Yuk Simak 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

Tahun 2022 menjadi momen penting bagi Samsung dengan kehadiran Galaxy S22 Ultra sebagai versi tertinggi dalam jajaran S-series yang baru saja diluncurkan. Perangkat ini membuktikan pemahaman yang mendalam dari Samsung terhadap keinginan konsumen akan smartphone yang powerful dan dilengkapi dengan fitur terbaik, yang warisan dari Galaxy Note tak terbantahkan. Dan tentu saja, sorotan utama Galaxy S22 Ultra adalah kehadiran S Pen yang telah disertakan.

Samsung Galaxy S22 Ultra
Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra
  • Rilis : Februari 2022
  • Layar : 6.8 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1
  • GPU : Adreno 730
  • RAM : 8GB, 12 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 10 MP (periscope telephoto), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 40 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 5000 mAh, Fast Charging 45W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra dan Harganya

Namun, kehebatan Galaxy S22 Ultra tidak berhenti pada S Pen saja. Terdapat sejumlah fitur menarik yang membuat smartphone ini, dengan harga yang mencapai belasan juta, sangat memukau. Mulai dari peningkatan sensor kamera yang luar biasa, layar yang lebih memukau, hingga dukungan teknologi fast charge yang lebih cepat. Tetapi, agar semakin meyakinkan untuk memilih Samsung Galaxy S22 Ultra sebagai daily driver, mari kita eksplorasi lebih dalam kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra

Sebagai andalan Samsung dalam segmen smartphone high-end, Samsung Galaxy S22 Ultra menawarkan beragam kelebihan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Banyak yang menganggap Galaxy S22 Ultra sebagai versi baru dari Galaxy Note karena membawa warisan keunggulan seri yang telah pensiun tersebut. Berikut adalah beberapa kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra yang dijamin akan memikat hati Anda.

1. Desain Kompak dan Simpel

Dalam sekilas pandang saja, Anda akan melihat perbedaan desain yang mencolok pada Galaxy S22 Ultra dibandingkan dengan kedua saudaranya di seri S22. Meskipun ukurannya lebih besar dan berat, hal ini bisa dimaklumi karena Galaxy S22 Ultra dirancang khusus untuk pengguna yang menginginkan tampilan yang luas dan tangguh.

Samsung telah memberikan perlindungan ganda pada bagian depan dan belakang perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass Victus Plus, yang dipadukan dengan bingkai aluminium lapis baja. Dengan tepian layar yang melengkung, Samsung juga menjamin kenyamanan penggunaan yang handal sepanjang hari. Selain itu, Galaxy S22 Ultra juga dilengkapi dengan rating IP68, yang berarti tahan terhadap kerusakan akibat air dan debu.

2. Fitur S Pen yang Menonjol

Tentu saja, fitur yang paling menonjol pada Galaxy S22 Ultra adalah kehadiran S Pen. Seperti Galaxy Note, S Pen pada Galaxy S22 Ultra dengan mudah dapat disimpan di dalam ponsel, sehingga sangat efisien. Samsung mengklaim telah meningkatkan responsivitasnya hingga 70% dan mengurangi latensi hingga 3 kali lipat, sehingga fitur ini dapat digunakan dengan sangat lancar di atas layar.

3. Layar Dynamic AMOLED 2X dengan Resolusi WQHD+

Sebagai smartphone flagship Samsung, Galaxy S22 Ultra hadir dengan layar terbesar dalam jajaran Galaxy S. Ponsel ini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X, yang menjamin tampilan warna yang kaya dengan tingkat hitam pekat yang optimal. Layarnya memiliki ukuran 6,8 inci yang lebar dan cocok untuk berbagai kegiatan digital. Layar ini menawarkan resolusi 3088 x 1440 (WQHD+) dengan kerapatan piksel sekitar 500 ppi.

Jangan lupa bahwa Galaxy S22 Ultra juga mendukung refresh rate tinggi hingga 120Hz yang diatur secara adaptif. Selain itu, ponsel ini dapat dengan mudah digunakan di luar ruangan bahkan di bawah sinar matahari langsung, karena merupakan salah satu layar smartphone dengan kecerahan tertinggi yang ada saat ini. Samsung mengklaim bahwa layarnya dapat mencapai kecerahan standar hingga 1250 nits, sementara dalam mode kecerahan yang ditingkatkan dapat mencapai 1750 nits.

