Menarik, Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S22+

Pada awal Februari 2022, Samsung menggelar acara Galaxy Unpacked yang sangat dinantikan untuk memperkenalkan seri terbaru mereka, Galaxy S-series. Seri flagship ini terdiri dari tiga varian, yaitu Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy S22 Plus, dan yang paling eksklusif adalah Samsung Galaxy S22 Ultra. Melalui sistem pra-pesan (PO), Samsung menetapkan harga mulai dari 11 jutaan untuk jajaran S-series terbaru mereka.

Samsung Galaxy S22+
Spesifikasi Samsung Galaxy S22+
  • Rilis : Februari 2022
  • Layar : 6.6 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1
  • GPU : Adreno 730
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia
  • Kamera Belakang : 50 MP (wide), 10 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 10 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 4500 mAh, Fast Charging 45W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S22+ dan Harganya

Tentu saja, ketiga perangkat tersebut menawarkan daya tarik masing-masing, sehingga mungkin kita akan sedikit bingung dalam memilih varian yang tepat. Namun, jika Anda mencari kinerja yang tangguh tanpa harus menguras dompet, maka Samsung Galaxy S22 Plus bisa menjadi pilihan yang tepat. Mari kita eksplor lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus dalam artikel ini.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A33 5G

Kelebihan Samsung Galaxy S22+

Pada awal Februari 2022, Samsung menggelar acara yang ditunggu-tunggu, Galaxy Unpacked, untuk memperkenalkan seri terbarunya, Galaxy S-series. Dalam seri ini, terdapat tiga varian yang menarik perhatian, yaitu Samsung Galaxy S22, Samsung Galaxy S22 Plus, dan Samsung Galaxy S22 Ultra. Dengan harga mulai dari 11 jutaan, kita mungkin akan sedikit bingung memilih versi mana yang sesuai.

Namun, jika Anda mencari perangkat dengan performa tangguh tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, Samsung Galaxy S22 Plus bisa menjadi pilihan yang tepat. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Plus dalam artikel ini.

1. Desain Premium

Meskipun secara visual Galaxy S22 Plus mirip dengan pendahulunya, Samsung terkenal karena kemampuannya dalam menghadirkan desain premium untuk perangkat flagship. Pada Galaxy S22 Plus, Samsung menggunakan kerangka Armor Aluminium yang mampu menarik perhatian para penggemar Android yang menghargai tampilan yang istimewa. 

Perlindungan tambahan juga diberikan melalui kaca Gorilla Glass Victus+ yang melindungi bagian depan dan belakang perangkat. Samsung juga mempertahankan desain Contour Cut pada modul kamera belakang, memberikan sentuhan yang akrab.

Selain desainnya yang premium, Galaxy S22 Plus juga hadir dalam pilihan warna yang menarik, termasuk Phantom White, Pink Gold, Black, dan Green. Pilihan ini memungkinkan Anda menyesuaikan perangkat dengan gaya pribadi Anda.

2. Panel Dynamic AMOLED 2X

Samsung telah dikenal dengan panel Dynamic AMOLED 2X yang nyaman untuk dilihat. Galaxy S22 Plus juga dilengkapi dengan panel Dynamic AMOLED 2X, yang menjamin kualitas tampilan yang luar biasa saat menonton film atau menjalankan tugas sehari-hari. 

Dengan refresh rate tinggi hingga 120Hz dan touch sampling rate 240Hz, serta kecerahan puncak sebesar 1.750 nits, Galaxy S22 Plus menawarkan visibilitas yang menyenangkan bahkan saat digunakan di luar ruangan. Layarnya yang datar memiliki ukuran 6,6 inci dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

3. Performa yang Kompetitif

Samsung selalu menyematkan teknologi seluler terbaru pada flagship Galaxy S-series mereka setiap tahunnya. Untuk Galaxy S22 Plus, perangkat ini ditenagai oleh chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1, di pasar Indonesia. Dukungan 5G juga menjadi fitur standar di seluruh seri S22 tahun ini, memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan aktivitas digital mereka.

