Cara Screenshot di HP Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+

Cara Screenshot Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+

Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+ telah resmi diluncurkan di Indonesia. Seperti sebelumnya, cara melakukan tangkapan layar di Realme 9 Pro Series juga menarik untuk dibahas.

Secara singkat, terdapat lima opsi tangkapan layar yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di kedua ponsel Realme 5G tersebut.

Baca juga : Cara Screenshot di Realme C25Y Cepat dan Praktis

Cara Screenshot Realme 9 Pro Series

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara pertama yang sudah pasti adalah dengan menggunakan metode kombinasi tombol, di mana Anda hanya perlu menekan tombol daya dan volume bawah (-) secara bersamaan.

Ini adalah cara yang paling efektif karena dapat dilakukan tanpa perlu mengubah atau mengkonfigurasi pengaturan.

Tanpa Menggunakan Tombol

Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+ mewarisi fitur tangkapan layar bawaan dari pendahulunya, yang dapat diakses melalui bar notifikasi.

Fitur ini sangat direkomendasikan untuk digunakan, terutama jika Anda sudah bosan dengan metode pertama.

Caranya sangat mudah: arahkan layar ke area yang ingin Anda tangkap, geser layar ke bawah, dan cari serta pilih opsi "Cuplikan Layar" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Gunakan Gesture 3 Jari

Cara ketiga untuk mengambil tangkapan layar di Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+ adalah dengan menggunakan metode gesek turun 3 jari. Pada beberapa ponsel Realme terbaru, fitur tangkapan layar 3 jari akan aktif secara otomatis sejak pertama kali perangkat dihidupkan.

Namun, jika Anda telah mencoba tetapi tidak berhasil, kemungkinan fiturnya belum aktif. Anda dapat memeriksanya dengan pergi ke Pengaturan > Alat Praktis > Cuplikan Layar, lalu aktifkan fitur Gesek Turun 3 Jari dengan menggeser tombol yang ada di samping menu tersebut.

Setelah diaktifkan, Anda dapat segera mencobanya dengan meletakkan tiga jari Anda di layar dan mengusapkannya ke bawah secara bersamaan.

Menggunakan Bola Bantuan

Selain tiga cara di atas, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Bola Bantuan untuk melakukan tangkapan layar di kedua smartphone ini.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu Pengaturan > Alat Praktis > Bola Bantuan. Setelah berhasil diaktifkan, Anda akan melihat tombol khusus berupa ikon bola melayang yang muncul di sisi kanan layar ponsel.

Cukup klik ikon Bola Bantuan tersebut, kemudian pilih opsi Screenshot. Secara otomatis, sistem akan mengambil cuplikan layar dan menyimpannya ke galeri dalam format gambar JPEG.

Baca juga : Cara Upgrade Android 9.0 Pie untuk Meningkatkan Kinerja OPPO A5s

Melalui Fitur Smart Sidebar

Cara terakhir hampir mirip dengan penggunaan fitur Bola Bantuan, namun perbedaannya adalah bahwa ikon Bola Bantuan memiliki ukuran yang besar dan dapat mengganggu kenyamanan pengguna, sedangkan tombol Bilah Samping Cerdas memiliki ukuran yang lebih minimalis.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Alat Praktis > Bilah Samping Cerdas. Setelah diaktifkan, garis vertikal dengan panjang sekitar 5 cm akan muncul di sisi kanan layar ponsel Realme Anda.

Anda hanya perlu menarik garis tersebut ke arah kiri, tahan selama 1-2 detik, lalu pilih opsi Screenshot, dan selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengambil tangkapan layar di HP Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro+.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.