6 Cara Screenshot HP Samsung Galaxy Z Flip4 Panjang & Tombol

Screenshot Samsung Galaxy Z Flip4

Samsung Galaxy Z Flip4 adalah salah satu ponsel dengan desain layar lipat yang unik. Meskipun begitu, ponsel ini tetap menawarkan kinerja yang mengesankan, dan banyak pengguna memanfaatkannya untuk multitasking dalam berbagai aktivitas.

Keuntungan dari ponsel ini adalah meskipun memiliki konsep layar lipat, Samsung Galaxy Z Flip4 masih memiliki dimensi yang mirip dengan ponsel pintar biasa. Hal ini memudahkan Anda dalam mengambil tangkapan layar saat menemukan informasi penting.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel flagship Samsung ini. Karena bentuknya yang mirip dengan ponsel konvensional, cara mengambil tangkapan layar pada Samsung Galaxy Z Flip4 tidak akan terlalu berbeda. Berikut ini cara mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Flip4 yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung galaxy A23, Mudah dan Praktis!

Cara Screenshot Samsung Galaxy Z Flip4

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Flip4. Meskipun memiliki layar lipat, ponsel ini tetap menjalankan sistem operasi Android.

Berikut adalah langkah-langkah yang mudah dan cepat untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Flip4.

1. Tombol Fisik

Terkadang, saat Anda sedang menjelajah dan menemukan informasi penting atau menarik, Anda hanya perlu mengambil tangkapan layar pada tampilan ponsel Anda untuk menyimpannya.

Pilih tampilan layar yang berisi informasi yang ingin Anda simpan. Ini bisa berupa artikel, gambar, atau apa pun yang Anda anggap penting.

Untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol daya (power) dan tombol volume bawah, yang berada di sebelah kanan bodi ponsel, secara bersamaan.

Tahan kedua tombol tersebut hingga layar berkedip. Ketika layar berkedip, itu menandakan bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil. Biasanya, di bagian bawah layar akan muncul bar notifikasi yang berisi opsi untuk mengedit tangkapan layar.

Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu berarti Anda mungkin menekan tombol terlalu lama atau tombol yang kurang pas saat ditekan bersamaan.

Jika metode ini tidak berfungsi, jangan khawatir. Masih ada banyak cara lain untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy Z Flip4.

Setelah Anda mencoba langkah-langkah di atas, hasil tangkapan layar akan muncul dalam notifikasi. Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke Galeri. Di beberapa ponsel Samsung, hasil tangkapan layar akan disimpan dalam album khusus bernama "Screenshot".

Selain menggunakan tombol fisik seperti yang dijelaskan di atas, Anda juga dapat mencoba metode yang lebih mudah, yaitu dengan menekan ikon tangkapan layar yang ada dalam bilah notifikasi.

Berikut cara melakukannya:

  • Pilih tampilan layar yang ingin Anda tangkap pada ponsel.
  • Tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka bilah notifikasi. Cari ikon tangkapan layar, yang mungkin berbentuk gunting atau lembaran kertas, tergantung pada model ponsel Anda.
  • Ketika Anda menekan ikon tangkapan layar, ponsel akan otomatis mengambil tangkapan layar, dan hasilnya akan tersimpan di Galeri.

Menurut saya, metode ini adalah yang paling mudah, karena Anda hanya perlu menekan ikon pada layar, tanpa harus menggunakan tombol fisik yang dapat mengalami kerusakan jika sering digunakan untuk mengambil tangkapan layar.

2. Gesture

Anda juga memiliki opsi untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus menekan tombol fisik menggunakan fitur gestur. Namun, Anda perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu melalui pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Pengaturan ponsel Anda.
  • Pilih opsi Pengaturan Lanjutan.
  • Cari dan buka opsi Gerakan dan Gestur.
  • Di dalamnya, aktifkan opsi Usapkan Telapak Tangan (Palm Swipe to Capture) untuk mengambil tangkapan layar.

Pastikan tombol toggle untuk fitur ini berada di sisi kanan dan berwarna biru untuk menunjukkan bahwa fitur tersebut sudah diaktifkan.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mencari tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Setelah menemukannya, cukup lakukan gerakan mengusapkan telapak tangan di atas layar. Pastikan tangan Anda berada di ujung kanan ponsel, dan lakukan gerakan mengusapkan telapak tangan ke arah kiri. Anda juga dapat mencoba cara ini dengan tangan kiri, tetapi arahnya akan berlawanan.

Jika berhasil, layar akan berkedip sejenak, dan hasil tangkapan layar akan otomatis disimpan ke dalam Galeri ponsel Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa harus menyentuh tombol fisik, yang dapat mengurangi risiko kerusakan pada tombol tersebut.

