4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A23, Mudah dan Praktis!

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23

Salah satu ponsel Samsung yang menggunakan Android 12 dengan antarmuka OneUI 4.1 adalah Galaxy A23. Terdapat beberapa perubahan dalam fitur bawaan, termasuk fitur tangkapan layar.

Namun, bagaimana cara mengambil tangkapan layar dengan Samsung Galaxy A23? Tentu saja, ini menjadi lebih mudah karena terdapat beberapa fitur yang dapat kita manfaatkan.

Samsung Galaxy A23 didukung oleh chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 dan prosesor grafis Adreno 610, yang menjadikan kinerjanya sangat baik. Dengan pilihan RAM 4GB atau 6GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB, ponsel ini mampu mendukung berbagai aktivitas pengguna.

Ponsel ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,6 inci dengan refresh rate 90Hz dan resolusi Full HD Plus. Dengan teknologi layar berkualitas tinggi, ponsel ini mampu menampilkan gambar visual dengan tajam dan halus.

Karena Samsung dikenal sebagai produsen smartphone kelas atas, Galaxy A23 tentu akan dilengkapi dengan beragam fitur menarik, termasuk tangkapan layar panjang, pintasan tangkapan layar, dan lainnya. Untuk memanfaatkan fitur-fitur ini, Anda dapat melihat panduannya di sini.

Baca juga : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy Z Flip4 Panjang dan Tombol

Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy A23

Pengguna Samsung Galaxy A23 mungkin masih perlu panduan tentang cara menggunakan fitur tangkapan layar di ponsel mereka. Salah satu fungsi utama tangkapan layar adalah untuk merekam bukti pembayaran saat berbelanja online atau membagikan informasi dalam bentuk gambar.

Cara umum untuk mengambil tangkapan layar di perangkat Samsung adalah dengan menekan tombol Volume Down (volume turun) dan tombol Daya secara bersamaan. Dengan cara ini, Anda dapat menangkap gambar layar kapan saja, menangkap apa pun yang sedang ditampilkan pada layar.

Selain itu, ada beberapa metode lain yang dapat digunakan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

1. Menggunakan Tombol Fisik

Salah satu metode tercepat untuk mengambil tangkapan layar di Samsung A23 adalah dengan menggunakan tombol. Ikuti langkah-langkah berikut agar berhasil mengambil tangkapan layar dengan menggunakan tombol ponsel:

  • Buka perangkat Galaxy A23 Anda dan temukan area yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar.
  • Selanjutnya, tekan tombol Power (Daya) dan Volume Down (Volume Turun) secara bersamaan.
  • Dengan melakukannya, layar ponsel akan dengan otomatis diambil tangkapannya.
  • Jika diperlukan, Anda dapat mengedit tangkapan layar dengan fitur seperti memutar dan memotong gambar.

Namun, jika tombol Daya atau Volume mengalami masalah atau tidak dapat diandalkan, Anda mungkin tidak dapat menggunakan metode ini untuk mengambil tangkapan layar. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan fitur Palm Swipe yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol.

2. Melalui Fitur Panel Edge

Samsung A23 memiliki berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar, dan salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur Palm Swipe yang sangat cepat. Pengguna hanya perlu mengusapkan telapak tangan di layar, dan dalam sekejap tangkapan layar akan tersimpan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Palm Swipe di Samsung A23:

  • Buka menu Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Pilih opsi Tampilan.
  • Pilih Panel Edge.
  • Aktifkan fitur Panel Edge, dan kemudian pilih Panel.
  • Anda akan melihat beberapa pilihan, pilih Task atau Tugas.
  • Sekarang, pilih area layar yang ingin Anda tangkap.
  • Setelah memilih area tersebut, geser garis putih yang muncul di sebelah kanan layar ke arah tengah.
  • Ketika Panel muncul, ketuk ikon Gambar Layar.

Anda akan melihat toolbar di bagian bawah layar yang memungkinkan Anda untuk langsung membagikan, mengedit, atau menyimpan tangkapan layar tersebut.

Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna yang mengalami kesulitan dengan metode pengambilan tangkapan layar menggunakan tombol fisik atau yang hanya ingin cara yang lebih cepat. Palm Swipe juga berguna bagi mereka yang memiliki masalah dengan tombol fisik pada smartphone mereka.

3. Melalui Fitur Assitant Menu

Dengan fitur ini, pengguna dapat mempercepat akses ke sejumlah aplikasi di ponsel Samsung A23. Cukup dengan mengklik lingkaran kecil yang muncul di tepi layar, Anda akan melihat beberapa ikon aplikasi dan pintasan tangkapan layar.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menggunakan menu asisten untuk mengambil tangkapan layar di Samsung A23:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih opsi Aksesibilitas.
  • Klik pada opsi Interaksi dan Kecepatan.
  • Aktifkan tombol Menu Asisten.
  • Setelah diaktifkan, Anda akan melihat tombol Menu Asisten, yang merupakan tombol melayang yang dapat dipindahkan ke posisi yang Anda inginkan.
  • Ketuk tombol Menu Asisten, lalu pilih opsi shortcut Gambar Layar (Screenshot).

Anda dapat menyesuaikan lokasi tombol Menu Asisten sehingga tidak muncul dalam tangkapan layar saat Anda mengambil screenshot. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses pintasan tangkapan layar dan aplikasi lainnya tanpa masalah.

Baca juga : Cara Hapus Backgroud Foto di Android Tanpa Aplikasi

4. Screenshot Panjang

Inilah cara untuk mengambil tangkapan layar panjang di Samsung A23 tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, yang sangat cocok bagi pemula. Aktifkan bilah alat tangkapan layar dan ketuk ikon panah ke bawah untuk mendapatkan tangkapan layar yang panjang.

Berikut adalah panduan lengkapnya:

  • Buka menu Pengaturan (Settings) di ponsel Anda.
  • Pilih opsi Fitur Lanjutan (Advanced Features) > Screenshot atau Gambar Layar.
  • Aktifkan slider Bilah Alat Gambar Layar (Screenshot Toolbar).
  • Buka aplikasi yang ingin Anda tangkap dalam tangkapan layar panjang, seperti browser yang menampilkan artikel yang lebih panjang dari satu layar.
  • Buat tangkapan layar di Galaxy A23 Anda menggunakan salah satu metode yang Anda pilih, baik dengan menekan tombol Daya + Volume Turun, mengusap layar dengan telapak tangan, atau melalui menu asisten.
  • Setelah bilah alat muncul di bagian bawah layar, ketuk ikon panah mengarah ke bawah untuk mengambil tangkapan layar panjang.

Dengan fitur tangkapan layar panjang ini, pengguna dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari halaman web yang panjang atau percakapan dalam aplikasi pesan instan. Ini merupakan alat yang sangat berguna untuk menyimpan informasi yang lebih luas pada satu gambar tangkapan layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.