Yuk, Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60

Perangkat baru yang dilengkapi dengan kombinasi sensor kamera berkualitas tinggi untuk menghasilkan foto dan video yang menarik adalah impian banyak pengguna smartphone. Banyak merek smartphone yang menjalin kemitraan dengan produsen kamera terkenal guna meningkatkan kemampuan fotografi pada perangkat mereka.

Vivo X60
Spesifikasi Vivo X60
  • Rilis : April 2021
  • Layar : 6.56 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7nm)
  • GPU : Adreno 650
  • RAM : 8GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 13 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4300 mAh, Fast Charging 33W

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo X60 dan Harganya

Kerjasama antara produsen smartphone dan produsen kamera bukanlah konsep baru, contohnya adalah kolaborasi antara Huawei dan Leica dalam seri P dan Mate mereka. Mengikuti jejak tersebut, Vivo juga telah membangun kemitraan dengan Zeiss untuk pertama kalinya dalam seri terbarunya, yaitu Vivo X60.

Vivo sebelumnya telah berupaya meningkatkan kualitas fotografi pada seri X50 yang dirilis tahun lalu. Namun, dengan adanya kemitraan baru bersama Zeiss ini, Vivo ingin memastikan bahwa target pasar mereka benar-benar menghargai keunggulan kamera yang ditawarkan oleh penerus seri X50 sejak awal.

Dengan komponen-komponen menarik yang dihadirkan dalam Vivo X60, penting untuk membahas kelebihan dan kekurangannya secara lebih mendalam. Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur unggulan dan juga beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan Vivo X60.

Baca juga : Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 Pro

Kelebihan Vivo X60

Meskipun fokus utama Vivo X60 adalah pada kemampuan kamera yang unggul, namun sebenarnya smartphone ini juga menawarkan berbagai keunggulan menarik mulai dari desain hingga fitur-fitur lainnya. Tanpa berlama-lama, mari kita bahas beberapa kelebihan Vivo X60 yang patut untuk diketahui.

1. Desain yang Menarik dan Modern

Vivo telah berhasil menghadirkan desain yang menarik pada X60, mengadopsi semangat desain dari seri Oppo. Saat melihatnya, X60 dengan X60 Pro terlihat seperti saudara kembar yang dapat segera menarik perhatian kita. Desain gradien pada bagian belakangnya memberikan tampilan yang unik. Vivo menyediakan dua variasi warna untuk X60, yaitu Midnight Black dan Shimmer Blue.

Selain desainnya, perlu diperhatikan bahwa Vivo X60 juga mengikuti tren saat ini dengan bodi yang ramping dan ringan. Dengan menggunakan material plastik, bobotnya hanya 176 gram, sehingga tidak terasa berat saat digunakan. Ketebalannya hanya 7,44 mm, memberikan tampilan yang modern dan menarik.

2. Layar AMOLED 120Hz dengan Resolusi Full HD+

Vivo X60 hadir dengan layar berukuran 6,56 inci dan resolusi 1080 x 2376 piksel (Full HD+), dengan kerapatan layar 398 ppi. Layar ini mendukung HDR10+ dan memiliki kecepatan refresh tinggi 120Hz, sehingga memberikan tampilan yang sangat halus. Kecepatan refresh tinggi ini didukung oleh touch sampling rate 240Hz, yang memungkinkan pengguna untuk bermain game dan menjelajahi antarmuka dengan responsif.

Kecepatan refresh 120Hz dapat diatur secara manual atau diatur untuk berubah secara dinamis sesuai dengan kebutuhan. Mode 120Hz memberikan pengalaman yang mengesankan dengan refresh rate 200% lebih cepat dibandingkan dengan smartphone dengan kecepatan refresh standar.

Layarnya juga memiliki desain punch-hole di tengah bezel atas yang kecil, tidak mengganggu saat menonton film. Dengan rasio screen-to-body mencapai 92,7%, layar ini sangat cocok untuk bermain game dan menikmati media. Untuk perlindungan ekstra, Vivo juga menggunakan Corning Gorilla Glass 6 untuk kekuatan dan ketahanan layar.

