Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 8

Asus ZenFone 8 memang menjadi sorotan dengan performa yang tinggi dan harga yang terjangkau. Smartphone andalan Asus ini berhasil memenuhi harapan banyak pengguna Android dan diakui sebagai salah satu ponsel Android terbaik di pasaran.

Asus Zenfone 8
Spesifikasi Asus Zenfone 8
  • Rilis : Oktober 2021
  • Layar : 5.9 inci Super AMOLED 120Hz HDR10+ ~446ppi
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5nm)
  • GPU : Adreno 660
  • RAM : 8 GB, 16 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh, Fast Charging

Selengkapnya : Spesifikasi Asus Zenfone 8 dan Harganya

Seri ZenFone merupakan bagian spesial dalam lini produk Asus, yang menggabungkan desain yang bergaya dengan komponen kelas atas dan pembaruan perangkat lunak terbaru.

Asus mengutamakan kemampuan kamera yang menghasilkan foto berkualitas tinggi dan memberikan performa yang mumpuni. Dan yang menarik, semua ini ditawarkan dengan harga yang bersahabat di kantong pengguna. 

ZenFone 8 benar-benar menghadirkan kombinasi yang mengagumkan antara keunggulan fotografi dan performa yang andal. Dengan harga yang terjangkau, Asus telah berhasil menciptakan smartphone yang menjadi pilihan menarik bagi para penggemar Android.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan pengalaman baru dengan Asus ZenFone 8!

Baca juga : Simak 8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10 Play Ini

Kelebihan Asus Zenfone 8

Hei, ada kabar baik nih tentang Asus ZenFone 8! Meskipun tidak mengikuti tren layar lebar, smartphone ini justru menawarkan daya tarik dengan ukuran yang mini, sehingga lebih ringkas dan nyaman digunakan. Tapi tunggu dulu, ini belum semua kelebihannya.

Ayo, kita simak beberapa keunggulan Asus ZenFone 8 yang harus kalian ketahui agar tidak ragu lagi dalam memilihnya!

1. Layar dan Build Quality yang Terjamin

Asus ZenFone 8 hadir dengan panel Super AMOLED 5,9 inci yang memiliki kecepatan refresh 120Hz. Dengan dukungan HDR10+ dan resolusi 1080x2400 piksel, layar ini menawarkan kepadatan piksel yang tinggi sebesar 446 PPI. Tidak hanya itu, layar tersebut dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus, sehingga kekuatan dan kualitasnya terjamin.

Ukuran ZenFone 8 yang compact membuatnya menarik bagi mereka yang mencari smartphone yang tidak terlalu lebar dan tinggi. Dengan dimensi 148 × 68,5 × 8,9mm, perangkat ini lebih besar dari iPhone 12 Mini. Bobotnya hanya 169 gram, membuatnya pas dan nyaman digenggam dengan satu tangan.

Jangan khawatir tentang daya tahan, karena Asus ZenFone 8 juga memiliki tingkat perlindungan IP68 terhadap air dan debu, menjaga ponsel tetap aman bahkan jika terendam dalam air hingga 1,5 meter selama 30 menit.

2. Performa Kencang yang Bisa Diandalkan

Asus ZenFone 8 dilengkapi dengan chipset terbaru yang paling kuat di kelasnya, yaitu Snapdragon 888 dan GPU Adreno 660. Dengan kekuatan ini, performanya tak perlu diragukan lagi. Chipset ini memiliki clock frekuensi maksimum 2,84GHz dengan inti Kryo 680, yang memastikan kinerja yang cepat dan responsif.

3. Ruang Penyimpanan Besar

Asus ZenFone 8 menawarkan pilihan ruang penyimpanan yang besar. Dari varian RAM 6GB hingga 16GB, dengan kapasitas penyimpanan internal 128GB dan 256GB. Dengan kombinasi ini, kalian bisa menikmati banyak aplikasi berat tanpa lag atau hambatan saat menggunakannya.

