Harga Asus ROG Phone 5 Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Asus ROG Phone 5

Fitur Unggulan


  • Desain lebih kalem dan nyaman
  • Layar AMOLED dengan tingkat kecerahan mencapai 1200 nit
  • Speaker stereo yang berkualitas
  • SoC mumpuni Snapdragon 888
  • Baterai besar 6000 mAh dengan ketahanan yang lumayan

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5

Spesifikasi Asus ROG Phone 5

Umum
Rilis2021
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIM CardDual SIM (Slot Khusus)
eSIMTidak

Body
Berat238 gram
Dimensi172,8 x 77,3 x 10,3 mm
Ketahanan
Fitur LainnyaBagian belakang kaca Corning Gorilla Glass 3 Rangka aluminium Layar PMOLED ROG Vision (belakang)

1080 x 2448 piksel
Layar
TipeAMOLED
Ukuran6.78 inci
Refresh Rate144 Hz
Resolusi
Rasio20,4:9
Kerapatan~395 ppi
Proteksi
Fitur LainnyaLayar 1 miliar warna Laju penyegaran: 144 Hz HDR10+ Kecerahan khas: 800 nit Kecerahan puncak: 1200 nit Dilindungi Corning Gorilla Glass Victus

Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 888
CPUOcta-core (1x2,84 GHz Kryo 680 & 3x2,42 GHz Kryo 680 & 4x1,80 GHz Kryo 680)
GPUAdreno 660

Memori
RAM8 GB, 12 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB
Memori EksternalTidak Ada

Kamera Belakang
Jumlah Kamera3
Konfigurasi 64 MP (wide), f/1.8 13 MP (ultrawide), f/2.4 5 MP (macro), f/2.0
FiturPDAF, panorama, HDR, LED flash, gyro-EIS, Video: Hingga 8K@30fps

Kamera Depan
Jumlah Kamera1
Konfigurasi24 MP (wide), f/2.5
FiturHDR, panorama, Video: 1080p@30fps

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
GPSGPS, dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, GNSS
InfraredTidak Ada
NFCAda
USBTipe-C 3.1 (samping), Tipe-C 2.0 (bawah), USB On-The-Go

Baterai
TipeLi-Po
Kapasitas6000 mAh
FiturPower Delivery 3.0, Fast Charging 65W, Reverse Charging 10W, Quick Charge 5

Fitur
OS (Saat Rilis)Android 11, ROG UI (Saat Rilis)
SensorFingerprint (under display), Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass
Jack 3.5mmAda
WarnaPhantom Black, Storm White
Fitur LainnyaAirTrigger (zona sensitif tekanan) Sensor sentuhan AeroActive Cooler 5 Suara: Speaker stereo ganda dengan dua amplifier terdedikasi Speaker di-tuning oleh Dirac Audio resolusi tinggi 24-bit/192kHz Konektivitas: Konektor aksesori (samping) POGO pin

Benchmark
Antutu

Harga Asus ROG Phone 5

Harga
8/128 GB - Rp 8.500.000 12/256 GB - Rp 12.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Asus ROG Phone 5

Seperti apa desain Asus ROG Phone 5?

Setelah meluncurkan ponsel dengan desain khas gamer, ASUS justru memilih desain yang lebih sederhana untuk ROG Phone 5. Seri kelima dari ponsel gaming ASUS ini tidak lagi memiliki motif garis melintang seperti pendahulunya, melainkan garis yang membentuk segitiga dan berhimpit dengan motif dot-matrix.

Di tengah-tengah, terdapat simbol ROG yang dapat menyala berkat hadirnya dua lampu LED RGB warna biru dan merah. Lampu ini bisa diatur intensitasnya untuk menghasilkan warna yang menarik. Pengguna pun bisa memilih beragam efek dan animasi pencahayaan pada logo ini.

Desain yang lebih sederhana ini dimaksudkan agar lebih banyak orang dapat merasakan pengalaman menggunakan ROG, tidak hanya para gamer. Selain itu, pilihan warnanya juga cukup netral, yaitu Phantom Black dan Storm White. Ponsel Android ini juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 pada bagian belakang sehingga aman dari benturan atau goresan.

