Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20 (2021)

Vivo Y20 2021, sebuah smartphone dengan harga yang terjangkau yang diluncurkan pada tahun 2021, berhasil menarik perhatian para pencinta smartphone. Dengan harga sekitar 2 jutaan, ponsel ini menawarkan spesifikasi yang sudah menjadi ciri khas dari seri Y. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan desainnya, baterai yang tahan lama, dan penyimpanan yang besar pada seri ini, bukan?

Vivo Y20 (2021)
Spesifikasi Vivo Y20 2021
  • Rilis : Maret 2021
  • Layar : 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y20 (2021) dan Harganya

Tak perlu khawatir tentang performanya, karena Vivo Y20 2021 menjanjikan kinerja yang handal sehingga bisa diandalkan sebagai perangkat sehari-hari. Meskipun pada pandangan pertama ponsel ini tampak serupa dengan pendahulunya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak informasinya berikut ini.

Baca juga : Yuk, Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60

Kelebihan Vivo Y20 (2021)

Vivo memang terkenal dengan ponsel entry-level yang memenuhi kebutuhan banyak pengguna. Dan bagi yang mencari desain yang menawan dan daya tahan baterai yang kuat, Vivo Y20 2021 adalah pilihan yang tepat. Namun, Vivo Y20 2021 memiliki kelebihan yang lebih dari itu. Yuk, mari kita telusuri beberapa keunggulannya yang menarik.

1. Desain yang Kekinian

Dari sekilas pandang, desainnya yang berkilau membuat bodi polikarbonatnya tampak seolah-olah terbuat dari kaca. Material plastik yang digunakan pada smartphone Vivo Y20 2021 terlihat mewah dan jauh dari kesan murah. Kamu bisa memilih antara dua warna yang tersedia, yaitu Dawn White dan Nubela Blue, yang dihadirkan oleh Vivo.

Dengan desain 2.5D yang memberikan kesan ramping, Vivo Y20 2021 memiliki bobot yang tidak lebih dari 192 gram. Selain itu, ketebalannya hanya sekitar 8.41 mm saja, sehingga Vivo berani menyebutnya sebagai ponsel yang "ramping". Bagi kamu yang menyukai ponsel yang tipis, Vivo Y20 2021 adalah pilihan utama saat ingin membeli smartphone baru.

2. Penyimpanan yang Luas

Kelebihan berikutnya adalah kapasitas penyimpanan yang luas pada Vivo Y20 2021. Meskipun tidak menjadi yang terbaik di kelasnya, Vivo Y20 2021 menawarkan RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan internal sebesar 64GB. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang memori smartphone yang penuh.

Namun, diakui bahwa RAM 4GB dengan ROM 64GB mungkin masih terasa kurang bagi sebagian orang. Untuk mengatasi hal ini, Vivo Y20 2021 dilengkapi dengan slot microSD yang memungkinkan kamu untuk memperluas memori hingga 256GB.

3. Baterai yang Besar dan Tahan Lama

Salah satu kelebihan yang selalu dinantikan oleh pengguna smartphone adalah daya tahan baterai yang besar. Meskipun memiliki desain ramping, Vivo berhasil menyematkan baterai berkapasitas 5.000mAh pada perangkat ini. Vivo Y20 2021 juga dilengkapi dengan teknologi hemat daya AI yang diklaim mampu bertahan hingga hampir 15 jam untuk streaming film HD.

Selain memiliki baterai yang besar dan tahan lama, Vivo Y20 2021 juga mendukung fitur reverse charging, yang memungkinkan kamu untuk berbagi daya saat diperlukan.

4. Konektivitas Wi-Fi 5GHz yang Lebih Stabil

Bagi para pengguna yang anti lemot saat menggunakan Wi-Fi, kelebihan yang satu ini pasti ditunggu-tunggu. Kecepatan transmisi data pada sebuah smartphone bergantung pada konektivitas yang disediakan oleh ponsel tersebut. Vivo Y20 2021 mendukung konektivitas Wi-Fi 5GHz, yang membuat aliran data menjadi lebih stabil.

Untuk informasi, Wi-Fi 5 memiliki keunggulan kecepatan data yang lebih tinggi, lebih sedikit rentan terhadap gangguan, dan biasanya memiliki lebih sedikit perangkat yang menggunakan frekuensi yang sama.

