8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Jajaran Galaxy A53 Series merupakan produk terbaru dari Samsung setelah sukses dengan Galaxy A52 Series. Di antara pilihan-pilihan tersebut, Samsung Galaxy A53 5G menonjol sebagai pilihan menarik jika Anda mencari smartphone 5G kelas menengah dari Samsung yang memiliki performa kuat.

Samsung Galaxy A53 5G
Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G
  • Rilis : Maret 2022
  • Layar : 6.5 inci FHD+ Super AMOLED 120Hz Infinity O display
  • Chipset : Exynos 1280
  • GPU : Mali-G68
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan : 32 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G dan Harganya

Ponsel baru yang cantik ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Kelebihan Samsung Galaxy A53 5G

Jika ditilik dari deretan spesifikasinya, Samsung Galaxy A53 5G memang cukup menarik. Kalian akan mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini.

1. Layar AMOLED 120 Hz

Samsung Galaxy A53 5G memukau dengan layarnya. Ia mengusung panel AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel). Yang lebih menarik lagi, kecepatan refresh layarnya telah ditingkatkan menjadi 120 Hz dari Galaxy A52 yang hanya 90 Hz.

Layar ini juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari di dalam layar dan fitur Always on Display (AoD), sehingga dapat digunakan dengan efisien. Selain itu, Galaxy A53 5G juga telah dilapisi Gorilla Glass 5 dari Corning untuk ketahanan lebih.

Baca juga : Daftar HP dengan RAM 6GB Murah Terbaik

2. Jaringan 5G dan Performa Kuat

Kelebihan yang jelas terlihat dari namanya adalah dukungan jaringan 5G pada Galaxy A53 5G. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Exynos 1280 (5G) buatan Samsung sendiri. Chipset ini menawarkan kinerja yang apik dengan CPU Octa-core yang terbagi menjadi dua kluster, masing-masing dengan clock speed 2,4 GHz dan 2 GHz.

Samsung mendukung performa tangguh ini dengan RAM berkapasitas besar hingga 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Jika itu masih kurang, Galaxy A53 5G juga mendukung kartu memori eksternal hingga 1 TB! Dengan begitu, Anda bisa menikmati kinerja Galaxy A53 5G yang gesit.

3. Baterai Awet

Seperti saudara-saudaranya, Galaxy A53 5G juga unggul dalam ketahanan daya. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh siap menemani aktivitas Anda hingga dua hari. Jika Anda memilih Samsung Galaxy A53 5G sebagai daily driver, Anda bisa yakin tidak akan cepat kehabisan daya.

4. Konektivitas Lengkap

Tak hanya smartphone 5G biasa, Galaxy A53 5G juga menawarkan konektivitas lengkap dan fitur-fitur canggih. Ia memiliki speaker stereo dengan output suara mantap yang didukung oleh Dolby Atmos. Selain itu, Samsung tak lupa menyertakan fitur NFC, menjadikannya paket lengkap untuk pengguna masa kini.

Baca juga : Daftar HP Samsung RAM 4GB Terbaru

5. Setup Kamera Unggul

Jika Anda gemar membuat konten, Galaxy A53 5G juga siap memberikan hasil terbaik. Kombinasi kamera belakangnya terdiri dari sensor utama 64 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP. Quad-kamera ini dilengkapi dengan flash LED dan memiliki kualitas yang unggul di kelasnya, sehingga mampu menghasilkan foto yang solid.

Selain fitur fotografi yang lengkap, kamera Galaxy A53 5G juga didukung Optical Image Stabilization (OIS) pada sensor utamanya. Bahkan menurut klaimnya, kamera utama ponsel ini dapat merekam video dengan resolusi UHD 4K (3840 x 2160 piksel) pada 30 frame per detik. Untuk selfie atau video call, Galaxy A53 5G menyediakan kamera depan dengan resolusi besar, yaitu 32 MP.

6. Bodi Ramping dan Kuat

Dimensinya yang ramping dan desainnya yang elegan membuat Galaxy A53 5G sangat menyenangkan untuk dilihat. Bobotnya yang ringan, hanya 189 gram, juga menjamin kenyamanan saat digenggam. Selain itu, Galaxy A53 5G telah mendapatkan sertifikasi IP67, yang berarti ia tahan terhadap air dan debu.

Baca juga : Sebelum Beli, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 3T

 Kekurangan Samsung Galaxy A53 5G

Setelah membahas mengenai kelebihan Samsung Galaxy A53 5G, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan

1. Tanpa Kepala Charger

Kehadiran kepala charger dalam paket penjualan Galaxy A53 5G tidak disertakan. Bagi yang sudah memiliki ponsel Samsung sebelumnya atau bersedia membeli charger terpisah, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagi yang baru menggunakan smartphone Android, absennya kepala charger ini bisa menjadi sedikit merepotkan.

2. Tipe Slot Hybrid

Galaxy A53 5G mendukung ekspansi microSD, namun tipe slot yang diusung adalah slot hybrid. Artinya, Anda harus memilih antara dual SIM stand-by atau single SIM + microSD.

Meskipun memiliki dua kekurangan tersebut, Samsung Galaxy A53 5G tetap layak untuk dibeli oleh para pencinta smartphone kelas menengah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.