Cara Screenshot Samsung Galaxy A14 5G, Mudah dan Cepat!

Cara Screenshot Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5G adalah salah satu ponsel 5G terjangkau dari Samsung, dengan harga sekitar Rp2.999.000. Keberadaannya menarik banyak perhatian, terutama karena sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan. Ini mencakup layar luas 6,6 inci Full HD+ 90 Hz, kamera utama 50 MP, cipset Dimensity 700 yang kompeten, dan RAM 6 GB. Dengan spesifikasi tersebut, diprediksi bahwa ponsel ini akan menjadi produk yang diminati di pasar. Nama besar Samsung juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, dengan popularitasnya, mungkin ada beberapa pengguna yang membutuhkan panduan tentang cara melakukan tangkapan layar (screenshot) di Samsung Galaxy A14 5G. Artikel ini akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda coba untuk melakukan screenshot di ponsel dengan baterai 5.000 mAh ini. Berikut ini adalah cara-cara melakukan screenshot di Samsung Galaxy A14 5G yang dapat Anda praktikkan.

Baca juga : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A13

Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy A14 5G

1. Menggunakan Tombol Fisik

Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A14 5G. Cara yang umum digunakan di sebagian besar ponsel Android adalah dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk mengambil screenshot dengan mudah di Samsung Galaxy A14 5G.

  • Persiapkan tampilan layar yang ingin di ambil screenshot

Pertama-tama, Anda perlu menentukan tampilan layar yang ingin Anda tangkap sebagai screenshot.

Anda dapat mengambil screenshot dari berbagai jenis tampilan layar, seperti peta navigasi, artikel di web, percakapan pesan, video, dan banyak lainnya. Setelah Anda menemukan tampilan yang ingin Anda rekam, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

  • Tekan Tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan

Setelah Anda menemukan bagian layar yang ingin diambil screenshot, langkah berikutnya adalah menekan tombol daya (power) dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Tahan kedua tombol ini hingga Anda melihat tanda atau notifikasi di layar yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Beberapa perangkat HP mungkin akan menampilkan layar yang berkedip sebentar atau mungkin tampak seperti berubah putih sejenak.

Jika Anda melihat menu untuk mematikan ponsel muncul, itu berarti Anda mungkin menekan tombol terlalu lama atau mungkin tidak menekan kedua tombol dengan benar secara bersamaan.

  • Cek hasil screenshot

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa hasil screenshot Anda dengan masuk ke galeri di ponsel Anda dan mencari album khusus yang berisi semua hasil screenshot. Biasanya, semua tangkapan layar akan tersimpan di album ini untuk memudahkan akses dan pengelolaan.

2. Screenshot Panjang Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5G memiliki fitur "long screenshot" yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dari tampilan yang lebih panjang. Untuk menggunakan fitur ini, aktifkan terlebih dahulu bilah alat gambar layar dengan masuk ke Pengaturan > Tampilan > Gambar Layar dan Perekam Layar.

Setelah Anda mengaktifkan bilah alat gambar layar, berikut langkah-langkah untuk mengambil long screenshot:

  • Lakukan tangkapan layar seperti yang dijelaskan sebelumnya dengan menekan tombol daya dan volume secara bersamaan.
  • Setelah Anda berhasil mengambil screenshot, Anda akan melihat bilah alat gambar layar muncul di bagian bawah layar yang berisi tampilan screenshot Anda.
  • Pilih kotak yang menunjukkan "screenshot panjang" yang biasanya berisi anak panah mengarah ke bawah.
  • Kemudian, Anda dapat menggulir ke bawah tampilan layar untuk menangkap bagian yang lebih panjang. Pastikan tampilan layar benar-benar panjang; jika tidak, bilah alat gambar layar tidak akan muncul.
  • Hasil dari long screenshot akan tersimpan di galeri ponsel Anda seperti tangkapan layar biasa.

Dengan fitur long screenshot ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari tampilan yang lebih besar tanpa harus melakukan beberapa screenshot terpisah.

3. Dengan Gesture

Anda juga dapat melakukan screenshot tanpa harus menekan tombol dengan mengaktifkan fitur Gesture di pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

Aktifkan Fitur Gesture:

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Pilih Pengaturan Lanjutan.
  • Cari opsi Gerakan dan Gesture.
  • Aktifkan opsi Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil (Palm swipe to capture).

