Simak 4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A03 dan Galaxy A03 Core

Screenshot Samsung Galaxy A03 dan Galaxy A03 Core

Walaupun fitur screenshot pada Samsung Galaxy A03 dan Galaxy A03 Core terbatas, tidak berarti bahwa cara mengambil screenshot pada perangkat ini sulit dilakukan.

Jangan khawatir, baik Anda pengguna Samsung Galaxy A03 atau Samsung Galaxy A03 Core, Anda masih bisa dengan mudah mengambil screenshot. Terdapat setidaknya dua metode yang bisa Anda pilih untuk melakukan tangkapan layar pada kedua perangkat Samsung yang terjangkau ini.

Kedua metode yang dimaksud adalah menggunakan tombol fisik dan memanfaatkan fitur Screenshot yang terdapat dalam Menu Asisten.

Baca juga : Cara Merekam Layar HP Samsung Galaxy M23 Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03 dan Galaxy A03 Core

1. Tombol Fisik

Menggunakan kombinasi tombol fisik memang merupakan salah satu metode yang paling mudah dan direkomendasikan untuk mengambil screenshot.

Hal ini karena Anda dapat langsung menggunakannya tanpa perlu membolak-balik menu di pengaturan perangkat.

Jadi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan area yang ingin Anda tangkap, kemudian cukup tekan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Tahan kedua tombol selama 1-3 detik hingga layar berkedip dan Anda mendengar suara penangkapan gambar kamera, lalu baru Anda bisa melepaskan tombol tersebut.

Tombol power dan volume bawah pada Galaxy A03 dan Galaxy A03 Core terletak di sisi kanan perangkat. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu menggunakan dua tangan untuk melakukan ini.

Untungnya, masih ada alternatif lain yang bisa Anda manfaatkan yaitu melalui Menu Asisten.

Baca juga : Cara Melihat Screen Time Waktu Penggunaan Aplikasi di HP Xiaomi

2. Menu Asisten

Dengan singkat, Menu Asisten adalah salah satu fitur yang sangat berguna untuk membuat pintasan, termasuk tombol tangkapan layar.

Untuk mengaktifkannya, masuklah ke menu Pengaturan terlebih dahulu. Pilih opsi Aksesibilitas, kemudian pilih Interaksi dan Kecekatan. Selanjutnya, aktifkan tombol penggeser yang terletak di samping opsi Menu Asisten.

Ketika fitur Menu Asisten diaktifkan, akan muncul ikon bola melayang di layar. Untuk menggunakannya, cukup ketuk ikon tersebut dan pilih opsi Gambar Layar.

Dengan itu, Anda telah berhasil mengambil screenshot, dan hasilnya dapat ditemukan di aplikasi Galeri.

Itu adalah dua opsi mudah untuk mengambil tangkapan layar pada HP Samsung Galaxy A03 dan Samsung Galaxy A03 Core.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.