Harga Realme C20 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Realme C20

Fitur Unggulan


  • Desain bodi yang stylish
  • Baterai 5000 mAh yang awet seharian penuh
  • Hadir dengan versi Bluetooth 5.1
  • Ukuran layar 6,5 inci yang terbilang luas
  • Chipset Helio yang bertenaga di kelasnya

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Realme C20

Spesifikasi Realme C20

Umum
Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Berat190 gram
Dimensi165,2 x 76,4 x 8,9 mm
Ketahanan
Fitur LainnyaRangka plastik Penutup belakang plastik Telah melalui tahap ujian tombol dan port ribuan kali

Layar
TipeIPS
Ukuran6.5 inci
Refresh Rate60 Hz
Resolusi720 x 1600 piksel
Rasio20:9
Kerapatan270 ppi
Proteksi
Fitur LainnyaCorning Gorilla Glass 3

Hardware
ChipsetMediaTek Helio G35
CPUOcta-core (4x2,3 GHz Cortex-A53 & 4x1,8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
RAM2 GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalAda (Slot Khusus)

Kamera Belakang
Jumlah Kamera1
Konfigurasi 8 MP (wide), f/2.0
Fiturpanorama, HDR, LED flash, Autofocus, Video: 1080p@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi5 MP (wide), f/2.2
FiturHDR

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSGPS, A-GPS, GLONASS, BDS
InfraredTidak Ada
NFCTidak Ada
USBmikroUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas5000 mAh
Fitur

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 10
SensorAccelerometer, Proximity, Compass
Jack 3.5mmAda
WarnaHitam, Biru
Fitur Lainnya

Benchmark
Antutu

Harga Realme C20

Harga
2/32 GB - Rp 1.239.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Realme C20

HP Realme C20 keluaran tahun berapa?

Realme C20 pertama kali diperkenalkan di pasar global pada bulan Januari 2021, namun baru secara resmi dirilis di Indonesia pada bulan April 2021.

Seperti apa desain Realme C20?

Meskipun berada dalam kelas entry level, ponsel ini tetap menarik dengan desain geometric art yang diusungnya. Bagian bodinya terbuat dari bahan polikarbonat dengan finishing glossy, memberikan kesan berkilau saat dilihat dari sudut yang berbeda.

Realme C20 hadir dalam dua pilihan warna, yakni Iron Grey dan Lake Blue. Kedua warna ini memiliki kontras yang cukup, memberikan pilihan sesuai selera. Jika lebih suka yang gelap dan netral, Iron Grey dapat menjadi pilihan. Sebaliknya, bagi yang menginginkan tampilan cerah, bisa memilih Lake Blue.

Dari segi dimensi, ponsel ini memiliki ukuran 165.2 x 76.4 x 8.9 mm dan berbobot 190 gram. Tombol power dan volume ditempatkan di sisi kanan. Sementara itu, port jack audio 3.5mm, mikrofon, dan port micro USB berada di bagian bawah. Realme C20 tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Apakah Realme C20 tahan air?

Tidak, ponsel ini tidak memiliki rating IP68 yang menunjukkan ketahanan terhadap air. Meskipun demikian, realme menyatakan bahwa HP ini memiliki desain tahan percikan air (splash-resistant). Ini berarti, ponsel hanya tahan terhadap cipratan air dan tidak dianjurkan untuk dibawa ke dalam air.

Untuk memastikan keamanan, disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan realme C20 di dekat air. Atau, sebagai langkah perlindungan ekstra, pengguna dapat menggunakan case tahan air.

Berapa ukuran layar Realme C20?

HP Realme C20 menghadirkan layar berukuran cukup besar, yakni 6,5 inci, semakin menambah kenyamanan dengan desain waterdrop notch di bagian atasnya.

Dengan ukuran layar yang luas seperti ini, pengguna dapat menikmati kenyamanan saat bermain game, menjelajah internet, atau menonton video di HP Realme seri C20. Kelegaan penggunaan juga didukung oleh lapisan Gorilla Glass 3 pada layarnya, memberikan perlindungan tambahan dari goresan.

Dari segi visual, ponsel ini menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ sebesar 720 x 1600 piksel. Meskipun spesifikasi ini tidak terlalu istimewa, namun sesuai dengan kelas entry level-nya. Secara keseluruhan, tingkat kecerahan layarnya cukup baik dan dapat digunakan di luar ruangan. Namun, di bawah sinar matahari yang sangat terang, mungkin akan sedikit sulit untuk melihat isi layar.