Pastikan opsi ini diaktifkan dengan menggeser tombol toggle sehingga berwarna biru.

Cara Melakukan Screenshot:

  • Setelah mengaktifkan fitur Gesture, cari tampilan layar yang ingin Anda screenshot.
  • Untuk melakukan screenshot, letakkan tangan Anda di ujung kanan ponsel dengan tangan terbuka, seolah-olah Anda akan memberi salam atau menampar.
  • Lalu, geser tangan Anda ke arah kiri. Anda juga dapat melakukannya dengan tangan kiri dengan arah sebaliknya.
  • Jika berhasil, layar akan berkedip dan hasil screenshot akan disimpan secara otomatis di galeri ponsel Anda.

Dengan fitur Gesture ini, Anda dapat mengambil screenshot hanya dengan menggeser tangan, yang dapat sangat memudahkan proses pengambilan gambar layar.

4. Melalui Menu Asisten

Anda juga bisa mengambil screenshot di Samsung Galaxy A14 5G dengan mudah dan cepat menggunakan Menu Asisten. Berikut langkah-langkahnya.

Mengaktifkan Menu Asisten:

  • Masuk ke Pengaturan pada ponsel Samsung Galaxy A14 5G Anda.
  • Pilih menu Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan.
  • Aktifkan opsi Menu Asisten.

Menggunakan Menu Asisten untuk Screenshot:

  • Setelah mengaktifkan Menu Asisten, Anda akan melihat tombol melayang berisi ikon 4 kotak di layar.
  • Ketuk tombol Menu Asisten, dan akan muncul berbagai tombol pintasan.
  • Salah satu tombol pintasan yang biasanya ada adalah ikon gambar layar (screenshot).
  • Ketuk ikon gambar layar untuk mengambil screenshot dengan cepat.

Dengan menggunakan Menu Asisten, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot tanpa harus menggunakan tombol fisik atau gerakan tangan. Ikon gambar layar pada Menu Asisten memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan cepat dan efisien.

Baca juga : Cara Menyimpan Video dari Youtube ke Galeri HP

Rekomendasi Aplikasi Screenshot Samsung Galaxy A14 5G

Anda dapat menggunakan aplikasi screenshot di Android untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah. Di bawah ini, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang berguna untuk tugas ini:

  • Screenshot Easy

Aplikasi ini memberikan berbagai opsi pengambilan tangkapan layar. Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan tombol yang ditentukan atau dengan menggoyangkan perangkat Anda. Aplikasi ini juga memiliki editor bawaan untuk mengedit tangkapan layar Anda.

  • Screenshot Touch

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan mengetuk ikon yang ada di layar. Anda dapat menyesuaikan pengaturan seperti kualitas gambar dan opsi penyimpanan.

  • AZ Screen Recorder

Meskipun namanya adalah "Screen Recorder," AZ Screen Recorder juga memiliki fitur tangkapan layar yang handal. Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan berbagai metode, seperti tombol khusus atau pemberitahuan yang muncul.

  • Screen Master

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan sangat mudah. Anda dapat mengedit gambar dengan berbagai alat yang tersedia, seperti teks, panah, dan stiker.

  • LongShot

Jika Anda perlu mengambil tangkapan layar panjang, seperti tangkapan layar gulir, LongShot adalah pilihan yang baik. Aplikasi ini dapat menggabungkan beberapa tangkapan layar menjadi satu gambar panjang.

  • Screen Capture

Aplikasi ini adalah pilihan sederhana dan mudah digunakan. Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengetuk ikon aplikasi, dan gambar akan disimpan dalam galeri Anda.

  • Power Shade

Ini adalah aplikasi manajemen pemberitahuan yang juga memiliki fitur tangkapan layar. Anda dapat mengambil tangkapan layar dari pemberitahuan yang muncul dan mengeditnya sebelum menyimpannya.

Pastikan untuk memilih aplikasi tangkapan layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi mungkin memiliki fitur tambahan, seperti pengeditan gambar, penyimpanan otomatis ke cloud, atau kemampuan untuk mengambil tangkapan layar panjang. Dengan aplikasi tangkapan layar yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengambil dan mengelola tangkapan layar di perangkat Android Anda.

Demikianlah panduan cara umum dan metode khusus yang dapat Anda coba jika Anda menggunakan Samsung Galaxy A14 5G. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda saat mengambil tangkapan layar di perangkat Samsung Galaxy A14 5G Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.