi kekecewaan ini dengan menyertakan fitur baru bernama Nightography. Dengan sensor kamera utama yang lebih besar, Samsung Galaxy Z Flip4 diklaim memiliki kemampuan fotografi 65% lebih baik di malam hari. Tentu saja, fitur ini patut dicoba!

Fast Charging Kalah Saing

Sayangnya, Samsung Galaxy Z Flip4 masih menggunakan fast charging hingga 25 watt saja, belum menyediakan dukungan pengisi daya cepat yang setara dengan beberapa pesaingnya.

Walaupun begitu, kelebihan yang ditawarkan Samsung Galaxy Z Flip4 sungguh menggoda, tak ketinggalan pula dengan kekurangannya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan perangkat ini di berbagai retail dan e-commerce resmi Samsung dengan harga mulai dari 13 jutaan. Ayo, dapatkan segera smartphone lipat terbaru ini yang menawarkan pengalaman unik dan futuristik!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.