Cara Screenshot di HP Realme C35 Tanpa Tombol Fisik

Cara Screenshot Realme C35

Realme C35 adalah salah satu ponsel dari Realme yang populer di segmen harga sekitar 2 jutaan. Ponsel ini hadir dengan spesifikasi yang sangat mengesankan, dan banyak pengguna bertanya-tanya tentang cara mengambil tangkapan layar (screenshot) di HP Realme C35.

Anda dapat melakukan tangkapan layar dengan berbagai metode pengaturan. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol kombinasi.

Pengguna HP Realme juga bisa menggunakan metode tombol kombinasi yang merupakan cara klasik untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel Android. Ini adalah metode yang sederhana dan masih berlaku serta mudah diterapkan.

Selain itu, ada metode yang lebih canggih yaitu tangkapan layar dengan menggunakan tiga jari. Dalam metode ini, Anda cukup menarik tiga jari Anda dari atas ke bawah di layar, dan ponsel akan secara otomatis membuat tangkapan layar.

Anda juga dapat menggunakan metode tangkapan layar panjang. Sama seperti pada cara mengambil tangkapan layar di Realme C2, Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk mengambil tangkapan layar di Realme C35.

Baca juga : Cara Screenshot Realme GT Master Edition

Cara Screenshot Realme C35

Untuk melakukan tangkapan layar di Realme C35, Anda memiliki beberapa pilihan mode. Anda dapat menggunakan cara klasik dengan tombol daya dan volume naik, atau Anda dapat memilih metode lain seperti gesture.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur tangkapan layar melalui menu Quick Setting yang tersedia di Realme C35. Berikut adalah beberapa informasi tentang cara yang benar untuk mengambil tangkapan layar di HP Realme C35 Anda, khususnya bagi pengguna Android.

1. Tombol Fisik

Menggunakan kombinasi tombol fisik merupakan cara klasik untuk membuat tangkapan layar. Dengan mengombinasikan tombol fisik ini, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil tangkapan layar.

  • Tekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan

Dengan menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan, Anda dapat dengan mudah membuat ponsel Realme C35 Anda melakukan tangkapan layar. Opsi ini dapat dilakukan tanpa perlu melakukan pengaturan tambahan.

2. Tiga Jari

Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan metode tiga jari, khusus untuk Realme C35, Anda dapat mengaktifkan fitur ini tanpa perlu melakukan pengaturan tambahan.

Caranya sangat sederhana: cukup usapkan tiga jari Anda di layar HP Realme C35. Dengan cara ini, sistem akan otomatis membuat tangkapan layar yang akan tersimpan di galeri ponsel Realme Anda.

3. Screenshot Panjang

Namun sayangnya, untuk melakukan tangkapan layar panjang di HP Realme C35, Anda tidak dapat melakukannya secara langsung. Untuk ini, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh melalui Play Store.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi bernama "LongShot Screenshot" melalui Play Store.
  • Jalankan aplikasi tersebut ketika Anda ingin membuat tangkapan layar panjang.
  • Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar panjang yang dapat diatur sejauh mana panjangnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah membuat tangkapan layar panjang di HP Realme C35 Anda.

4. Quick Setting

Anda juga dapat melakukan tangkapan layar menggunakan menu Quick Setting di ponsel Realme. Fitur Quick Setting ini dapat diakses dengan satu jari.

Berikut cara melakukannya:

  • Sapukan layar dari atas ke bawah dengan satu jari hingga muncul Quick Settings.
  • Di dalam Quick Settings, pilih opsi "Screenshot".
  • Selanjutnya, layar akan berkedip, dan Anda akan mendengar suara seperti shutter kamera.
  • Dengan otomatis, tangkapan layar akan diambil.

Menu Quick Setting ini dapat diakses dengan mudah pada semua ponsel Android Anda. Pastikan juga bahwa hasil tangkapan layar akan secara otomatis disimpan di galeri HP Realme Anda.

5. Google Assistant

Cara terakhir adalah dengan menggunakan Google Assistant untuk memerintahkan ponsel melakukan tangkapan layar. Menu ini dapat diaktifkan dengan mudah karena sudah ada menu Google di HP Realme.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ucapkan perintah "OK Google".
  • Pilih bagian layar yang ingin Anda tangkap.
  • Setelah Google Assistant aktif, ucapkan perintah "Take a Screenshot".
  • Dengan otomatis, ponsel akan melakukan tangkapan layar.

Opsi ini dapat diaktifkan dengan mudah karena pada HP Realme sudah ada menu Google Assistant yang aktif. Anda hanya perlu mengaktifkan menu tersebut ketika ingin melakukan tangkapan layar di ponsel Realme Anda.

Baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dan Laptop

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa langkah mudah yang dapat dipilih oleh pengguna Realme C35. Semua langkah ini dapat digunakan ketika Anda memiliki Realme C35 dan ingin melakukan tangkapan layar.

Anda dapat memilih cara mana yang paling cocok untuk Anda agar dapat membuat tangkapan layar dengan cepat. Jangan lupa untuk juga membaca ulasan menarik mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s dalam ulasan sebelumnya.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.