Yuk Ketahui 6 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16e

Varian Oppo A16e telah hadir sebagai saudara dari Oppo A16, dan siap menggoda para penggemar smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun dibanderol di kisaran 1 jutaan, Oppo A16e tetap menawarkan kelebihan yang menarik di kelas entry-level.

Oppo A16e
Spesifikasi Oppo A16e
  • Rilis : Juni 2022
  • Layar : 6.52 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio P22 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 3 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A16e dan Harganya

Mari kita lihat bersama-sama keunggulan dan kekurangan Oppo A16e!

Baca juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16 k yang Perlu Diketahui

Kelebihan Oppo A16e

Oppo tak ingin ketinggalan dalam persaingan ponsel kelas entri dari berbagai sisi. Hal tersebut terbukti dari keunggulan A16e berikut ini.

1. Desain Nyaman

Tidak perlu desain yang mencolok untuk menarik perhatian. Oppo A16e hadir dengan desain yang nyaman dan ergonomis. Ringan dan kompak, dengan dimensi 164 x 75.4 x 7.85 mm dan berat 175 gram, Oppo A16e mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Selain itu, ponsel ini telah dilengkapi dengan sertifikasi rating IPX4 yang menjamin ketahanan terhadap tetesan air hujan. Jadi, tak perlu khawatir saat digunakan saat gerimis.

2. Layar Lebar dengan All-day Eye Care

Nikmati visual yang mendukung untuk streaming dan berselancar di media sosial dengan layar lapang 6.52 inci Oppo A16e. Meskipun masih beresolusi HD Plus (720 x 1600 piksel) dan menggunakan panel IPS LCD, Oppo A16e menyajikan fitur All-day Eye Care.

Fitur ini terdiri dari Moonlight Display, Sunlight Display, dan AI Smart Backlight yang membuat mata kalian tidak cepat lelah saat menggunakan ponsel dalam waktu lama. Layarnya juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk proteksi dari goresan atau retakan kecil.

3. Baterai Awet dan Tahan Lama

Jangan tertipu dengan penampilan rampingnya, Oppo A16e menyimpan daya baterai yang kuat. Dengan kapasitas 4.320 mAh, ponsel ini mampu bertahan seharian berkat resolusi layarnya yang hanya HD Plus dan hemat daya.

Fitur-fitur AI yang mendukung juga membantu menjaga kesehatan baterai, seperti Optimized Night Charging, Super Power Saving Mode, dan Super Nighttime Standby. Jadi, ponsel ini siap menemani kalian seharian tanpa khawatir kehabisan daya!

4. Performa Mulus

Meskipun berada di kelas entry-level, Oppo A16e tidak kalah bertenaga. Ditenagai oleh Helio P22 dari MediaTek dengan CPU Octa-core kecepatan maksimum 2.0GHz, ponsel ini dikombinasikan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Dan jika kalian membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Oppo A16e juga mendukung ekspansi microSD hingga 1TB.

Fitur System Booster juga hadir untuk menghindari masalah overheating dan memberikan performa yang lancar untuk tugas sehari-hari. Oppo A16e berjalan dengan sistem operasi Android 11 dan ColorOS 11.1 yang memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

Baca juga : Baca Dulu 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s Sebelum Beli

Kekurangan Oppo A16e

Setelah membahas mengenai kelebihan Oppo A16e, mungkin beberapa di antara kalian sudah memantapkan hati memilihnya sebagai daily driver terbaru tahun ini. Namun ada baiknya untuk mempertimbangkan pula beberapa kekurangan Oppo A16e di bawah ini.

1. Kamera Downgrade

Sayangnya, Oppo A16e memiliki downgrade pada spesifikasi kameranya dibandingkan dengan saudaranya, Oppo A16. Dengan hanya kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP, ponsel ini kalah bersaing dengan para pesaing di harga yang sama yang sudah menawarkan kamera setup triple di bagian belakang. Tapi, jika kalian bukan penggemar fotografi, hal ini mungkin tidak menjadi masalah.

2. Belum Didukung Fast Charge

Daya baterai besar Oppo A16e tidak disertai dengan fitur fast charging. Ponsel ini hanya menawarkan output 10W, yang membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk mengisi daya baterai penuh. Padahal, di kelas entry-level saat ini, fitur fast charging sangat diandalkan.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Oppo A16e, kalian mungkin sudah lebih siap untuk memutuskan apakah ponsel ini cocok menjadi daily driver terbaru kalian. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, Oppo A16e tetap menawarkan gaya mewah dengan budget terjangkau.

Jadi, jika kalian mencari ponsel cantik dengan mobilitas padat, Oppo A16e patut dipertimbangkan. Selamat memilih smartphone baru dengan budget terbatas!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.