Bagaimana konfigurasi kamera Realme C20?

HP ini masih menggunakan kamera tunggal pada bagian belakangnya dengan resolusi 8 MP dan bukaan f/2.0. Karena termasuk dalam kategori HP entry level, tentu saja hasil fotonya tidak sejernih kamera dengan resolusi yang lebih tinggi. Saat di-zoom, gambar kehilangan detail dan memiliki saturasi yang agak berlebihan.

Meskipun demikian, kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera HP ini tidak terlalu mengecewakan. Untuk foto potret, kamera ini mampu menciptakan efek blur yang cukup dapat diandalkan, memberikan fokus yang baik pada objek yang difoto.

Selain itu, kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti Night Mode, Panoramic View, Expert, Timelapse, Portrait Mode, HDR, Ultra Macro, AI Beauty, Filter, dan Chroma Boost. Fitur Chroma Boost menjadi unggulan karena dapat meningkatkan warna dan membuat gambar terlihat lebih hidup.

Pada kamera depannya, ponsel ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 MP. Meskipun detailnya kurang optimal, hasil selfie yang memadai masih dapat dicapai jika berada di lokasi dengan cahaya yang cukup. Secara keseluruhan, kamera ini masih cukup baik untuk mengambil potret kasual yang akan diunggah di media sosial.

Tidak hanya untuk foto, Realme C20 juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p@30fps, baik menggunakan kamera depan maupun kamera belakangnya.

Berapa RAM HP Realme C20?

Realme C20 dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Kapasitas tersebut mungkin terbilang tidak terlalu besar dan dapat mempengaruhi kinerja serta ruang penyimpanan. Untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan dan memberikan lebih banyak ruang di ponsel, pengguna dapat memanfaatkan kartu memori eksternal atau microSD. Ponsel ini mendukung penggunaan microSD dengan kapasitas hingga 256 GB.

Bagaimana performa Realme C20?

Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G35 dan berjalan pada sistem operasi Android 10, sebenarnya kinerja HP ini cukup efisien dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari menggunakan media sosial, melakukan chatting, menjelajah internet, hingga menonton video. Selain itu, performa dapur pacu ini juga membantu HP menjadi lebih hemat daya dan memiliki masa pakai baterai yang lebih lama.

Apakah Realme C20 termasuk HP gaming?

Realme C20 bukanlah HP yang dirancang khusus untuk gaming, tetapi Anda dapat memainkan game di ponsel ini tanpa hambatan. Dari hasil pengujian, permainan seperti Subway Surfers berjalan lancar selama 35 menit dengan hanya sedikit penurunan daya sekitar 4%.

Hal yang sama berlaku ketika memainkan Dr. Driving. Tidak ada noise atau lag yang muncul selama bermain game. Selama 40 menit, daya hanya berkurang sekitar 3%.

Dengan kata lain, realme C20 masih dapat digunakan dengan aman untuk bermain game. Selain dari segi performa, layar ponsel ini juga cukup besar, dan dengan kapasitas baterai yang besar, pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan.

Berapa mAh baterai HP Realme C20?

HP ini memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh yang cukup tahan lama. Realme mengklaim bahwa smartphone ini dapat bertahan hingga 2 hari dalam keadaan standby. Untuk aktivitas sehari-hari, baterai Realme C20 memungkinkan pengguna untuk menggunakan WhatsApp selama 1,46 jam, melakukan panggilan selama 2,19 jam, menonton YouTube selama 1,29 jam, dan mendengarkan Spotify selama 4,62 jam.

Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya fitur Super Power Saving Mode yang membantu menghemat daya. Ketika baterai tinggal 5%, pengguna masih dapat menggunakan HP untuk menonton YouTube selama 77 menit.

Tidak hanya itu, HP Realme ini juga dilengkapi dengan fitur reverse charging, memungkinkan pengguna menjadikan baterai ponsel ini sebagai semacam power bank untuk mengisi daya perangkat lain.

Apakah Realme C20 sudah fast charging?

Tidak, ponsel ini belum dilengkapi dengan teknologi Fast Charging dan hanya menggunakan charger 10W. Sebagai akibatnya, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya hingga penuh cukup lama, sekitar tiga jam.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.