Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5

Jika Anda sedang mencari smartphone yang kuat untuk bermain game online, pertimbangkan Asus ROG Phone 5 sebagai pilihan Anda. Smartphone ini telah mendapatkan banyak ulasan positif yang merekomendasikannya untuk pengalaman bermain game online.

Asus ROG Phone 5

Spesifikasi Asus ROG Phone 5
  • Rilis : Juni 2021
  • Layar : 6.78 inci AMOLED 144Hz HDR10+
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 888 5G (5nm)
  • GPU : Adreno 660
  • RAM : 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 24 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, Fast Charging 65W

Selengkapnya : Spesifikasi Asus ROG Phone 5 dan Harganya

Berikut ini adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone 5 yang dapat membantu Anda membuat keputusan pembelian yang lebih yakin.

Baca juga : Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan HP Infinix Hot 20 5G

Kelebihan Asus ROG Phone 5

Tidak hanya sebatas permainan, Asus ROG Phone 5 memiliki kelebihan lain yang perlu dipertimbangkan. Keunggulan dari ponsel ini mencakup kamera, baterai, layar, dan chipset.

1. Kamera

Meskipun tujuan utama pembuatan ponsel ini adalah untuk memenuhi kebutuhan para gamer, Asus ROG Phone 5 menawarkan kualitas kamera sebanding dengan ponsel flagship. Terdapat tiga kamera yang siap mengabadikan momen berharga Anda.

Kamera belakang terdiri dari kamera utama 64 MP dan kamera ultrawide 13 MP. Sementara itu, kamera depan memiliki resolusi 24 MP untuk hasil selfie dan video yang lebih tajam. Anda juga dapat menggunakan fitur Pro Video mode untuk mengontrol kualitas video dan mendapatkan gambar yang diinginkan.

2. Baterai Berkapasitas Besar

Daya tahan baterai tentu saja menjadi pertimbangan penting, terutama jika Anda sering bermain game secara rutin. Anda ingin ponsel dengan kapasitas baterai yang besar.

Asus ROG Phone 5 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6000mAh yang terdiri dari dua baterai dengan kapasitas masing-masing 3000mAh. Anda dapat menggunakan ponsel ini untuk bermain game online sepanjang hari. Bahkan kapasitasnya cukup untuk penggunaan yang lama saat bermain game yang sangat berat.

3. Teknologi Layar AMOLED

Sebagai ponsel yang dirancang khusus untuk bermain game, Asus ROG Phone 5 menawarkan layar yang menjamin kenyamanan bagi para pemain. Layarnya menggunakan teknologi AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung untuk menciptakan pengalaman bermain yang mulus, dengan touch latency sebesar 24,3 ms.

Layar ini juga memiliki refresh rate yang tinggi, yaitu 144 Hz, agar permainan Anda tidak tersendat. Selain itu, layar ini dilengkapi dengan teknologi High Dynamic Range (HDR), sehingga Anda dapat melihat visual game dengan lebih detail. Dengan teknologi ini, Asus ROG Phone 5 bahkan dapat memperbaiki gambar yang tidak menggunakan teknologi HDR.

Tidak kalah pentingnya, layar ini juga dilengkapi dengan teknologi Eye Care Display. Fitur ini melindungi mata Anda dari cahaya biru yang berbahaya. Layar ini menjaga kenyamanan mata Anda bahkan saat bermain dalam waktu yang lama.

4. Audio

Asus ROG Phone 5 memiliki kualitas audio yang bagus. Perangkat ini dilengkapi dengan dua speaker yang menjaga keseimbangan suara saat digunakan tanpa headset. Saat Anda menggunakan headset, Anda dapat mendengarkan detail suara dari game yang membuat pengalaman bermain lebih menarik.

5. Chipset

Keunggulan terakhir ini mungkin merupakan salah satu komponen yang paling penting. Ponsel ini didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang meningkatkan kecepatan proses.

Selain itu, performa rendering GPU pada ponsel ini 35% lebih cepat. Artinya, permainan akan tetap berjalan dengan mulus, bahkan untuk game 3D yang membutuhkan performa GPU yang tinggi. Dengan Asus ROG Phone 5, Anda dapat mencoba semua game.

Jangan lupa, ponsel ini juga memiliki kapasitas memori yang besar, yaitu 256 GB ROM dan 16 GB RAM. Hal ini membuat ponsel Anda tidak akan lemot dan mampu menyimpan beberapa game berat sekaligus.

Baca juga : Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 8

Kekurangan Asus ROG Phone 5

Sebagai sebuah produk, tentu Asus ROG Phone 5 memiliki kekurangan di antara kelebihannya. Berikut ini beberapa kelemahan yang terdapat pada ponsel ini.

1. Perangkat Cenderung Panas

Salah satu kelemahan dari Asus ROG Phone 5 adalah kecenderungannya untuk menghasilkan panas saat digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini dapat menjadi tidak nyaman bagi pengguna. Namun, Anda dapat menggunakan Aero Active Cooler 5, yaitu aksesoris yang dirancang khusus untuk mendinginkan ponsel ini.

2. Tidak Kompatibel dengan Beberapa Aksesoris Lama

Bagi pengguna yang telah memiliki aksesoris Asus ROG Phone versi sebelumnya, mereka mungkin berharap aksesoris tersebut dapat digunakan pada Asus ROG Phone 5. Sayangnya, beberapa aksesoris lama tidak kompatibel dengan model terbaru ini.

Misalnya, Aero Active Cooler 3 tidak dapat digunakan pada Asus ROG Phone 5. Anda harus mengupgrade ke Aero Active Cooler 5 agar dapat digunakan pada ponsel ini. Selain itu, Mobile Desktop Dock yang sebelumnya dapat digunakan dengan Asus ROG Phone 3, tidak lagi dapat digunakan dengan model ini.

3. Tidak Dilengkapi dengan IP Rating

IP Rating mengindikasikan tingkat ketahanan perangkat terhadap lingkungan tertentu, seperti debu, air, dan benturan. Sayangnya, Asus ROG Phone 5 tidak dilengkapi dengan IP Rating.

Hal ini menunjukkan bahwa ponsel ini lebih cocok digunakan di dalam ruangan atau lingkungan yang aman. Anda tidak dapat menggunakan ponsel ini saat kondisi hujan atau dalam lingkungan berdebu.

Selain itu, penutup port USB pada ponsel ini terbuat dari plastik dan tidak dapat dilepas. Hal ini membuat penutup tersebut rentan patah atau rusak. Padahal, penting untuk melindungi port USB dari debu agar tidak mudah rusak.

Dilihat dari kelebihan dan kelemahannya, secara keseluruhan Asus ROG Phone 5 tetap menjadi pilihan yang unggul bagi para gamer. Jika Anda tertarik untuk membeli ponsel ini, Anda dapat mengunjungi situs Blibli untuk mendapatkan penawaran terbaik dan informasi yang lebih lengkap.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.