Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22

Samsung Galaxy S22, sebagai varian mini dalam jajaran Galaxy S22 Series, menawarkan daya tarik bagi mereka yang mencari smartphone Android dengan ukuran yang tidak terlalu besar, mengikuti tren yang ada di segmen ini. Dengan layar berukuran 6,1 inci, perangkat ini tetap memancarkan keanggunan dengan desain premium yang dimilikinya.

Samsung Galaxy S22
Spesifikasi Samsung Galaxy S22
  • Rilis : Februari 2022
  • Layar : 6.6 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1
  • GPU : Adreno 730
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 3700 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S22 dan Harganya

Di Indonesia, Samsung Galaxy S22 dibanderol dengan harga mulai dari 11 jutaan, menjadikannya pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan S22 Plus dan S22 Ultra. Namun, apakah fitur dan spesifikasinya berbeda jauh?

Mari kita mengulas secara lebih mendalam tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 agar Anda bisa membuat pilihan yang tepat.

Baca juga : Menarik, Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus

Kelebihan Samsung Galaxy S22

Samsung Galaxy S22, versi mini dari Seri Galaxy S22, mungkin terlihat mirip dengan pendahulunya, Galaxy S21, pada pandangan pertama. Untuk menghindari kesalahpahaman, mari kita jelajahi keunggulan Samsung Galaxy S22 secara lebih detail.

1. Desain Premium dan Kokoh

Samsung telah meninggalkan model bodi glasstic untuk perangkat high-end terbarunya. Galaxy S22 lebih kokoh dari sebelumnya karena ditingkatkan dengan bingkai Aluminium Armor Samsung, memberikan kekuatan yang lebih baik. Ponsel ini menggunakan panel Gorilla Glass Victus Plus datar di bagian depan dan belakang, yang menjamin kualitas yang unggul.

Untuk memastikan perlindungan perangkat dari kerusakan eksternal, Samsung Galaxy S22 dilengkapi dengan rating IP68, fitur yang sudah tidak asing lagi bagi flagship Samsung. Ini berarti Samsung Galaxy S22 bahkan bisa dicelupkan ke kedalaman 1,5 meter selama 30 menit tanpa khawatir rusak.

Namun perlu diingat bahwa satu aspek yang hampir tidak berubah dari tahun lalu, seperti yang terlihat dalam acara Galaxy Unpacked, adalah tonjolan kamera Contour Cut di bagian belakang. Tersedia pilihan warna menarik, termasuk Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold. Mana yang menjadi favoritmu?

2. Layar Berkualitas Tinggi

Galaxy S22 menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X khas Samsung. Panel ini memiliki resolusi 2340 x 1080 piksel dengan kerapatan piksel 425 ppi, sehingga menjamin tampilan yang tajam. Samsung juga memasukkan kecepatan penyegaran maksimum 120Hz dan tingkat sampling sentuhan 240Hz. Layar datar pada ponsel ini juga mendukung HDR10+, yang menjamin kualitas konten video yang bagus.

Yang lebih menarik, Samsung menciptakan fitur baru bernama Vision Booster, yang dirancang untuk meningkatkan hal-hal seperti kontras dan saturasi warna dalam kondisi sangat terang atau redup. Samsung Galaxy S22 dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar atau in-display dengan tipe ultrasonic, yang menjamin responsivitas tinggi.

3. Performa Terpercaya

Galaxy S22 merupakan salah satu ponsel pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 terbaru dari Qualcomm. Pada perangkat ini, chip tersebut dikombinasikan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Jika tidak keberatan membayar satu juta tambahan, Anda bisa mendapatkan versi penyimpanan internal 256GB dengan kapasitas RAM 8GB.

Performa gaming juga menjadi sorotan dengan chipset yang digunakan dalam jajaran Galaxy S22. Menurut Qualcomm, GPU Adreno terbaru mereka menawarkan performa rendering 30% lebih cepat sambil mengonsumsi daya 25% lebih sedikit. Dengan kombinasi peningkatan kinerja dan fitur baru, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan tampilan yang menarik untuk flagship Android generasi berikutnya.

