Gampang Banget, Begini Cara Screenshot Samsung A13 Bisa Tanpa Tombol

 

Screenshot Samsung A13

Samsung Galaxy A13 adalah ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau yang cocok untuk berbagai kegiatan. Dengan desain yang menarik dan ramping, ponsel ini ideal untuk pekerjaan dan berselancar santai. Anda juga dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dan merekam tampilan layar pada ponsel Samsung ini ketika Anda menemui informasi penting di layar.

Salah satu kelebihan dari ponsel ini adalah adanya fitur tangkapan layar bawaan, meskipun ponsel ini berada di kategori menengah ke bawah. Meskipun ponsel ini tidak memiliki fitur khusus untuk merekam tampilan layar, ada berbagai cara yang lebih praktis, mudah, dan fungsional untuk melakukan tangkapan layar.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan beberapa cara untuk melakukan tangkapan layar di ponsel Samsung Galaxy A13 yang ditenagai oleh Exynos 850. Berikut adalah metode tangkapan layar yang dapat Anda coba.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A14 5G, Mudah dan Cepat!

Cara Screenshot Samsung Galaxy A13

1. Dengan Tombol Fisik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A13. Salah satu metode umum yang digunakan di hampir semua perangkat Android adalah dengan menekan beberapa tombol di ponsel secara bersamaan.

Untuk memastikan Anda tidak bingung, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dan mudah.

  • Siapkan Tampilan Layar yang ingin di Screenshot

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih tampilan layar yang ingin Anda tangkap dalam screenshot.

Penting untuk dicatat bahwa Anda dapat mengambil tangkapan layar dari berbagai tampilan, seperti peta navigasi, artikel di web, percakapan pesan, video, dan banyak lagi. Setelah Anda menemukan tampilan yang ingin ditangkap, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Tekan Tombol Bersamaan

Setelah Anda menemukan bagian yang ingin Anda tangkap dalam screenshot, langkah berikutnya adalah dengan menekan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan di sebelah kanan bodi ponsel.

Tekan dan tahan kedua tombol tersebut hingga muncul tanda atau indikasi di layar yang menunjukkan bahwa screenshot telah diambil. Pada beberapa ponsel, layar mungkin akan berkedip sejenak atau menjadi putih.

Namun, jika tiba-tiba muncul menu untuk mematikan ponsel, itu bisa berarti bahwa Anda telah menekan tombol terlalu lama atau mungkin menekan kedua tombol dengan cara yang tidak benar atau tidak bersamaan.

  • Lihat Hasilnya

Setelah Anda mencoba kedua langkah tersebut, Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke galeri ponsel dan mencari album yang berisi screenshot. Biasanya, semua hasil tangkapan layar disimpan dalam album ini.

2. Screenshot Panjang

Terkadang, Anda mungkin memerlukan informasi lebih lanjut yang melebihi satu tampilan layar di ponsel Samsung Galaxy A13. Untungnya, ponsel ini dilengkapi dengan fitur tangkapan layar panjang.

Untuk mengaktifkan fitur tangkapan layar panjang, Anda perlu mengaktifkan bilah alat gambar layar. Anda dapat melakukannya dengan menuju ke Pengaturan > Tampilan > Gambar layar dan perekam layar. Setelah bilah alat gambar layar diaktifkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan tangkapan layar panjang.

Anda bisa mengambil tangkapan layar seperti biasa dengan menekan tombol daya dan volume secara bersamaan.

Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan melihat bilah alat gambar layar muncul di bagian bawah tampilan hasil tangkapan layar. Anda dapat memilih bagian tangkapan layar panjang yang biasanya ditandai dengan kotak yang berisi anak panah mengarah ke bawah. Klik kotak tangkapan layar panjang tersebut, lalu Anda dapat menggulir ke bawah untuk menangkap seluruh tampilan layar yang diinginkan.

Perlu diingat, pastikan tampilan layar tersebut memang panjang. Jika tampilan layar tidak memanjang, bilah alat gambar layar tidak akan muncul. Seperti tangkapan layar biasa, hasil dari tangkapan layar panjang akan disimpan di galeri ponsel.

3. Dengan Gesture

Anda juga dapat mengambil tangkapan layar tanpa harus menekan tombol. Namun, untuk menggunakan metode ini, Anda perlu mengaktifkan fitur Gesture terlebih dahulu melalui menu Pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu masuk ke Pengaturan > Pengaturan Lanjutan > Gerakan dan Gesture. Di dalam pengaturan ini, aktifkan opsi "Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil".

Untuk memastikan bahwa fitur ini sudah diaktifkan, pastikan tombol pengalihan (toggle) berada di sisi kanan dengan latar belakang berwarna biru.

