7 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16k yang Perlu Diketahui

Ingin punya smartphone baru tanpa merogoh kantong terlalu dalam? Tenang saja, Oppo punya banyak pilihan menarik dengan harga di rentang 2 jutaan, salah satunya adalah Oppo A16k.

Oppo A16k
Spesifikasi Oppo A16k
  • Rilis : Mei 2022
  • Layar : 6.52 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek Helio G35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide)
  • Kamera Depan : 5 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo A16k dan Harganya

Penasaran dengan Oppo A16k? Yuk, kita intip kelebihan dan kekurangannya!

Baca juga : Kupas Tuntas 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

Kelebihan Oppo A16k

Sederet spesifikasi Oppo A16k memang dihadirkan sama persis dengan A16e. Namun kalian tak perlu bingung memilihnya, cukup cermati keunggulan yang ditawarkan oleh Oppo A16k berikut ini.

1. Desain Simpel dan Bodi Ringkas

Jangan sepelekan desainnya! Oppo A16k punya desain dan ergonomis yang bikin jatuh hati. Dengan bodi yang melengkung dan material polikarbonat, ponsel ini terasa ringan dan nyaman di genggaman. Bobotnya hanya 175 gram dan ketebalan bodi 7.85 mm saja. Kelebihan lainnya, Oppo A16k telah dilengkapi sertifikasi rating IPX4 yang membuatnya tahan terhadap percikan air. Mau dongya dipakai tanpa khawatir kehujanan!

2. Layar Lebar Dilapisi Gorilla Glass 3

Layar luas, ayo datang! Oppo A16k menghadirkan layar LCD IPS 6.52 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel). Dilengkapi dengan fitur eye care, layar ini memberikan kenyamanan saat digunakan dalam waktu lama. Rasanya mata nggak cepat lelah, deh! Dan buat kalian yang khawatir dengan goresan, tenang aja karena Oppo melapisinya dengan Corning Gorilla Glass 3. Cukup komplit, kan?

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Yang ini juara! Oppo A16k membawa kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada saudaranya, Oppo A16e. Dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, kalian bisa menyimpan berbagai file dan menjalankan aplikasi dengan lancar dan smooth. Apalagi ada slot microSD yang bisa menampung ekspansi hingga 1 TB. Bisa bawa file sebanyak itu, gengs!

4. Baterai Awet

Tak kalah penting, Oppo A16k punya baterai berkapasitas 4.230 mAh. Meskipun bukan yang terbesar di kelasnya, Oppo A16k tetap mampu menemani aktivitasmu seharian berkat optimalisasi dapur pacu dan resolusi rendah layarnya.

Dan jangan khawatir tentang overcharging, fitur Optimizing Night Charging-nya bakal bantu kendalikan arus listrik dari charger ke ponsel ketika baterai sudah terisi 80%. Praktis dan efisien, kan?

Baca juga : Ini Dia 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A55

Kekurangan Oppo A16k

Kelebihan yang telah dipaparkan di atas tentu sudah bisa jadi tolok ukur untuk menentukan minat kalian akan tetap memilih Oppo A16k atau tidak sebagai daily driver yang sesuai dengan kebutuhan. Namun agar lebih yakin, pertimbangkan pula beberapa kekurangan Oppo A16k di bawah ini.

1. Spesifikasi Kamera Kurang Menarik

Bagi kalian pecinta fotografi mobile, spesifikasi kamera Oppo A16k mungkin kurang memuaskan. Kamera depannya hanya 5MP dan kamera utamanya 13MP. Meskipun bisa merekam video hingga 1080p pada 30fps, tetap saja, kombinasinya kurang bersaing dibandingkan dengan kompetitornya yang punya kamera triple atau lebih besar.

2. Chipset Kurang Luwes

Oppo A16k ditenagai oleh Helio G35 dari MediaTek yang mungkin tidak cukup bertenaga untuk penggunaan berat dan gim online berat. Tapi, jangan khawatir! Oppo A16k tetap cocok untuk penggunaan ringan dan multitasking. Jadi, buat kalian yang lebih fokus pada performa, mungkin ponsel ini nggak sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Tidak Ada Fast Charge

Sayangnya, Oppo A16k belum punya teknologi fast charging. Jadi, kalian harus sedikit bersabar karena proses pengisian daya akan memakan waktu sekitar 2 jam. Tetapi, jangan lupa, sabar itu indah, ya!

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A16k yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sebagai daily driver. Meskipun punya beberapa kekurangan, Oppo A16k tetap menawarkan desain cantik, kapasitas penyimpanan besar, dan baterai awet.

Jadi, apakah Oppo A16k bakal jadi pilihanmu? Pilih sesuai kebutuhan dan selera, dan Oppo A16k siap menggebrak gaya di rentang harga 2 jutaan!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.