Ini 3 Cara Screenshot HP OPPO A95, Gampang Banget!

Cara Screenshot Oppo A95

Oppo A95 adalah smartphone terbaru dari OPPO yang diluncurkan pada akhir tahun 2021. Ponsel menengah ini memiliki berbagai fitur menarik, salah satunya adalah cara untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) di Oppo A95.

Tentu saja, kemampuan untuk membuat tangkapan layar adalah fitur umum yang ada pada hampir semua perangkat ponsel Android. Namun, metode untuk mengambil screenshot dapat berbeda di setiap ponsel Android.

Ada yang menggunakan kombinasi tombol fisik, fitur usapan layar, kode layar, hingga fitur layar mengambang. Selain itu, ada juga aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot di ponsel Android.

Di perangkat Oppo, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Secara umum, cara mengambil tangkapan layar di ponsel Oppo hampir sama untuk berbagai modelnya. Namun, semakin canggih dan mahal ponsel Oppo tersebut, fitur screenshotnya dapat menjadi semakin beragam.

Oppo A95, dengan spesifikasi yang canggih di berbagai aspek, menawarkan berbagai pilihan cara untuk mengambil screenshot.

Baca juga : Cara Screenshot di HP OPPO Reno8 Series

Cara Screenshot di HP Oppo A95

Untuk mengambil tangkapan layar di HP Oppo, terdapat beberapa pilihan dan mekanisme yang tersedia. Anda dapat menggunakan metode konvensional atau memanfaatkan fitur modern seperti usapan tangan.

Dengan begitu, pengguna ponsel Oppo dapat memilih cara yang paling nyaman bagi mereka untuk membuat tangkapan layar di Oppo A95. Di bawah ini, kami akan memberikan informasi lengkap tentang cara melakukan screenshot di HP Oppo A95.

1. Tombol Fisik

Metode pertama untuk mengambil tangkapan layar di HP OPPO adalah dengan menggunakan tombol fisik. Cara ini dianggap klasik dan mungkin terlihat tradisional, tetapi tetap menjadi cara yang efektif dan cepat untuk membuat tangkapan layar. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan tambahan untuk menggunakan metode ini.

Caranya cukup sederhana, Tekan dan tahan bersamaan tombol Power (daya) dan tombol Volume Bawah. Tekan keduanya selama beberapa detik, dan ponsel akan otomatis mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar akan disimpan secara otomatis dalam album galeri.

2. Screenshot Panjang

Semua ponsel Oppo telah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan screenshot dengan menggunakan tiga jari. Pengguna dapat dengan mudah menarik layar dengan tiga jari untuk membuat tangkapan layar, asalkan fitur ini telah diaktifkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan screenshot tiga jari.

  • Lakukan tangkapan layar dengan tiga jari, bukan dengan hasil screenshot yang muncul di layar atau bar notifikasi.
  • Selanjutnya, ketuk opsi "Long Screenshot."
  • Gulirkan layar ke bawah sampai mencapai batas konten yang ingin Anda tangkap.
  • Jika Anda telah selesai, ketuk "Done" atau "Selesai."
  • Hasil tangkapan layar panjang akan otomatis tersimpan dalam Menu atau aplikasi Galeri.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang dengan tiga jari dan hasilnya akan tersimpan otomatis di Galeri. Untuk mengaktifkan fitur screenshot tiga jari, Anda dapat mengikuti langkah ketiga yang disebutkan di atas.

3. Tiga Jari

Semua ponsel Oppo sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan tangkapan layar dengan tiga jari. Pengguna hanya perlu menggeser tiga jari di layar untuk membuat tangkapan layar, tetapi perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tangkapan layar tiga jari di HP Oppo A52.

  • Buka menu Pengaturan (Settings) pada HP Oppo A52.
  • Pilih menu Convenience Aid.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Gesture & Motion.
  • Aktifkan opsi "3-Finger Screenshot" dengan men-tap tombol aktivasi di sampingnya.
  • Setelah Anda mengaktifkannya, Anda dapat langsung menggunakan fitur tangkapan layar tiga jari.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melakukan tangkapan layar dengan menggeser tiga jari di layar. Beberapa ponsel Oppo terbaru mungkin sudah memiliki fitur ini secara bawaan tanpa perlu mengaktifkannya.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android

4. Aplikasi Screenshot

Metode terakhir mungkin kurang menarik karena melibatkan pengunduhan aplikasi tambahan hanya untuk melakukan tangkapan layar. Ada banyak aplikasi yang dirancang khusus dengan fitur utama untuk mengambil tangkapan layar.

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah aplikasi Screen Touch. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store, dan ukuran file yang kecil menjadikannya pilihan yang sangat praktis. Anda dapat mengunduhnya dengan mudah melalui Play Store.

Jadi, itulah beberapa langkah mudah yang dapat Anda pilih ketika ingin mengambil tangkapan layar di ponsel Vivo A95. Dari tiga cara di atas, Anda dapat memilih mana yang paling sederhana dan mudah untuk Anda praktikkan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.