Yuk, Simak 4 Cara Screenshot di Oppo Reno8 Series

Cara Screenshot Oppo Reno8 Series

OPPO Reno8 hadir sebagai salah satu ponsel flagship dengan kemampuan kamera yang hebat. Namun, ponsel ini juga nyaman digunakan untuk aktivitas browsing dan bermain game berkat layar yang luas dan performa yang cepat.

Dengan sistem Android terbaru, ponsel ini menyediakan berbagai fitur yang sangat berguna dalam penggunaan sehari-hari. Salah satu fitur yang bermanfaat adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar, atau yang dikenal sebagai screenshot.

Bagi Anda yang memiliki HP OPPO dari seri Reno8, termasuk Reno8, Reno8 5G, Reno8 Pro 5G, dan Reno8 Z 5G, terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan mudah. Ponsel ini juga cocok untuk multitasking, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan informasi penting saat bekerja atau bermain game.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode untuk mengambil screenshot di seri ponsel OPPO Reno8 ini. Berikut adalah cara-cara untuk melakukan screenshot di ponsel OPPO Reno8 series yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Screenshot HP OPPO A95

Cara Screenshot OPPO Reno8 Series

1. Kombinasi Tombol Fisik

OPPO Reno8 hadir dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android 12. Sistem ini membawa sejumlah fitur bermanfaat, salah satunya adalah cara cepat dan mudah mengambil screenshot.

Seperti pada banyak ponsel Android lainnya, Anda dapat mengambil screenshot di OPPO Reno8 dengan menekan tombol fisik. Metode ini juga berlaku di ponsel OPPO Reno8. Untuk memastikan Anda tidak bingung, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengambil screenshot dengan mudah dan cepat.

  • Menekan Tombol Power + Volume Down

Buka halaman atau layar yang ingin Anda tangkap gambarannya. Ketika Anda telah menemukan tampilan yang ingin Anda ambil, bersiaplah untuk menekan tombol fisik di ponsel Anda. Untuk mengambil screenshot, cukup tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan pada sisi ponsel.

Tahan kedua tombol tersebut hingga layar berkedip atau tampak seperti ada kilatan cahaya putih. Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu berarti Anda mungkin menekan tombol terlalu lama atau tidak secara bersamaan. Pastikan Anda menekan keduanya secara bersamaan.

Biasanya, setelah berhasil mengambil screenshot, Anda akan menerima notifikasi. Anda dapat melihat hasil screenshot dengan masuk ke Galeri. Pada beberapa ponsel OPPO, screenshot yang diambil akan masuk ke dalam album khusus yang bernama screenshot.

  • Menekan Tombol Power + Volume Up

Buka halaman atau layar yang ingin Anda tangkap gambarannya. Setelah Anda menemukan tampilan yang ingin diabadikan, bersiaplah untuk menekan tombol fisik di ponsel.

Anda dapat mengambil screenshot dengan dua cara yang berbeda pada HP OPPO Reno8. Pertama, tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah secara bersamaan.

Alternatif kedua, Anda juga bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas. Cara ini menyediakan lebih banyak fitur tambahan.

Ketika Anda menggunakan metode ini, Anda akan melihat sebuah kotak pintasan yang berisi opsi untuk mengambil screenshot area tertentu, menggulir ke halaman berikutnya, dan menyimpan screenshot. Opsi ini berguna jika Anda ingin mengambil screenshot yang lebih panjang atau spesifik.

Jika kedua cara di atas tidak berfungsi, jangan khawatir. Masih ada banyak cara lain untuk mengambil screenshot di HP OPPO Reno8. Teruslah membaca untuk mengetahui alternatif-alternatif lainnya.

2. Bar Notifikasi

Sistem Android memiliki berbagai cara yang beragam untuk mengambil screenshot. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan metode menekan tombol fisik, Anda juga dapat melakukan screenshot dengan menggunakan ikon screenshot yang telah disediakan dalam bar notifikasi. Berikut adalah tutorialnya.

  • Tentukan tampilan layar HP OPPO yang ingin Anda screenshot.
  • Untuk mengambil screenshot, tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka bar notifikasi. Cari ikon screenshot yang terdapat di dalamnya. Ikon ini mungkin berbentuk gunting atau lembar kertas, tergantung pada model HP Android Anda.
  • Jika Anda tidak menemukan ikon screenshot, periksa pengaturan bar notifikasi. Kemungkinan ikon screenshot belum diaktifkan. Anda dapat mengkonfigurasi ulang bar notifikasi untuk menampilkan ikon screenshot.
  • Ketika Anda menekan ikon screenshot, proses pengambilan screenshot akan otomatis berlangsung. Hasil screenshot akan tersimpan di dalam galeri HP Anda.

Cara mengambil screenshot ini dianggap sebagai metode yang paling nyaman. Hal ini karena tidak akan merusak tombol fisik pada HP Anda, yang dapat terjadi jika tombol tersebut terlalu sering ditekan saat mengambil screenshot.

3. Gestur 3 Jari

Sebagai ponsel Android kelas flagship, OPPO Reno8 memiliki sejumlah fitur mewah yang berguna. Salah satu fitur yang menarik dan membantu adalah fitur Gesture.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah hanya dengan melakukan gerakan tertentu pada layar HP OPPO. Berikut langkah-langkahnya:

  • Aktifkan fitur Gesture terlebih dahulu.
  • Buka Pengaturan pada ponsel Anda, lalu pilih bagian "Gesture & motion".
  • Selanjutnya, pilih bagian "screenshot" dan aktifkan opsi tersebut.

Dengan fitur ini aktif, Anda dapat mengambil screenshot dengan gerakan tiga jari di layar ponsel Anda, dari atas ke bawah. Ketika screenshot berhasil diambil, layar akan berkedip atau Anda akan mendengar suara seperti saat kamera mengambil gambar.

Hasil screenshot akan disimpan secara otomatis di dalam galeri ponsel Anda.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai HP Android Semua Merk

4. Smart Sidebar

OPPO menyediakan fitur bilah samping cerdas untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan ponsel dengan cepat, termasuk mengambil screenshot. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur bilah samping cerdas pada ponsel OPPO.

  • Buka Pengaturan telepon di ponsel Anda.
  • Gulir ke bawah dan cari opsi "Fitur Khusus". Ketuk opsi tersebut untuk masuk.
  • Di dalam menu "Fitur Khusus" cari pilihan "Bilah Samping Cerdas" dan aktifkan fitur ini.
  • Setelah diaktifkan, Anda akan melihat garis putih muncul di sisi kanan atau kiri layar ponsel.
  • Tarik garis putih tersebut ke tengah layar, dan akan muncul sejumlah ikon pilihan, termasuk ikon screenshot.
  • Ketuk ikon screenshot, dan layar akan berkedip sebagai tanda bahwa screenshot telah berhasil diambil.

Itulah berbagai metode umum dan khusus yang dapat Anda coba jika Anda menggunakan OPPO Reno8 dan ingin mengambil screenshot layar ponsel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda saat melakukan proses screenshot di OPPO Reno8.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.