5. Side Fingerprint yang Mudah Digunakan

Keamanan ponsel adalah hal yang penting untuk diperhatikan ketika memilih smartphone baru. Kamu tidak perlu khawatir tentang sistem pembukaan kunci pada Vivo Y20 2021 karena telah dilengkapi dengan side fingerprint atau sensor sidik jari di samping. Vivo mengklaim bahwa side fingerprint pada Y20 2021 dapat membuka kunci smartphone hanya dalam waktu 0,22 detik. Sangat responsif, bukan?

Itulah beberapa kelebihan menarik yang dimiliki oleh Vivo Y20 2021. Dengan desain yang kekinian, penyimpanan yang luas, baterai yang besar dan tahan lama, konektivitas Wi-Fi 5GHz yang stabil, serta side fingerprint yang mudah digunakan, Vivo Y20 2021 menjadi pilihan menarik bagi para pengguna smartphone.

Baca juga : Ini Dia 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

Kekurangan Vivo Y20 (2021)

Vivo Y20 2021 memang memiliki kelebihan yang menarik, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Mari kita bahas lebih dalam mengenai kekurangan perangkat ini, mulai dari layar, chipset, hingga sensor kamera.

1. Layar dengan Resolusi HD+

Salah satu kekurangan yang dapat ditemui pada Vivo Y20 2021 terletak pada layarnya. Meskipun memiliki ukuran yang memuaskan dengan Ultra All Screen berukuran 6,51 inci dan rasio 20:9, resolusinya hanya HD+ pada panel IPS LCD.

Jika kamu menginginkan pengalaman menonton video dengan kualitas tampilan yang lebih baik, kamu mungkin perlu mempertimbangkan opsi lain. Namun, Vivo menyertakan mode Eye Protection yang membantu mengurangi pencahayaan biru pada layar, sehingga penggunaan perangkat ini tetap nyaman bagi mata.

2. Chipset yang Tertinggal

Vivo Y20 2021 memiliki kekurangan pada sektor dapur pacunya. Perangkat ini menggunakan chipset MediaTek Helio P35 yang dirilis pada tahun 2019. Dengan proses fabrikasi 12nm dan kecepatan clock 2,3GHz, performanya tidak sebanding dengan pesaingnya yang lebih baru. 

Kinerja ponsel ini lebih cocok untuk tugas ringan hingga sedang dalam penggunaan sehari-hari. Jika kamu merupakan penggemar game berat, Vivo Y20 2021 mungkin tidak menjadi pilihan yang tepat. Namun, fitur seperti Multi Turbo 3.0 dan Ultra Game Mode dapat membantu menjalankan game yang lebih ringan dengan lancar.

3. Kombinasi Kamera yang Terbatas

Bagi pengguna yang tertarik pada fotografi mobile, Vivo Y20 2021 mungkin tidak memenuhi ekspektasi. Ponsel ini tidak ditujukan untuk pengguna yang mengutamakan fotografi. Dengan konfigurasi kamera belakang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera super bokeh 2MP, dan kamera 2MP, serta kamera depan 8MP, Vivo Y20 2021 tidak sebanding dengan persaingannya di kisaran harga yang sama. Perangkat dengan harga lebih terjangkau masih menawarkan kombinasi sensor kamera yang lebih baik.

4. Penggunaan Micro USB

Berbeda dengan trend smartphone saat ini yang beralih ke USB Type-C, Vivo Y20 2021 masih menggunakan port micro-USB. Hal ini menyebabkan perangkat ini kehilangan keuntungan dari fitur fast charging dan efisiensi yang ditawarkan oleh USB Type-C. Namun, jika kamu hanya mencari kapasitas daya yang besar, hal ini mungkin bukan masalah yang besar.

Demikianlah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli Vivo Y20 2021. Secara keseluruhan, perangkat ini cocok digunakan sebagai daily driver untuk pelajar karena daya tahan baterai yang lama dan layar yang besar. Penyimpanan yang luas juga cocok untuk menyimpan berbagai file. Tetaplah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ini sebelum membuat keputusan pembelian.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.