Harga Oppo A16e Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo A16e

Fitur Unggulan


  • Layar luas dengan teknologi Eye Care untuk menghindari kelelahan mata
  • Baterai 4230 mAh, awet seharian penuh
  • Triple slot, dua kartu SIM dan slot microSD
  • Bodi minimalis, ringan dan tangguh berkat sertifikasi IPX4

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16e

Spesifikasi Oppo A16e

Umum
RilisMaret 2021
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat175 gram
Dimensi164 x 75.4 x 7.9 mm
MaterialDepan Kaca, Belakang Plastik, Frame Plastik
WarnaBlack, Blue, White

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6.52 inci, ~83.0% rasio screen-to-body
Resolusi720 x 1600 pixel, rasio 20:9, ~269 ppi

Platform
OSAndroid 11, ColorOS 11.1
ChipsetMediatek MT6762D Helio P22 (12 nm)
CPUOcta-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal3/32 GB, 6/64 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.1", 1.12µm, PDAF
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.4, 27mm (wide)
FiturHDR
Video1080p @30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSAda, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
RadioYa
NFCTidak ada
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorAccelerometer, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas4230 mAh
FiturTidak ada

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo A16e

Harga
3/32 GB - Rp 1.600.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO A16e

OPPO secara resmi meluncurkan seri A16e untuk pertama kalinya di Indonesia pada bulan Maret 2022. Sebagai penerus dari seri A16 biasa, ponsel ini ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Apakah Anda tertarik? Mari kita lihat ulasan lengkap tentang OPPO A16e di bawah ini!

Bagaimana desain HP OPPO A16e?

Meskipun termasuk dalam kategori ponsel kelas entry-level, desain dari HP OPPO tetap menampilkan gaya yang stylish. Desainnya memberikan kesan fokus pada kenyamanan pengguna.

Ponsel ini memiliki rangka yang melengkung dengan ketebalan hanya 7.85 mm dan menggunakan material yang solid dengan cover belakang 3D yang pas dengan kontur tangan. Dengan bobot yang ringan, hanya 175 gram, membawa ponsel ini dalam waktu yang lama tidak akan membuat tangan cepat lelah.

Namun, jika ada catatan, itu mungkin terkait dengan finishing glossy pada bagian belakangnya yang mudah terkena noda dari bekas jari. Adapun pilihan warna, tersedia tiga opsi, yaitu Hitam, Biru, dan Putih.

Berapa ukuran layar OPPO A16e?

OPPO A16e hadir dengan layar berukuran 6,52 inci, yang tetap memberikan tampilan yang luas meskipun bezel di bagian bawah layarnya sedikit tebal.

Layar HP OPPO ini menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Meskipun belum mencapai resolusi Full HD, spesifikasi ini masih dianggap cukup wajar untuk ponsel kelas entry level.

Selain itu, layar smartphone ini dilengkapi dengan fitur All-day Eye Care, yang terdiri dari Sunlight Display, Moonlight Display, dan AI Smart Backlight. Fitur tersebut dapat mengurangi emisi cahaya biru dengan mengubah temperatur warna layar, sehingga memberikan kenyamanan pandang dan menghindari kelelahan mata.

Mengenai laju penyegaran layar, ponsel ini, yang dilapisi dengan kaca Gorilla Glass 3, mendukung refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 60 Hz, sesuai dengan standar untuk kelas harganya.

Apakah kualitas kamera OPPO A16e bagus?

Meskipun kamera bukanlah spesifikasi unggulan pada HP OPPO seri A16e, kualitas fotonya masih mencukupi untuk kebutuhan foto standar sehari-hari. Ponsel ini masih mengandalkan kamera tunggal di bagian depan dan belakang. Konfigurasi kameranya terdiri dari lensa utama 13 MP dengan bukaan f/2.2, dan kamera depan 5 MP dengan bukaan f/2.4.

Meskipun tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide, makro, atau sensor kedalaman, sejumlah fitur diterapkan untuk meningkatkan performa. Contohnya, HDR backlight membantu mempertahankan detail saat memotret dalam kondisi cahaya yang redup.

Untuk perekaman video, smartphone ini mendukung perekaman 1080p@30fps, yang termasuk standar untuk kelasnya. Namun, karena tidak ada fitur stabilisasi, disarankan untuk lebih berhati-hati saat merekam video agar hasilnya lebih stabil.

RAM OPPO A16e berapa?

OPPO A16e tersedia dalam dua varian RAM, yaitu 3 GB dan 4 GB. Adapun untuk memori internal, pengguna dapat memilih antara pilihan 32 GB dan 64 GB.

Meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar, ini mungkin tidak menjadi masalah jika Anda hanya memerlukan ponsel untuk penggunaan ringan. Untuk keperluan penyimpanan, OPPO telah menyediakan slot microSD yang dapat digunakan untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1 TB.

Seperti apa performa OPPO A16e?

Performa OPPO A16e pada dasarnya dapat diandalkan untuk penggunaan standar. Aktivitas seperti berkirim pesan, menjelajahi internet, membuka media sosial, atau sekadar streaming video terasa lancar.

Hal ini dikarenakan chipset yang digunakan, yaitu MediaTek Helio P22, GPU PowerVR GE8320, dan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, tidak ditujukan untuk penggunaan yang berat. A16e berjalan dengan sistem operasi Android 11 dan antarmuka UI ColorOS 11.1. Selain Night Mode, terdapat beberapa fitur seperti Three-Finger Translate yang memudahkan pengguna dalam menerjemahkan teks di layar tanpa perlu aplikasi terjemahan terpisah.

Fitur Flex Drop juga hadir untuk membantu multitasking, memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi sekaligus dalam ukuran yang berbeda di layar.

Berapa kapasitas baterai OPPO A16e?

A16e dibekali baterai berkapasitas 4230 mAh. Dengan penggunaan yang ringan, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari. Keandalan daya tahan baterai 4230 mAh ini semakin ditingkatkan dengan adanya fitur Super Power Saving Mode dari OPPO. Jika diaktifkan, mode ini akan membatasi kinerja ponsel dengan mengurangi konsumsi daya dari aplikasi atau fungsi yang dianggap tidak penting.

Sementara itu, untuk pengisian daya, A16e menggunakan teknologi pengisian daya 10W. Dengan teknologi ini, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel dari sekitar 5 persen hingga penuh 100% adalah sekitar 2,5 jam.

OPPO juga melengkapi ponsel ini dengan fitur Optimized Night Charging, yang dapat melindungi ponsel saat sedang diisi daya pada malam hari ketika pengguna tertidur.

Apakah OPPO A16e cocok untuk main game?

OPPO A16e tidak sangat sesuai untuk digunakan sebagai HP untuk gaming berat. Hal ini dikarenakan chipset Helio P22 yang dimilikinya tidak cukup kuat untuk menghasilkan performa yang memadai, terutama untuk bermain game yang memiliki tingkat kerumitan grafis tinggi. Meskipun demikian, jika Anda hanya menggunakan ponsel ini untuk jenis permainan ringan seperti Mobile Legends, kinerjanya masih cukup lancar.

Apakah OPPO A16e ada sensor sidik jari?

OPPO A16e sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di sisi, tepatnya bersamaan dengan tombol power.

Apa perbedaan atara OPPO A16e dan OPPO A16?

Terdapat beberapa perbedaan antara kedua HP dari seri OPPO A. Dibandingkan dengan versi OPPO A16, seri A16e dirancang lebih ramping dan ringan. Bobotnya mencapai 175 gram, sedangkan A16 memiliki bobot 190 gram.

Menurut informasi dari GSMArena, terdapat sedikit perbedaan pada spesifikasi layarnya. A16e sudah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, sementara versi A16 belum menggunakan perlindungan Gorilla Glass.

Selain itu, OPPO A16 hadir dengan spesifikasi dapur pacu, kamera, dan kapasitas baterai yang sedikit lebih unggul. Hal ini bisa dimaklumi karena A16e dirilis sebagai versi yang lebih terjangkau dari A16.

Jadi, jika Anda mencari ponsel untuk keperluan aktivitas ringan sehari-hari seperti berkirim pesan, membuka media sosial, atau menjelajahi internet, dengan desain yang lebih kompak dan harga yang terjangkau, seri A16e bisa menjadi pilihan yang tepat.

Apakah OPPO A16e bekas masih layak beli?

OPPO A16e bekas masih merupakan pilihan yang layak, terutama jika Anda mencari smartphone alternatif untuk kebutuhan sehari-hari yang bersifat kasual. Meskipun spesifikasinya tidak yang terbaik, namun masih dapat diandalkan untuk kebutuhan standar seperti berkomunikasi, menjelajahi internet, menggunakan media sosial, streaming video untuk hiburan, atau bermain game ringan.

Selain itu, pembelian OPPO A16e bekas juga cocok untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas. Meskipun harganya sudah tergolong murah di kelas entry level ketika baru, tetapi dengan membeli versi bekas, Anda dapat menghemat lebih banyak lagi.

Namun demikian, pastikan untuk melakukan pengecekan secara teliti sebelum membelinya. Pilih penjual dengan reputasi yang dapat dipercaya, dan cari produk dalam kondisi yang masih layak pakai. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, sebaiknya bandingkan harga OPPO A16e bekas yang beredar di pasaran.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.