9 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Vivo Y20s (G)

Vivo kembali menghadirkan ponsel terbarunya di segmen entry level dengan meluncurkan varian Y20s [G]. Dalam kisaran harga yang terjangkau, Vivo Y20s [G] menawarkan opsi menarik bagi pengguna yang ingin memiliki smartphone baru tanpa harus mengeluarkan budget yang besar.

Vivo Y20s (G)
Spesifikasi Vivo Y20s (G)
  • Rilis : Februari 2021
  • Layar : 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio G80 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y20s (G) dan Harganya

Vivo telah terkenal dengan berbagai pilihan smartphone yang sesuai dengan selera pasar dan juga ramah di kantong. Dengan keberadaan Y20s [G], Vivo membuktikan komitmennya untuk memberikan variasi pilihan kepada pengguna.

Meskipun diluncurkan tahun sebelumnya, Vivo Y20s [G] masih tetap menarik untuk dipertimbangkan sebagai pilihan smartphone di tahun 2022. Penamaan 'G' yang disematkan pada ponsel ini menunjukkan bahwa Vivo Y20s [G] ditujukan sebagai ponsel gaming.

Bagi para penggemar game, hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Jika kamu tertarik dengan Vivo Y20s [G], ada baiknya kamu mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga : Sebelum Beli, Baca Dulu 11 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y51A

Kelebihan Vivo Y20s (G)

Pada setiap smartphone terbarunya, Vivo tak lupa selalu menyertakan keunggulan berupa desain yang apik dan performa yang tangguh. Nah, Vivo Y20s [G] tentu saja tak luput dari perhatian karena menawarkan deretan kelebihan yang sulit untuk dilewatkan. Mari membahas lebih lanjut mengenai kelebihan Vivo Y20s [G].

1. Desain 2.5 Dazzling Colors

Vivo Y20s [G] menampilkan desain yang memikat dengan 2.5 Dazzling Colors. Dengan lengkungan 2.5D yang elegan, ponsel ini memberikan kesan kompak dan ringan. Tersedia dalam dua varian warna, Pursit Blue dan Obsidian Black, Vivo Y20s [G] menunjukkan perpaduan desain yang tidak mencolok namun tetap menarik perhatian.

2. Ultra Fast Side Fingerprint

Tak perlu lagi berurusan dengan fingerprint di bagian punggung, Vivo Y20s [G] telah dilengkapi dengan Ultra Fast Side Fingerprint. Sistem unlock sidik jari samping ini mengklaim dapat membuka perangkat dalam hitungan 0.17 detik saja. Selain itu, teknologi Face Access juga tersedia sebagai opsi lain yang responsif.

3. Performa Tangguh

Dibekali dengan chipset Helio G80, Vivo Y20s [G] menawarkan performa yang tangguh untuk segmen entry level. Prosesor Octa-core dengan clock-speed hingga 2.0GHz memberikan kecepatan dan keandalan yang diperlukan. Dengan optimalisasi daya hingga 98%, GPU yang disertakan menampilkan kinerja yang lebih baik daripada pendahulunya. Dukungan teknologi HyperEngine Game membuat pengalaman bermain game semakin lancar dan responsif.

4. Baterai Besar dan Tahan Lama

Vivo Y20s [G] memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dan teknologi fast charging 18W, memungkinkan penggunaannya sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya. Dalam waktu kurang dari 2 jam, baterai dapat terisi penuh. Dengan fitur AI hemat daya, Vivo Y20s [G] dapat bertahan hingga 20 jam saat menonton streaming film HD.

5. Penyimpanan Lega

Dalam hal penyimpanan, Vivo Y20s [G] tidak akan mengecewakan. Dengan RAM 4GB dan memori internal hingga 128GB, pengguna dapat dengan leluasa menyimpan aplikasi, foto, video, dan file lainnya. Jika kapasitas masih dirasa kurang, Vivo Y20s [G] juga menyediakan slot memori eksternal untuk menambahkan kartu microSD hingga 1TB.

