8 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme C20

Pada kuartal kedua 2021, Realme Indonesia menghadirkan Realme C20 dengan harga terjangkau, hanya sekitar Rp 1 jutaan. Seri C dari Realme memang dikenal sebagai pilihan terbaik di kelas entri, dan Realme C20 tak kalah menarik.

Realme C20
Spesifikasi Realme C20
  • Rilis : Juli 2021
  • Layar : 6.5 inci IPS LCD ~270ppi
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 2 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 8 MP (wide)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Realme C20 dan Harganya

Meskipun harganya terjangkau, ponsel ini memiliki beberapa kelebihan yang patut diacungi jempol, tapi juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga : Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20 2021

Kelebihan Realme C20

Ponsel ini sangat cocok bagi pengguna smartphone yang membutuhkan seluruh fitur standar sebagai daily driver. Mulai dari layarnya yang lapang hingga ketahanan baterai yang unggul, inilah kelebihan-kelebihan Realme C20 yang wajib diacungi jempol.

Layar Lapang 6.5 inci

Realme C20 mengikuti tren masa kini dengan membawa layar lapang berukuran 6.5 inci. Layar IPS LCD ini memiliki resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel) yang memberikan kualitas visual yang memuaskan. Meski masih menggunakan mini drop screen, layar ini cukup cerah dengan kecerahan hingga 400 nits, serta dilindungi oleh Gorilla Glass 3.

Desain Geometric Art

Realme C20 menunjukkan bahwa HP murah bisa tampil elegan dengan desain Geometric Art yang menghadirkan aksen kilauan dari sudut pandang yang berbeda. Dengan finishing glossy dan pilihan varian warna menawan, perangkat ini tidak berkesan murahan.

Dapur Pacu Apik

Realme C20 ditenagai oleh MediaTek Helio G35, sebuah chip gaming yang hemat daya. Dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB, ponsel ini dapat menangani berbagai tugas harian dengan lancar.

Slot Lengkap dan Audio Jack

Realme C20 menyediakan slot triple yang dapat menampung dua kartu nano SIM dan satu kartu microSD. Port audio jack 3.5 mm masih hadir, memudahkan pengguna untuk mendengarkan musik dengan headphone kabel di ruang publik.

Baterai Besar

Dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh, Realme C20 menawarkan daya tahan baterai yang lama. Ponsel ini bisa bertahan hingga seharian penuh dan bahkan mencapai 43 hari dalam mode standby. Super Power Saving Mode hadir untuk memperpanjang durasi penggunaan saat baterai hampir habis.

Baca juga : Yuk, Kenali 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 10

Kekurangan Realme C20

Setelah membahas kelebihan Realme C20, tak lengkap rasanya jika tidak mengulas pula kekurangannya. Berikut deretan kekurangan Realme C20 yang wajib kalian pertimbangkan kembali.

Konfigurasi Kamera Tergolong Standar

Realme C20 memiliki kamera utama 8 MP dan kamera selfie 5 MP, yang tergolong standar untuk ponsel di kelasnya. Beberapa pesaing menawarkan konfigurasi kamera yang lebih baik pada harga serupa.

Masih Menggunakan microUSB

Realme C20 masih menggunakan port microUSB, sedangkan beberapa pesaingnya sudah beralih ke USB Type-C yang lebih modern dan memiliki kecepatan transfer yang lebih optimal.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Realme C20 menawarkan banyak kelebihan seperti layar lapang, desain elegan, dapur pacu yang handal, slot lengkap, dan baterai besar. Kekurangan pada kamera dan port microUSB mungkin dapat ditoleransi mengingat harganya yang terjangkau. Terutama bagi para pelajar yang membutuhkan ponsel pintar untuk komunikasi dan informasi, Realme C20 bisa menjadi pilihan yang baik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.