Setelah Anda mengikuti semua langkah di atas, Anda hanya perlu menemukan tampilan layar yang ingin Anda tangkap. Selanjutnya, Anda bisa mengambil tangkapan layar dengan cara melambaikan tangan di atas layar. Pastikan tangan Anda dalam posisi terbuka, mirip dengan tindakan bersalaman atau menampar.

Posisikan tangan Anda di ujung kanan ponsel, lalu lakukan gerakan melambaikan tangan ke arah kiri. Anda juga dapat menggunakan tangan kiri dengan arah gerakan yang berlawanan jika Anda lebih nyaman. Jika cara ini berhasil, layar akan berkedip sejenak menjadi putih, dan hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di galeri.

4. Dengan Menu Asisten

Ada metode lain yang lebih mudah dan cepat untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A13, yaitu dengan menggunakan Menu Asisten. Metode ini dianggap lebih sederhana karena tidak memerlukan tombol fisik dan tidak melibatkan gerakan tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Sama seperti metode Gesture sebelumnya, Anda perlu mengaktifkan Menu Asisten melalui pengaturan. Caranya, masuk ke pengaturan ponsel Samsung Galaxy A13. Pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan. Selanjutnya, aktifkan opsi Menu Asisten.

Jika fitur ini sudah diaktifkan, akan muncul tombol melayang berupa ikon dengan empat kotak. Ketika ikon ini ditekan, akan muncul beberapa tombol pintasan, salah satunya digunakan untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Setelah Menu Asisten diaktifkan, Anda dapat menempatkan ikon Menu Asisten sesuai kebutuhan di area layar.

Tombol pintasan untuk tangkapan layar dalam Menu Asisten biasanya berbentuk gambar layar. Jika tidak ada ikon tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi tombol pintasan dalam Menu Asisten.

Untuk memulai tangkapan layar dengan menggunakan Menu Asisten, Anda perlu masuk ke tampilan layar yang ingin ditangkap. Setelah itu, cukup ketuk ikon kotak Menu Asisten, lalu ketuk ikon gambar layar. Dengan cara ini, tangkapan layar dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Baca juga : Cara Membuat Video Slow Motion di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, Anda juga dapat mencoba beberapa aplikasi tangkapan layar untuk perangkat Android. Berikut beberapa rekomendasinya.

  • Screenshot Easy

Seperti namanya, Screenshot Easy adalah salah satu aplikasi tangkapan layar yang mudah digunakan, dan itulah mengapa banyak pengguna Android memberikan tanggapan positif terhadapnya. Aplikasi gratis ini memiliki ukuran yang ringan, tetapi dilengkapi dengan beragam fitur.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda hanya perlu mengetuk ikon berbentuk kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menggoyangkan HP guna mengambil tangkapan layar. Antarmukanya minimalis dan mudah dipahami.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengeditan yang cukup baik. Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar dari halaman web, video, hingga permainan.

Ketika kami mencobanya, aplikasi ini cukup mudah dan cepat ketika menggunakan metode mengklik ikon kamera. Namun, ketika mencoba metode menggoyangkan HP, terdapat sedikit jeda dalam pengambilan tangkapan layar. Terkadang, beberapa percobaan mungkin tidak berhasil dalam pengambilan tangkapan layar. Walaupun begitu, aplikasi ini masih tergolong mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

  • Screen Master

Screen Master adalah salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik yang tersedia di Play Store. Dengan lebih dari 5 juta pengguna dan rating ulasan sebesar 4,7, aplikasi gratis ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang sering mengambil tangkapan layar di ponsel mereka.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah antarmuka pengguna yang sederhana dan praktis, sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini juga memiliki penggunaan sumber daya yang ringan, sehingga tidak memberatkan RAM perangkat. Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kualitas gambar yang dihasilkan, serta fitur-fitur yang lengkap, termasuk kemampuan pengeditan dan berbagi ke media sosial.

Salah satu kekurangan dari aplikasi tangkapan layar ini adalah adanya iklan yang muncul karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil tangkapan layar dari konten yang dilindungi.

Kekurangan lainnya adalah aplikasi ini menampilkan bilah tambahan di status bar, yang mungkin sedikit mengganggu ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Salah satu fitur yang kami sukai dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Ketika kami mencobanya, fitur ini ternyata berfungsi dengan cepat dan mudah digunakan.

Demikianlah beberapa metode umum dan khusus yang dapat Anda coba sebagai pengguna Samsung Galaxy A13. Semoga Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A13 dengan lebih baik.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.