3. Menu Asisten

Selain metode-metode screenshot yang telah dijelaskan sebelumnya, ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk melakukan screenshot di HP Samsung, yaitu dengan menggunakan Menu Asisten. Metode ini dianggap lebih sederhana karena tidak memerlukan penggunaan tombol fisik dan Anda tidak perlu repot-repot menggerakkan tangan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, Anda perlu mengaktifkan Menu Asisten di pengaturan ponsel Samsung Galaxy Z Flip4. Caranya, buka pengaturan ponsel Anda.
  • Selanjutnya, pilih menu "Aksesibilitas" atau "Interaksi dan Kecekatan", tergantung pada versi perangkat Anda.
  • Di dalam menu ini, cari opsi "Menu Asisten" dan aktifkan fitur ini.
  • Setelah fitur Menu Asisten diaktifkan, Anda akan melihat tombol melayang berbentuk ikon 4 kotak di layar Anda. Ketika Anda menekannya, akan muncul berbagai tombol pintasan, salah satunya adalah untuk melakukan screenshot tampilan layar dengan cepat.
  • Untuk menggunakan fitur screenshot dalam Menu Asisten, pastikan Anda berada di tampilan layar yang ingin diambil screenshot-nya.
  • Kemudian, cukup ketuk ikon kotak Menu Asisten dan pilih ikon gambar layar. Screenshot akan segera diambil dengan cepat dan mudah.

Dengan fitur Menu Asisten ini, Anda dapat melakukan screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik atau melakukan gerakan tangan yang mungkin memerlukan keterampilan khusus. Cukup dengan beberapa ketukan layar, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tampilan yang diinginkan.

4. Voice Commands

Anda juga dapat melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol, namun untuk menggunakan cara ini, Anda perlu mengaktifkan asisten pribadi seperti Bixby atau Google Assistant. Berikut langkah-langkahnya.

Menggunakan Bixby

  • Buka halaman yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Aktifkan Bixby dengan menekan tombol daya di sisi ponsel atau dengan mengucapkan "Hi, Bixby".
  • Untuk mengambil screenshot, cukup katakan "Take a screenshot".

Menggunakan Google Assistant

  • Buka halaman yang ingin Anda tangkap.
  • Aktifkan Google Assistant dengan mengucapkan "OK, Google".
  • Untuk mengambil screenshot, katakan "Take a screenshot".

Dengan mengaktifkan Bixby atau Google Assistant, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik atau gerakan tangan.

5. Flex Mode

Samsung Galaxy Z Flip4 memiliki desain layar lipat yang unik, yang memungkinkan Anda menggunakan layar dalam berbagai mode, baik dalam posisi dilipat maupun layar utama yang terbuka. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot saat layar terbuka:

  • Buka "Pengaturan" (Settings) di ponsel Anda.
  • Pilih opsi "Advanced Features".
  • Gulir ke bawah dan pilih "Flex Mode".

Kemudian, saat Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan Galaxy Z Flip4 dalam posisi layar terbuka, ikuti langkah berikut:

  • Buka halaman atau tampilan yang ingin Anda tangkap.
  • Lipat layar hingga mencapai sudut 90 derajat.
  • Jika mode Flex aktif, Anda akan melihat beberapa pilihan dan alat di sisi layar bagian bawah.
  • Cari ikon tangkapan layar dan sentuh ikon tersebut.
  • Tahan ikon tersebut hingga layar berkedip, menandakan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar saat menggunakan Galaxy Z Flip4 dalam mode layar terbuka.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Tidak Ada Layanan Jaringan

6. Aplikasi Screenshot Tambahan

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Screenshot Easy

Screenshot Easy, seperti namanya, adalah salah satu aplikasi screenshot yang mudah digunakan dan mendapat banyak respon positif dari pengguna Android. Aplikasi ini ringan dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap.

Aplikasi ini memiliki kelebihan di mana Anda hanya perlu mengetuk ikon berbentuk kamera untuk mengambil screenshot. Selain itu, Screenshot Easy juga mendukung fitur goyangkan HP untuk mengambil screenshot. Antarmukanya minimalis dan mudah dipahami, sehingga penggunaan aplikasi ini cukup intuitif.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengambil screenshot dari berbagai tampilan, seperti halaman web, video, atau permainan. Saat kami mencobanya, mengklik ikon kamera untuk mengambil screenshot terasa mudah dan cepat.

Namun, saat mencoba menggoyangkan HP untuk mengambil screenshot, terkadang ada sedikit jeda dalam pengambilan screenshot, bahkan beberapa kali tidak berhasil. Walaupun demikian, Screenshot Easy masih merupakan salah satu aplikasi yang mudah digunakan untuk mengambil screenshot.

  • Screenshot Pro

Screenshot Pro adalah aplikasi yang populer di kalangan pengguna Android karena kemudahan penggunaannya dan fitur pengeditan yang baik. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengedit hasil screenshot sesuai keinginan, termasuk menambahkan gambar dan teks.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan dan fitur menarik, yaitu kemampuan untuk mengambil screenshot dengan menggoyangkan perangkat. Fitur ini sangat berguna jika Anda membutuhkan screenshot dengan cepat.

Demikianlah beberapa metode untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Z Flip4. Anda dapat mencoba setiap metode di atas dengan mudah, bukan?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.