4. Sensor Kamera Unggulan

Samsung menonjolkan fitur kamera baru seperti Adaptive Pixel dan Nightography yang ditingkatkan. Galaxy S22 memiliki kamera utama 50MP, ultra-wide 12MP, dan telefoto 10MP. Dengan teknologi pixel binning, kamera utama mengambil gambar dengan resolusi 12MP.

Meskipun kamera telefoto Galaxy S22 mengalami penurunan dari 64MP pada Galaxy S21 menjadi 10MP pada model saat ini, Samsung menjanjikan zoom optik 3x yang lebih baik untuk hasil foto yang lebih menarik. Untuk selfie, panggilan video, dan penggunaan kamera depan lainnya, Samsung Galaxy S22 menawarkan resolusi 10MP dengan aperture f/2.2 dan sudut pandang 80 derajat.

Samsung juga menyediakan fitur baru seperti Auto Framing, yang berfungsi untuk melacak hingga 10 wajah saat merekam video. Selain itu, adanya Samsung Advanced OIS akan memastikan video Anda terlihat mulus dan bebas dari guncangan. Masih ragu dengan kemampuan kameranya?

5. Perangkat Lunak Terbaru

Galaxy S22 diluncurkan dengan antarmuka pengguna Samsung One UI 4.1 untuk Android 12. Jika Anda sudah terbiasa dengan iterasi sebelumnya dari Samsung One UI, edisi ini akan semakin menyenangkan, terutama karena Samsung telah menambahkan fitur kustomisasi dan privasi.

Selain itu, ada peningkatan menjanjikan pada Galaxy S22. Samsung menyediakan pembaruan perangkat lunak selama 4 tahun berturut-turut dan dukungan keamanan selama 5 tahun bagi penggunanya. Apakah Anda masih ingin menolak keunggulan ini?

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Kekurangan Samsung Galaxy S22

Setelah membahas kelebihannya, tidak lengkap rasanya tanpa mengungkapkan beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli Samsung Galaxy S22. Berikut adalah beberapa kekurangannya yang perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum mengeluarkan uang untuk smartphone ini.

1. Kapasitas Baterai yang Terbatas

Galaxy S22, S22 Plus, dan S22 Ultra hadir dengan kapasitas baterai yang berbeda-beda, sehingga pengguna Android dapat memilih sesuai preferensi mereka. Namun, masalah utama Galaxy S22 adalah kapasitas baterainya yang lebih kecil karena ukurannya yang lebih mini. Dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh, jangan berharap bisa menggunakan ponsel ini sepanjang hari tanpa henti.

Selain itu, Samsung Galaxy S22 tidak mendukung fast charge 45W seperti S22 Plus dan S22 Ultra. Untuk pengisian daya, Galaxy S22 hanya mendukung fast charging 25W. Jika Anda tidak memiliki mobilitas yang padat, masalah daya baterai ini mungkin bisa diabaikan.

2. Pilihan Penyimpanan yang Terbatas

Salah satu faktor penting saat membeli smartphone baru adalah kapasitas penyimpanan. Samsung Galaxy S22 tidak dilengkapi dengan slot microSD, sehingga Anda harus puas dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal maksimal 256GB. Berbeda dengan S22 Ultra yang menawarkan pilihan ROM hingga 512GB, Galaxy S22 hanya memberikan batas ROM 215GB.

Awalnya, kapasitas tersebut mungkin cukup untuk menyimpan berbagai file. Namun, di kemudian hari, pengguna harus secara manual mencadangkan file ke penyimpanan virtual agar mendapatkan kapasitas lebih.

3. Tidak Ada Jack Headphone

Seperti banyak smartphone flagship terbaru lainnya, Samsung Galaxy S22 juga tidak dilengkapi dengan jack headphone yang banyak digemari oleh pengguna. Oleh karena itu, jika Anda tetap ingin menggunakan jack headphone, pastikan untuk menyediakan konektornya terlebih dahulu.

Secara keseluruhan, Galaxy S22 adalah smartphone flagship terbaru yang layak untuk dibeli, terutama bagi mereka yang menyukai ponsel dengan ukuran yang ringkas. Dengan ukuran yang pas untuk digunakan dengan satu tangan dan lebih ringan daripada kedua saudaranya, Galaxy S22 akan menjadi andalan sehari-hari untuk kegiatan digital. Harganya dimulai dari sekitar 11 juta rupiah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.