Begini Cara Screenshot di Realme GT Master Edition

Cara Screenshot Realme GT Master Edition

Cara mengambil tangkapan layar di Realme GT Master Edition dapat dilakukan melalui setidaknya empat metode berbeda. Salah satunya adalah dengan menggunakan kombinasi dua tombol fisik, yang merupakan salah satu cara yang paling efektif yang dapat dipilih oleh pengguna untuk mengambil gambar layar pada ponsel ini.

Realme GT Master Edition termasuk dalam kategori ponsel flagship yang terjangkau karena memiliki spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Di situs Realme.co.id, harga Realme GT Master Edition adalah sekitar Rp 4,9 juta untuk varian RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Sementara untuk varian RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB dijual seharga Rp 5,3 juta. Pilihan warnanya adalah Daybreak Blue dan Voyager Grey.

Perangkat ini didukung oleh chipset Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm), baterai 4.300 mAh dengan pengisian daya cepat 65W, layar Super AMOLED 6,43 inci dengan refresh rate 120Hz, dan banyak fitur lainnya.

Dari beragam fitur yang ditawarkan oleh Realme GT Master Edition, artikel ini akan fokus pada fitur tangkapan layar yang tersedia di smartphone ini.

Baca juga : Cara Screenshot di HP Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus

Cara Screenshot di HP Realme GT Master Edition

Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama untuk mengambil tangkapan layar di Realme GT Master Edition adalah dengan menggunakan kombinasi tombol daya dan volume bawah. Tombol daya pada ponsel ini terletak di sisi kanan, sementara tombol volume terletak di sisi kiri.

Caranya cukup dengan menekan dan menahan kedua tombol ini secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, Anda akan melihat notifikasi bahwa tangkapan layar berhasil diambil, ditandai dengan kedipan layar dan bunyi shutter kamera. Gambar tangkapan layar tersebut akan otomatis tersimpan di aplikasi Galeri.

Bilah Notifikasi

Realme GT Master Edition juga memiliki opsi screenshot yang mudah diakses melalui bar notifikasi. Untuk menggunakannya, Anda cukup menggeser layar dari atas ke bawah, mirip dengan cara Anda mengaktifkan Wi-Fi atau mengakses menu notifikasi.

Di bar notifikasi, Anda akan melihat beberapa opsi seperti Senter, Mode Pesawat, Bluetooth, Wi-Fi, dan Screenshot. Cukup ketuk sekali pada opsi "Screenshot", dan perangkat akan secara otomatis mengambil tangkapan layar dari konten yang ada di layar, lalu menyimpannya dalam format gambar JPEG.

Smart Sidebar

Cara ketiga adalah melalui fitur Smart Sidebar yang biasanya sudah aktif secara default saat pertama kali menghidupkan perangkat Realme GT Master Edition.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal mencari garis kecil berwarna putih di sisi kanan atau kiri layar dan menariknya ke arah yang berlawanan. Ini akan membuka beberapa opsi menu seperti Screenshot, Perekaman Layar, Tema, dan lainnya.

Namun, jika Anda tidak menemukan Smart Sidebar, mungkin fiturnya belum aktif. Untuk mengaktifkannya, buka menu Pengaturan, pilih Alat Praktis, dan temukan menu Bilah Samping Cerdas. Aktifkan fitur ini, dan Anda dapat mengakses Smart Sidebar dengan mudah.

Baca juga : Cara Rename Foto dan Video di iPhone dan iPad

3 Jari

Terakhir adalah melalui fitur 3 Finger Screenshot alias Screenshot 3 Jari. Caranya cukup tempelkan tiga jari Anda ke layar, lalu usapkan mereka secara cepat.

Jika fitur ini tidak berfungsi, mungkin Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Pengaturan, pilih Alat Serba Guna, lalu buka opsi Gesture & Gerakan. Di sana, temukan menu Screenshot 3 Jari dan aktifkan fitur ini.

Dengan empat metode yang berbeda, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Realme GT Master Edition sesuai dengan preferensi Anda. Selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.