Bagaimana tampilan layar ROG Phone 5?

ASUS ROG Phone 5 dilengkapi dengan layar berukuran 6,78 inci yang menggunakan panel AMOLED E4 buatan Samsung. Panel ini diakui dapat memberikan tingkat kecerahan, kontras, dan akurasi warna yang jauh lebih baik.

Tampilan layarnya memiliki resolusi Full HD+ dengan detail mencapai 1080 x 2448 piksel. Meskipun resolusinya tidak sebesar beberapa smartphone flagship lain yang sudah menggunakan layar 2K (Quad HD+), kualitas gambar yang dihasilkan oleh ponsel ini tetap terbilang baik, dan lebih hemat dalam hal konsumsi daya karena tidak memberatkan GPU. Tingkat kerapatan piksel sekitar 395 ppi juga masih sangat nyaman untuk bermain game. Selain itu, layarnya juga dilindungi oleh Gorilla Glass Victus untuk ketahanan lebih terhadap goresan dan benturan.

Berapa laju penyegaran pada Asus ROG Phone 5?

Sebagai salah satu produsen ponsel gaming di pasar global, ASUS tentu sangat memperhatikan kualitas refresh rate (laju penyegaran) ponselnya. ASUS ROG Phone 5 sudah dibekali dengan laju penyegaran 144 Hz (adaptif) dan touch sampling rate 300 Hz.

Sebenarnya, saat bermain game, kamu hanya memerlukan laju penyegaran 120 Hz. Namun, opsi 144 Hz tentu membuat pengalaman bermain game lebih seru karena mendukung frame rate yang tinggi. Yang lebih baik lagi, laju penyegaran ini adalah adaptif, artinya kamu bisa mengatur laju penyegaran sesuai dengan kebutuhanmu.

Touch sampling rate 300 Hz memengaruhi respons layar saat jari menyentuhnya. ASUS mengklaim bahwa seri ke-5 ini memiliki jeda antara sentuhan dan respons paling singkat di dunia, hanya sekitar 24,3 milidetik, dan slide latency sekitar 18 milidetik. Kedua faktor ini memberikan keuntungan besar bagi para gamer dalam situasi yang membutuhkan kecepatan dan respon yang cepat.

Berapa RAM Asus ROG Phone 5?

Untuk meningkatkan kinerja ponsel ini, ASUS menyediakan varian RAM dengan kapasitas 8GB dan 12GB. Sementara itu, dalam hal penyimpanan internal, kamu dapat memilih antara kapasitas ROM 128GB dan 256GB.

Asus ROG Phone 5 pakai OS Android apa?

ASUS ROG Phone 5 menggunakan sistem operasi Android 11 dengan ROG UI. Sistem operasi HP ini dapat di-upgrade ke Android 12. Selain menawarkan tampilan yang lebih rapi, Android 11 juga menghadirkan beberapa fitur menarik.

Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah notifikasi prioritas, yang memungkinkan notifikasi dari aplikasi yang sering kamu gunakan muncul di bagian atas. Ada juga fitur Split Screen dan picture-in-picture yang memudahkan multitasking dengan memungkinkan beralih antara aplikasi tanpa harus menutup aplikasi sebelumnya.

Bagaimana dapur pacu Asus ROG Phone 5?

ASUS ROG Phone 5 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G (5 nm) dan GPU Adreno 660. Meskipun Snapdragon 888 5G tidak memiliki fitur khusus yang unik, namun chipset ini mampu memberikan performa maksimal saat digunakan dalam ASUS ROG Phone 5.

Ada beberapa alasan mengapa chipset ini dapat bekerja dengan baik di ponsel ini. Salah satunya adalah letak chipset yang berada di tengah-tengah motherboard. Posisi ini memungkinkan rangka tengah aluminium (heat pipe) membantu dalam menghilangkan panas.

ASUS juga telah mengoptimalkan sistem pendinginan untuk fokus mengeluarkan panas ke bagian belakang ponsel. Mengatasi panas adalah hal penting dalam ponsel gaming karena panas dapat mempengaruhi kinerja. Dengan teknologi ini, kamu dapat bermain game tanpa khawatir terganggu oleh masalah panas.