3. Performa Tangguh

Selain tampilan, Vivo X60 juga menawarkan performa yang handal. Meskipun menggunakan chipset yang berbeda, namun kinerjanya tetap dapat diandalkan. Smartphone ini didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 870, yang merupakan versi yang diperbarui dari Snapdragon 865 tahun sebelumnya. Dengan prosesor octa-core 5G, Vivo X60 dapat menghadle pemrosesan dengan lancar.

Snapdragon 870 menggunakan inti Cortex A77 yang sama untuk menjalankan CPU Kryo 585 Prime dan Gold untuk kinerja, serta inti Cortex A55 dengan CPU Kryo 585 Silver untuk efisiensi. Meskipun tidak sekuat versi teratas Snapdragon 888, namun Vivo X60 tetap unggul dalam kelasnya dan menawarkan performa yang baik untuk berbagai keperluan mulai dari penggunaan standar hingga berat.

Untuk mendukung performanya, Vivo juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar. Vivo X60 dilengkapi dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 sebesar 128GB.

4. Kamera ZEISS untuk Hasil yang Luar Biasa

Salah satu perbedaan utama antara Vivo X60 dan X60 Pro adalah aperture kamera utamanya. Meskipun keduanya memiliki tiga kamera dengan resolusi 48MP, Vivo X60 memiliki aperture f/1.79.

Selain perbedaan aperture, sensor kamera utama pada kedua smartphone memiliki ukuran dan ukuran piksel yang sama. Demikian juga dengan dua sensor kamera lainnya, yaitu kamera ultra-wide 13MP dan kamera telefoto 13MP yang juga berfungsi sebagai sensor depth dengan zoom optik 2x. Di bagian depan, keduanya dilengkapi dengan kamera selfie 32MP yang menghasilkan potret yang menawan.

Tidak hanya kemampuan fotografi yang menakjubkan, Vivo X60 juga memiliki kemampuan videografi yang handal. Pengguna dapat merekam video hingga 4K pada 30/60 fps untuk konten atau dokumentasi momen berharga.

5. Kapasitas Baterai yang Besar

Salah satu kelebihan lain dari Vivo X60 adalah kapasitas baterainya yang besar. Dengan kapasitas 4.300 mAh, X60 memiliki keunggulan dibandingkan dengan versi X60 Pro. Dengan kapasitas ini, perangkat ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan standar.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Vivo X60. Smartphone ini tidak hanya menawarkan kamera yang unggul, tetapi juga desain menarik, layar berkualitas, performa tangguh, dan kapasitas baterai yang besar.

Baca juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20s G

Kekurangan Vivo X60

Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan Vivo X60 yang perlu diketahui sebagai pertimbangan lebih lanjut:

1. Tidak Memiliki IP Rating

Vivo X60 tidak dilengkapi dengan IP Rating, yang berarti tidak ada perlindungan resmi terhadap debu dan air. Hal ini membuat perangkat ini rentan terhadap lingkungan yang berdebu atau basah.

2. Fast Charging Hanya 33W

Meskipun Vivo X60 mendukung fast charging 33W, kecepatan pengisian daya ini terbilang rendah dibandingkan dengan beberapa merek lain yang menawarkan fast charging yang lebih cepat. Ini mungkin menjadi kekecewaan bagi pengguna yang menginginkan pengisian daya yang lebih cepat.

3. Tidak Ada Slot MicroSD

Vivo X60 tidak menyediakan slot kartu microSD, yang berarti tidak ada opsi untuk memperluas penyimpanan internal. Pengguna harus puas dengan konfigurasi bawaan 8GB RAM + 128GB penyimpanan yang disediakan oleh Vivo.

Itulah beberapa kekurangan Vivo X60, smartphone dengan fitur unggulan pada sensor kamera dan layarnya. Jika tertarik dengan perangkat ini, harga Vivo X60 berkisar di sekitar 7 jutaan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.