Mudah, Ternyata Ini 5 Cara Screenshot Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Cara Screenshot Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Cara melakukan screenshot pada Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro sebagian besar mirip dengan ponsel Xiaomi lainnya, termasuk yang berada di kategori flagship, mid-range, dan entry-level.

Untuk para pengguna Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro, Anda memiliki lima opsi berbeda saat ingin mengambil tangkapan layar di kedua ponsel ini.

Kelima metode tersebut mencakup penggunaan kombinasi tombol fisik, fitur tangkapan layar yang terdapat di Bar Notifikasi, metode 3 Jari, menggunakan sensor sidik jari, dan menggunakan Menu Aksesibilitas.

Mari kita lihat penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

Cara Screenshot di HP Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Kombinasi Tombol Power + Volume Down

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro adalah dengan menekan tombol Power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan.

Pilih area yang ingin Anda tangkap, lalu tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Tanda berhasil atau tidaknya pengambilan tangkapan layar adalah munculnya kilatan layar yang biasanya disertai dengan bunyi shutter kamera.

Baca juga : Cara Mengatasi Data Seluler yang Tidak Muncul

Screenshot Xiaomi 11T Melalui Fitur Bawaan

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar di Xiaomi 11T tanpa menggunakan tombol, salah satu opsi adalah dengan menggunakan fitur Tangkapan Layar atau Screenshot yang terdapat di bar notifikasi.

Cukup arahkan layar ke area yang ingin Anda tangkap, lalu usap layar ke bawah untuk membuka menu Screenshot di bar notifikasi. Setelah itu, Anda bisa memilih opsi Screenshot seperti yang terlihat pada gambar di bawah.


Menggunakan 3 Jari

Cara ketiga adalah dengan menggunakan fitur screenshot 3 jari. Sesuai dengan namanya, Anda hanya perlu mengusapkan tiga jari ke layar dari atas ke bawah.

Jika Anda mengalami kesulitan, mungkin fitur screenshot 3 jari belum diaktifkan di perangkat Anda. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Gerakan > Ambil Screenshot > dan aktifkan opsi Geser ke Bawah dengan 3 Jari dengan menggeser tombol slider ke posisi "Aktif".

Baca juga : Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Menggunakan Fingerprint

Meskipun Xiaomi 11T Series menggunakan layar bertipe AMOLED, pemindai sidik jari tidak tertanam di layar, tetapi ditempatkan di sisi perangkat bersama tombol daya.

Ini mungkin menjadi hal yang disayangkan, terutama mengingat Xiaomi 11T Series dikategorikan sebagai ponsel flagship. Meski begitu, Anda masih dapat menggunakan tombol fingerprint untuk mengambil screenshot.

Namun, sebelumnya, Anda perlu melakukan beberapa pengaturan. Pertama, buka Pengaturan > Pintasan Gerakan. Kemudian, di bawah opsi Kustomisasi Gerakan, ubah pengaturan defaultnya menjadi "Ambil Screenshot".

Setelah melakukan pengaturan ini, Anda dapat mencoba mengambil screenshot dengan mengetuk tombol fingerprint sebanyak 2 kali secara cepat. Hasil tangkapan layar akan disimpan langsung ke Galeri perangkat Anda.

Melalui Menu Aksesibilitas

Alternatif mudah lainnya untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro adalah melalui Menu Aksesibilitas.

Pertama, buka menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Aksesibilitas. Kemudian, aktifkan fitur "Pintasan Menu Aksesibilitas" dengan menggeser tombol slider yang sesuai.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda akan melihat ikon tambahan di bilah navigasi. Klik ikon tersebut dan pilih opsi "Screenshot".

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Flip4

Demikianlah lima cara untuk mengambil tangkapan layar di Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan mudah dipahami. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.