Bagaimana performa Asus ROG Phone 5 untuk gaming?

ASUS ROG Phone 5 memang didesain khusus untuk performa gaming yang luar biasa. Dengan perangkat keras yang kuat, ponsel ini mampu mengolah game dengan performa 35% lebih baik, termasuk game 3D dengan pengaturan grafis maksimal tanpa masalah.

Selain itu, ASUS ROG Phone 5 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang meningkatkan pengalaman bermain game, seperti fitur X Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kinerja ponsel sesuai dengan jenis game dan mode permainan yang sedang dimainkan.

Dengan RAM 8GB/12GB dan penyimpanan internal 128GB/256GB, ponsel ini dapat menyimpan banyak game dan mengelola data dengan efisien. Dan berkat baterai berkapasitas 6000 mAh, kamu bisa bermain game lebih lama dan lebih nyaman tanpa perlu khawatir soal daya.

Berapakah kapasitas baterai Asus ROG Phone 5?

ASUS ROG Phone 5, sebagai ponsel yang sebagian besar digunakan untuk gaming, dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 6000 mAh. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ponsel ini dapat digunakan untuk browsing internet selama 13 jam 17 menit, bermain game 3D selama 10 jam 8 menit, dan memutar video YouTube selama 13 jam.

Jika ASUS ROG Phone 5 digunakan untuk aktivitas selain bermain game, maka baterainya dapat bertahan hingga dua hari dengan satu kali pengisian daya. Semua pengujian ini dilakukan pada laju penyegaran 60 Hz.

Apakah ROG Phone 5 sudah mendukung pengisian cepat?

Baterai berkapasitas 6000 mAh pada HP ini dilengkapi dengan teknologi fast charging 65W. Sebelumnya, ASUS mengklaim bahwa daya paling optimal untuk mengisi daya adalah 30W. Namun, dalam seri ke-5 ini, ASUS membagi baterai menjadi dua sel masing-masing sebesar 3000 mAh. Saat proses pengisian daya, aliran listrik akan lewat di tengah untuk mengisi kedua sel secara bersamaan. Sistem ini dikenal sebagai Middle Middle Tab Battery Technology.

Tak hanya itu, ASUS ROG Phone 5 juga memiliki empat mode pengisian daya yang dapat dipilih oleh pengguna, yaitu custom charging limit, steady, scheduled, dan bypass charging. Custom charging limit memungkinkan pengguna untuk menentukan batasan pengisian daya mulai dari 80, 90, atau 100 persen. Steady charging memungkinkan pengguna untuk memilih kecepatan pengisian mulai dari 10, 15, 18, 30, 45, hingga 65W.

Mode scheduled charging berfungsi untuk mengatur jadwal kapan daya bisa terisi agar smartphone tidak mengalami overcharge. Terakhir, mode bypass charging memungkinkan aliran listrik dari adaptor masuk langsung ke perangkat tanpa melalui baterai. Teknologi ini sangat canggih, bukan?

Seperti apa kualitas kamera Asus ROG Phone 5?

Dari segi fotografi, ASUS ROG Phone 5 tidak mengalami banyak peningkatan dibandingkan dengan ROG Phone 3. Modul kamera belakang HP ini masih terdiri dari 3 lensa, dengan masing-masing memiliki resolusi 64 MP (wide), 13 MP (ultrawide), dan 5 MP (macro).

Lensa utama 64 MP dengan sensor Sony® IMX686 mampu menghasilkan foto yang cukup bagus, tajam, dan penuh detail saat kondisi pencahayaan mencukupi. Yang menarik adalah kemampuan ponsel ini dalam videografi, dengan dukungan merekam video hingga kualitas 8K dan 4K. Kamera ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti Pro Video Mode, Free Zoom, Wind Filter, dan lain sebagainya.

Sementara itu, pada kamera depan terdapat kamera selfie beresolusi 24 MP. Hasil foto dari kamera selfie 24 MP ini juga cukup memuaskan, dengan tingkat detail yang tajam dan reproduksi warna yang baik. Kamera selfie ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.