Dengan chipset 4nm yang canggih ini, Galaxy S22 Plus menjadi salah satu smartphone pertama yang mengadopsi Snapdragon 8 Gen 1. Kinerja yang handal didukung oleh RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128/256 GB, yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

4. Perangkat Lunak Terbaru

Salah satu keunggulan yang dicari oleh banyak pengguna Android adalah sistem operasi terbaru. Galaxy S22 Plus menjalankan Android 12 dengan antarmuka pengguna One UI 4.1, memberikan pengalaman yang unggul dan memuaskan.

Samsung juga berkomitmen untuk memberikan pembaruan OS Android selama empat tahun untuk Galaxy S22 Plus, memastikan perangkat ini tetap mendapatkan pembaruan hingga Android 16.

Selain itu, dukungan keamanan selama lima tahun juga disediakan. Tingkat dukungan perangkat lunak yang superior ini menjadi salah satu alasan mengapa seri Galaxy S22 terbaru sangat menarik perhatian.

5. Kualitas Kamera Optimal

Selain fitur yang mengesankan lainnya, Galaxy S22 Plus juga menawarkan kemampuan kamera yang tidak kalah menarik. Dengan kamera utama 50MP, kamera ultra-wide 12MP, dan kamera telefoto 10MP dengan zoom 3x, perangkat ini menjamin hasil foto yang optimal.

Sistem tiga kamera di bagian belakangnya sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan smartphone dengan kemampuan fotografi yang handal. Galaxy S22 Plus juga mampu merekam video hingga resolusi 8K pada 24 frame per detik, ideal untuk mengabadikan momen liburan atau keperluan konten media sosial.

6. Baterai yang Besar dan Tahan Lama

Galaxy S22 Plus dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh, yang dianggap standar. Anda tidak perlu khawatir tentang masa pakai baterainya sebagai perangkat sehari-hari. Jika baterai mulai habis, Anda dapat mengisi daya dengan cepat menggunakan fitur pengisian daya cepat 45W yang juga hadir di versi S22 Ultra.

Dengan desain yang menawan, layar yang memukau, performa yang kuat, perangkat lunak terbaru, kemampuan kamera yang optimal, dan baterai yang besar, Samsung Galaxy S22 Plus menawarkan paket lengkap bagi pengguna yang menginginkan pengalaman smartphone yang hebat. Dengan demikian, sulit untuk menolak pesonanya dalam kategori harga ini.

Baca juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G!

Kekurangan Samsung Galaxy S22+

Tentu saja, berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan pada Samsung Galaxy S22 Plus:

1. Pilihan Kapasitas Penyimpanan Terbatas

Salah satu kekurangan utama dari Galaxy S22 Plus adalah pilihan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Meskipun tersedia dalam dua variasi, yaitu RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB atau 256GB, tidak ada opsi untuk memperluas penyimpanan melalui slot microSD.

Hal ini bisa menjadi kendala bagi mereka yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, terutama bagi pengguna yang bekerja dengan banyak file. Perlu dicatat bahwa versi Galaxy S22 Ultra menawarkan opsi penyimpanan internal hingga 512GB, yang bisa menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

2. Kamera Selfie dengan Resolusi Rendah

Samsung tampaknya kurang memberikan perhatian pada kamera depan Galaxy S22 Plus. Dengan hanya kamera selfie 10MP, resolusinya tergolong rendah jika dibandingkan dengan pesaing di kelasnya. Bagi mereka yang mengutamakan kualitas selfie atau melakukan panggilan video yang sering, hal ini bisa menjadi kekurangan yang signifikan.

Meskipun Galaxy S22 Plus menawarkan banyak keunggulan, seperti desain premium, layar berkualitas tinggi, performa yang kuat, sistem operasi terbaru, dan kualitas kamera yang baik pada bagian belakang, kekurangan-kurangan ini harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan pembelian. Jika kualitas kamera selfie dan kebutuhan akan penyimpanan yang lebih besar adalah hal yang penting bagi Anda, Galaxy S22 Plus mungkin tidak menjadi pilihan terbaik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.