4. Kamera Resolusi Tinggi

ZenFone 8 dilengkapi dengan dual kamera di bagian belakang. Kamera utama 64MP dengan OIS, PDAF, dan piksel berukuran 0,8 mikron, serta kamera ultrawide 12MP dengan FOV 112 derajat.

Kamera utama ini memiliki fitur piksel binning 4-in-1 yang memungkinkan kalian mengambil foto dengan resolusi 16MP yang berkualitas tinggi. Selain itu, kamera ini juga dapat mengambil foto dengan resolusi penuh 64MP.

Ada juga kamera selfie beresolusi 12MP dengan PDAF Pixel ganda yang menghadirkan foto selfie yang jernih dan tajam. Meskipun banyak smartphone lain menawarkan sensor kamera quad atau bahkan penta, Asus memilih fokus pada teknologi kamera yang sederhana namun sesuai dengan konsep mini dari ZenFone 8. Tidak hanya foto, kalian juga dapat merekam video dengan kualitas hingga 8K pada 24fps.

5. Konektivitas dan Biometrik Lengkap

Asus ZenFone 8 menyediakan berbagai konektivitas dan sistem biometrik yang lengkap. Dari sistem navigasi yang mendukung NavIC, QZSS, BDS, Galileo, GLONASS, dan A-GPS, hingga dukungan NFC, Bluetooth v5.2, 5G, dan AptX Adaptive, AptX HD.

Terdapat juga port USB-C 2.0 untuk pengisian daya dan jack headphone 3.5mm yang masih hadir, sehingga kalian tetap dapat menggunakan earphone favorit kalian.

Dalam hal sistem biometrik, ZenFone 8 dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bawah layar yang nyaman digunakan. Selain itu, sistem pengenalan wajah yang akurat juga tersedia.

Asus tidak lupa menyertakan fitur Dual Speaker dan Hi-Res Audio, memastikan kualitas audio yang baik pada ZenFone 8.

Jadi, itulah beberapa kelebihan Asus ZenFone 8 yang tidak boleh kalian lewatkan. Dengan layar berkualitas, performa yang handal, ruang penyimpanan besar, kamera resolusi tinggi, dan konektivitas serta biometrik yang lengkap, Asus ZenFone 8 adalah pilihan yang menarik untuk menghadirkan pengalaman Android yang memuaskan.

Baca juga : Ini Dia 7 Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5 Ultimate

Kekurangan Asus Zenfone 8

Nah, ternyata Asus ZenFone 8 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Meskipun menawarkan paket komplit sebagai smartphone unggulan, kekurangan ini sebagian merupakan dampak dari harga yang lebih terjangkau dibandingkan pesaing di segmen yang sama.

Yuk, kita simak apa saja kekurangan yang dimiliki Asus ZenFone 8 berikut ini!

1. Tidak Ada Slot MicroSD

Kekurangan pertama yang perlu diperhatikan adalah absennya slot microSD pada perangkat ini. Meskipun ZenFone 8 menawarkan penyimpanan internal yang besar, kadang-kadang kita membutuhkan ruang ekstra untuk menyimpan file-file penting.

Sayangnya, Asus ZenFone 8 tidak menyediakan opsi untuk memperluas penyimpanan melalui slot microSD, sehingga kalian harus mengandalkan kapasitas penyimpanan internal yang telah disediakan.

2. Kapasitas Baterai yang Terbatas

Kekurangan lainnya terletak pada kapasitas baterai yang hanya 4.000 mAh. Dengan komponen internal yang kuat dan fitur-fitur canggih yang ada, tentu kinerja perangkat ini akan membutuhkan daya yang cukup besar. Namun, Asus hanya menyediakan baterai dengan kapasitas tersebut.

Meskipun didukung oleh fast charging 30W, jika dibandingkan dengan kompetitornya, banyak vendor lain yang menawarkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar dan teknologi pengisian daya yang lebih canggih.

Itulah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dari Asus ZenFone 8 sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. Meskipun memiliki beberapa kekurangan tersebut, secara keseluruhan perangkat ini masih menawarkan keunggulan yang dominan dan menguntungkan. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencoba keunggulannya sendiri?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.