4. Software Terkini

Galaxy S22 Ultra dilengkapi dengan Android 12 dan antarmuka pengguna Samsung One UI 4.1. Selain menyediakan fitur-fitur baru yang lebih memudahkan, ponsel ini juga menawarkan tampilan yang familiar dan praktis.

Kabar baiknya adalah Samsung menjanjikan pembaruan OS utama selama 4 tahun, yang merupakan jangka waktu yang lebih lama dibandingkan merek lain. Selain itu, Samsung juga menjamin pembaruan keamanan selama 5 tahun. Artinya, Anda akan menerima pembaruan Android versi 13, 14, 15, dan 16 di masa depan saat menggunakan Galaxy S22 Ultra. Sangat menarik, bukan?

5. Kamera Berkombinasi yang Hebat

Seperti Galaxy S21 Ultra tahun sebelumnya, Galaxy S22 Ultra dilengkapi dengan sensor utama 108 megapiksel, sensor ultrawide 12 megapiksel, dan dua lensa telefoto 10 megapiksel. Yang membedakan keduanya adalah klaim Samsung tentang kemampuan zoom dan fitur yang tersedia. Untuk kamera depannya, Anda dapat mengandalkan sensor 40MP yang terletak di dalam notch layar.

Samsung mengklaim bahwa kamera pada perangkat ini dilengkapi dengan fitur terbaru bernama Adaptive Pixel. Fitur ini menggabungkan resolusi dari sensor utama dengan teknik yang dikenal sebagai pixel binning. Berkat kemampuan kamera secara keseluruhan, Samsung juga mengklaim bahwa Galaxy S22 Ultra dapat memproses data empat kali lebih banyak.

6. Performa yang Kompetitif

Seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S22 Ultra menggunakan chipset yang berbeda-beda tergantung pada wilayahnya. Galaxy S22 tahun ini hadir dengan chipset Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 yang masih baru. Di Indonesia, Samsung Galaxy S22 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm).

Performanya tidak akan mengecewakan karena Samsung juga menyediakan varian dengan kapasitas penyimpanan yang beragam, untuk mendukung kinerjanya secara maksimal. Anda dapat memilih salah satu dari tiga varian kapasitas memori, yaitu 8/128 GB, 12/256 GB, dan 12/512 GB.

7. Baterai Besar dengan Fast Charging 45W

Dengan layar besar dan refresh rate yang tinggi, Galaxy S22 Ultra membutuhkan baterai dengan kapasitas besar. Anda tidak perlu khawatir, karena Samsung telah menyematkan baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung oleh teknologi fast charging 45W. Selain itu, tersedia juga fitur pengisian nirkabel 15W dan pengisian nirkabel terbalik 4,5W.

Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan smartphone dengan fitur-fitur unggulan. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, Anda akan semakin yakin memilih Galaxy S22 Ultra sebagai pilihan utama untuk menemani aktivitas sehari-hari Anda.

Baca juga : Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Meskipun Samsung Galaxy S22 Ultra menawarkan spesifikasi yang menarik, ada beberapa kekurangan yang juga perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

1. Harga yang Tinggi

Seperti yang telah diketahui, Samsung cenderung memberikan harga yang tinggi untuk perangkat high-end mereka. Varian dasar Galaxy S22 Ultra dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB dibanderol dengan harga setidaknya 17 jutaan. Sementara varian tertinggi dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 512 GB mencapai angka 20 jutaan.

2. Tidak Ada Slot microSD dan Jack Headphone

Samsung tidak menyediakan slot microSD pada smartphone flagship mereka. Hal ini berarti Anda tidak dapat memperluas kapasitas penyimpanan secara fisik dan harus mengandalkan penyimpanan online. Selain itu, Galaxy S22 Ultra juga tidak dilengkapi dengan port jack audio 3,5mm, yang berarti Anda harus menggunakan earbud atau headphone nirkabel.

Meskipun demikian, Samsung Galaxy S22 Ultra tetap menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan smartphone kelas atas. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, kelebihannya yang unggul membuatnya menjadi pilihan yang worth it, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.