Vivo Y20s [G] merupakan pilihan menarik bagi pengguna yang menginginkan smartphone dengan performa memukau dalam segmen entry level. Dengan desain yang menawan, fitur keamanan canggih, performa yang tangguh, daya tahan baterai yang luar biasa, dan kapasitas penyimpanan yang lega, Vivo Y20s [G] memberikan nilai tambah yang sulit untuk dilewatkan. Apakah kamu siap memilih Vivo Y20s [G] sebagai perangkat setia kamu?

Baca juga : Yuk Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

Kekurangan Vivo Y20s (G)

Jangan buru-buru memilih Vivo Y20s [G] menggantikan smartphone lama kamu. Di antara banyaknya kelebihan yang terdapat pada perangkat ini, masih ada beberapa bagian yang menjadi kekurangannya. Agar tidak salah pilih, ketahui beberapa kekurangan Vivo Y20s [G] berikut ini.

1. Layar Masih Beresolusi HD Plus

Meskipun Vivo Y20s [G] memiliki layar yang cukup luas dengan ukuran 6,51 inci, namun resolusinya masih berada pada tingkat HD Plus, yaitu 720 x 1600 pixel. Hal ini bisa menjadi kekurangan bagi mereka yang mengharapkan kualitas tampilan yang lebih tajam dan jernih.

Di kisaran harga 2 jutaan, tersedia banyak pilihan smartphone, terutama dari Xiaomi, yang menawarkan kualitas layar yang lebih baik, bahkan dengan resolusi Full HD+. Namun, jika kamu tidak terlalu mempermasalahkan kualitas panel layar, Vivo Y20s [G] masih merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan.

2. Sensor Kamera Kurang Bersaing

Meskipun Vivo Y20s [G] dilengkapi dengan tiga kamera di bagian belakangnya, namun sensor yang digunakan masih memiliki keterbatasan. Kamera utamanya memiliki resolusi 13MP, sedangkan dua sensor lainnya adalah kamera makro dan depth dengan resolusi 2MP. 

Sayangnya, Vivo Y20s [G] tidak menyediakan kamera ultra-wide, yang menjadi fitur yang populer pada banyak smartphone di segmen yang sama. Bahkan, sejumlah merek smartphone menawarkan kamera utama dengan resolusi minimal 48MP di kisaran harga 2 jutaan. Oleh karena itu, jika kamu mengutamakan fotografi, Vivo Y20s [G] mungkin tidak menjadi pilihan terbaik.

3. Tidak Memiliki Proteksi Layar

Salah satu kekurangan Vivo Y20s [G] adalah absennya proteksi layar berupa Corning Gorilla Glass. Hal ini membuat layarnya rentan terhadap goresan dan kotoran sehari-hari. Jika kamu ingin menjaga layar smartphone tetap terlindungi, kamu harus memasang pelindung layar tambahan sendiri.

Meskipun kekurangan ini masih dapat ditoleransi, mengingat masih ada beberapa smartphone lain yang juga tidak menyediakan perlindungan serupa, namun tetap menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan.

4. Menggunakan Port Micro-USB

Vivo Y20s [G] masih menggunakan kabel micro-USB 2.0 untuk pengisi daya dan transfer data. Hal ini berarti kecepatan transfer datanya berbeda dengan yang dapat dicapai menggunakan USB Type-C. Vivo tidak melakukan upgrade pada port USB, sehingga pengguna harus puas dengan keterbatasan yang ada pada micro-USB.

Meskipun hal ini mungkin tidak terlalu signifikan bagi beberapa pengguna, bagi yang menginginkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, Vivo Y20s [G] mungkin tidak memenuhi harapan.

Dalam memilih smartphone, tidak hanya kelebihannya yang perlu diperhatikan, namun juga kekurangannya. Vivo Y20s [G], meskipun menawarkan performa yang tangguh dan daya tahan baterai yang baik, memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan.

Jika kamu mencari smartphone dengan fokus pada fotografi dan visualisasi yang memuaskan, mungkin ada pilihan lain yang lebih cocok. Namun, jika kamu lebih mengutamakan performa dan daya tahan baterai, Vivo Y20s [G] masih menjadi pilihan yang berani bersaing.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.