Yuk, Simak 6 Cara Screenshot HP Xiaomi Redmi 10C

Cara Screenshot HP Xiaomi Redmi 10C

Siapa bilang smartphone entry level tak bisa seru? Xiaomi Redmi 10C hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan perangkat serba guna yang bisa memanjakan pengguna dengan kenyamanan dalam membuka media sosial, menjelajahi dunia maya, dan bahkan bermain game online bersama teman-teman. Tak hanya itu, Xiaomi juga telah memperlengkapi ponsel canggih ini dengan MIUI 13 yang penuh dengan fitur-fitur baru yang menarik!

Nah, apakah Anda sudah tahu cara melakukan screenshot yang cepat dan mudah di Redmi 10C? Jangan khawatir, artikel ini akan membantu Anda mengungkap rahasia cara screenshot yang praktis. Apalagi, cara screenshot pada Redmi 10C tidak jauh berbeda dengan seri-seri Redmi sebelumnya.

Yuk, mari kita bahas 6 cara screenshot di Redmi 10C yang bisa Anda coba. Ini juga berlaku untuk HP Redmi 10 series, Redmi 9 series, bahkan seri Redmi Note. Dengan tips yang akan TEKNOINDIE.COM bagikan ini, Anda bisa mengabadikan momen-momen seru dengan mudah!

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y12i

1. Screenshot Redmi 10C Menggunakan Tombol

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda menggunakan HP Redmi 10C, jangan khawatir. Ada banyak fitur menarik yang dapat Anda nikmati, termasuk kemampuan untuk mengambil screenshot. Dengan sistem operasi Android 11 yang sudah terpasang, prosesnya semakin lancar dan efisien.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengambil screenshot di HP Redmi 10C Anda:

  • Tampilkan Layar yang Ingin Anda Screenshot

Langkah pertama adalah membuka HP Redmi 10C Anda dan arahkan tampilan layar ke konten yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Ini bisa berupa situs web menarik, video lucu, pesan teks, atau apa pun yang ingin Anda simpan.

  • Tekan Tombol Daya dan Tombol Volume Bawah secara Bersamaan

Selanjutnya, untuk melakukan screenshot, tekan dan tahan tombol daya (biasanya berada di sisi kanan perangkat) dan tombol volume bawah (biasanya berada di sisi yang sama) secara bersamaan.

  • Tahan Tombol-tombol Fisik tersebut

Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda melihat layar berkedip atau mendengar suara cekrek yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

  • Cek Galeri Anda

Jika Anda berhasil, hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan dalam galeri foto Anda. Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dan berbagi dengan siapa pun yang Anda inginkan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa tombol-tombol fisik di HP Redmi 10C Anda berfungsi dengan baik. Dengan cara ini, Anda dapat dengan lancar mengambil screenshot tanpa masalah.

Baca juga : Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android

2. Screenshot Redmi 10C menggunakan Ikon di Control Panel

Di era Redmi 10C yang semakin canggih, mengambil screenshot bisa menjadi hal yang lebih nyaman dan praktis. Jangan repot menekan tombol bersamaan lagi! Sekarang, mari kita jelajahi cara praktis untuk mengambil screenshot menggunakan ikon yang telah disediakan di control panel. Ini adalah cara yang lebih santai dan efisien.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengambil screenshot di HP Redmi 10C Anda melalui control panel:

  • Tampilkan Apa yang Ingin Anda Screenshot di Layar HP Redmi

Langkah pertama adalah membuka layar HP Redmi 10C Anda dan pastikan tampilan layar menampilkan konten yang ingin Anda tangkap dalam screenshot. Ini bisa berupa halaman web yang menarik, pesan teks, atau bahkan momen-momen lucu dalam sebuah video.

  • Buka Control Panel

Untuk mengakses control panel, cukup usap layar dari atas ke bawah. Ini akan mengungkapkan menu control panel yang berguna. Di dalamnya, Anda akan mencari ikon screenshot. Biasanya, ikon ini berbentuk gunting atau kadang-kadang berbentuk lembaran kertas, tergantung pada pengaturan ponsel Anda.

  • Periksa Pengaturan Control Panel

Jika Anda tidak menemukan ikon screenshot, jangan khawatir. Mungkin ikon tersebut belum diaktifkan di control panel Anda. Anda dapat mengakses pengaturan control panel dan mengaktifkannya agar ikon screenshot muncul di menu.

  • Ketuk Ikon Screenshot

Saat Anda menemukan ikon screenshot, sentuh ikon tersebut. Secara otomatis, ponsel akan mengambil screenshot layar. Anda akan melihat layar berkedip sejenak, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

  • Cek Galeri Anda

Screenshot yang baru saja Anda ambil akan disimpan secara otomatis di galeri foto HP Anda. Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dari sana dan berbagi dengan teman-teman atau keluarga.

Dengan cara ini, Anda dapat mengambil screenshot dengan lebih nyaman dan efisien tanpa perlu repot menekan tombol bersamaan. Redmi 10C hadir untuk mempermudah hidup Anda!

3. Cara Screenshot Panjang dan Edit Screenshot

Biasanya, ketika Anda berhasil melakukan tangkapan layar (screenshot) pada perangkat Anda, akan muncul pemberitahuan atau gambar pratinjau di sudut layar. Di bagian bawah gambar pratinjau tersebut, Anda akan menemukan beberapa pilihan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti melakukan tangkapan layar panjang, mengedit hasil tangkapan layar, atau berbagi tangkapan layar.

Untuk melakukan tangkapan layar panjang, pastikan bahwa tampilan layar yang ingin Anda tangkap memungkinkan untuk digulir ke bawah.

Untuk mengedit hasil tangkapan layar, Anda akan memiliki beberapa pilihan sederhana, seperti memotong gambar agar fokus pada bagian yang Anda inginkan.

Anda juga dapat meninjau hasil tangkapan layar dengan membuka Galeri. Pada perangkat HP Redmi 10C, hasil tangkapan layar akan disimpan dalam album khusus yang bernama "Screenshot".

4. Screenshot dengan Tiga Jari di Redmi 10C

Xiaomi juga menyediakan cara khusus untuk melakukan tangkapan layar yang melibatkan fitur-fitur bawaan di HP, seperti contohnya tangkapan layar dengan tiga jari. Berikut ini panduan langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan pada ponsel Redmi 10C Anda.
  • Pilih Pengaturan Lanjutan (Advanced Setting) dan masuk ke bagian Tombol & Pintasan Gerakan (Button & Gesture Shortcuts).
  • Di dalam opsi "Ambil tangkapan layar" (take a screenshot), aktifkan opsi "Geser tiga jari ke bawah" (slide 3 fingers down).
  • Untuk melakukan tangkapan layar, Anda hanya perlu mencari area pada layar yang ingin Anda simpan, lalu geser tiga jari Anda dari atas ke bawah pada layar.
  • Jika tangkapan layar berhasil, layar HP Anda akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti klik kamera.
  • Hasil tangkapan layar akan tersimpan secara otomatis di galeri HP Anda.

5. Cara Screenshot dengan Tombol Kembali

Jika Anda memerlukan tangkapan layar dengan segera, Anda dapat mencoba cara berikut:

  • Langkah pertama adalah menekan tombol kembali yang biasanya berada dalam grup tombol navigasi.
  • Tombol kembali biasanya terletak di sebelah kanan, di antara tiga tombol navigasi pada HP Redmi.
  • Untuk melakukan tangkapan layar, cukup tekan tombol kembali tersebut.
  • Jika tangkapan layar berhasil, layar HP akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti klik kamera.
  • Hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di galeri dalam album tangkapan layar.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat masuk ke pengaturan ponsel, lalu pilih menu "Layar Utama". Selanjutnya, pilih "Navigasi Sistem" dan kemudian pilih "Pintasan Tombol".

Di dalam menu ini, Anda dapat memilih opsi "Tekan Lama Tombol Kembali" dengan fungsi tangkapan layar. Harap diingat bahwa cara ini hanya tersedia pada HP Android dengan sistem operasi terbaru.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa Terkoneksi dengan WiFi

6. Aplikasi Screenshot di Redmi 10C

Sebagian pengguna Android lebih memilih untuk mengunduh aplikasi tangkapan layar dari Google Play Store untuk mendapatkan fitur yang lebih baik dan lebih lengkap.

Berikut ini rekomendasi aplikasi tangkapan layar gratis yang dapat Anda gunakan pada smartphone Redmi 10C:

  • Screen Master

Ini adalah salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik yang tersedia di Google Play Store. Dibuktikan dengan lebih dari 5 juta pengguna yang telah menggunakannya dan mendapatkan nilai ulasan sebesar 4,7. Tidak mengherankan bahwa Screenshot Master sangat direkomendasikan, terutama bagi mereka yang sering melakukan tangkapan layar di HP mereka.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah antarmukanya yang sederhana dan mudah digunakan, serta tidak memberatkan RAM ponsel. Yang terpenting, Screenshot Master menawarkan hasil gambar yang berkualitas tinggi dan fitur yang lengkap, termasuk opsi untuk mengedit dan berbagi tangkapan layar ke media sosial.

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diingat. Aplikasi ini mengandung iklan karena bersifat gratis, dan juga tidak dapat melakukan tangkapan layar pada konten yang dilindungi. Selain itu, aplikasi ini menampilkan bilah tambahan di status bar, yang bisa sedikit merepotkan jika Anda perlu melakukan tangkapan layar dengan cepat.

Salah satu fitur yang menarik dari Screenshot Master adalah kemampuan untuk melakukan tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel Anda. Fitur ini terbukti cepat dan mudah digunakan saat dicoba.

  • Screenshot Assistant

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi tangkapan layar yang sangat mudah digunakan. Setelah Anda menginstal aplikasinya, Anda hanya perlu mengatur izin akses yang diperlukan. Setelah itu, Screenshot Assistant dapat digunakan tanpa ada iklan yang mengganggu atau tombol-tombol tambahan yang membingungkan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu menekan tombol beranda (home) pada perangkat Anda selama beberapa detik. Hasil tangkapan layar akan muncul secara instan. Anda juga memiliki opsi untuk mengedit tangkapan layar dengan menambahkan teks atau melakukan pemotongan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A22 dan A22 5G

Demikianlah cara umum dan cara khusus yang bisa dicoba untuk Anda pengguna HP Redmi saat hendak screenshot sesuatu. Semoga Anda bisa mengambil manfaat dari mengambil cara screenshot di Redmi 10C ini.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.