5 Cara Menyalakan LED iPhone Saat Ada Notifikasi dan Panggilan Masuk

Bunyi suara panggilan telepon atau notifikasi lainnya sering kali tidak terdengar di lingkungan yang bising. Namun, jika kamu mengaktifkan fitur LED flash untuk panggilan masuk di iPhone, kamu tidak akan pernah melewatkan panggilan penting atau pemberitahuan apapun.

Fitur ini menggunakan lampu LED yang terletak di bagian belakang iPhone, tepat di sebelah lensa kamera, yang akan berkedip setiap kali ada notifikasi atau panggilan masuk. Penggunaan LED flash untuk pemberitahuan sangat ideal ketika kamu berada di tempat-tempat ramai seperti pasar, konser musik, bioskop, atau area keramaian lainnya.

Menariknya, untuk mengaktifkan fitur praktis ini, kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan dari AppStore. Kamu bisa mengatur semuanya langsung melalui menu pengaturan iPhone. Bagi yang belum tahu cara mengaktifkan LED flash untuk pemberitahuan di iPhone, berikut adalah panduan yang lebih rinci.

Cara Mengaktifkan Lampu Notif LED di iPhone

Lampu LED pada iPhone sangat berguna jika kita tidak ingin melewatkan notifikasi penting saat perangkat terkunci dan dalam mode senyap. Menyalakan lampu LED untuk panggilan masuk di iPhone sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Buka kunci iPhone dan buka Pengaturan (Settings).
  2. Masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibility).
  3. Gulir ke bawah ke bagian Pendengaran (Hearing).
  4. Pilih Audio/Visual.
  5. Temukan menu Visual.
  6. Aktifkan LED Flash for Alerts yang ada di bawah.

Seperti yang kita ketahui, fitur ini pertama kali dipopulerkan oleh ponsel Blackberry yang saat ini sudah tidak lagi digunakan oleh banyak orang.

Cara Menyalakan Led Flash di iOS Saat Ada Panggilan Masuk

Lampu notifikasi biasanya berupa LED dengan pencahayaan yang baik. LED ini dapat memberikan tanda ketika ada notifikasi yang masuk ke iPhone.

Umumnya, LED akan menyala atau berkedip-kedip saat ada notifikasi masuk, seperti pesan, peringatan, panggilan, dan lainnya.

Dengan adanya tanda berupa lampu LED yang berkedip-kedip, pengguna bisa lebih mudah mengetahui adanya notifikasi di iPhone. Namun, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara menyalakan lampu notifikasi.

Jika Anda termasuk yang belum tahu, berikut adalah cara menyalakan lampu notifikasi di iPhone. Anda dapat mengikuti tutorialnya dan langsung mempraktikkannya di iPhone Anda.

  1. Buka Pengaturan (Settings) di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan menu Accessibility.
  3. Di dalam menu Accessibility, cari opsi Audio/Visual.
  4. Pilih menu Visual.
  5. Aktifkan opsi LED Flash for Alerts.

Sekarang, ketika ada panggilan masuk, pesan, atau notifikasi dari aplikasi seperti WhatsApp, lampu LED iPhone akan berkedip. Jadi, meskipun mode dering iPhone Anda diatur ke mode senyap (Silent), Anda tetap dapat melihat pemberitahuan melalui lampu notifikasi.

Manfaat Menyalakan Lampu Notif di iPhone

Tidak diragukan lagi, cara menyalakan lampu notifikasi di iPhone memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Lampu notifikasi ini menjadi penanda adanya pemberitahuan yang masuk ke perangkat.

Ketika lampu notifikasi iPhone menyala, ini tidak hanya menunjukkan bahwa ada notifikasi yang masuk, tetapi juga berbagai hal lainnya. Lampu LED pada iPhone juga dapat menyala sebagai pengingat pemberitahuan yang belum dibuka.

Selain itu, saat layar mati, lampu LED juga dapat menyala untuk menandakan adanya post terbaru. Dengan demikian, pengguna tidak akan melewatkan pemberitahuan penting yang masuk ke ponselnya.

Penyebab Lampu Notifikasi di iPhone Tidak Bisa Menyala

Jika Anda telah mencoba tutorial untuk menyalakan lampu notifikasi iPhone namun lampu notifikasinya tetap tidak menyala, Anda perlu mencurigai adanya masalah pada perangkat yang Anda gunakan.

Masalah semacam ini tidak hanya terjadi pada iPhone, tetapi juga pada HP Android. Beberapa penyebab umumnya antara lain.

1. Mode Hening Aktif

Salah satu alasan mengapa lampu notifikasi pada smartphone mungkin tidak menyala adalah karena mode senyap aktif. Sudah umum diketahui bahwa mode senyap dapat memengaruhi lampu notifikasi pada ponsel.

Ketika mode senyap diaktifkan, ponsel tidak akan mengeluarkan suara atau nada saat ada pemberitahuan masuk. Selain itu, lampu notifikasi juga tidak akan menyala.

Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat menonaktifkan mode senyap agar lampu notifikasi pada HP dapat menyala seperti biasa. Ini layak untuk dicoba, bukan?

2. Mode Hemat Daya Aktif

Salah satu alasan lain mengapa lampu LED sebagai penanda notifikasi pada HP mungkin tidak bisa menyala adalah karena mode hemat daya aktif. Banyak pengguna yang mengaktifkan mode hemat daya untuk menghindari penggunaan baterai yang berlebihan.

Akibatnya, beberapa fitur pada ponsel menjadi nonaktif, termasuk lampu notifikasi yang ada di smartphone.

Oleh karena itu, jangan heran jika lampu notifikasi HP tidak menyala saat mode hemat daya aktif. Anda dapat menghidupkan kembali lampu notifikasi di HP dengan menonaktifkan mode hemat daya.

Setelah memahami penjelasan di atas, Anda sekarang mengetahui cara menyalakan lampu notifikasi iPhone dengan mudah dan praktis. Selain itu, Anda juga memahami manfaat dan penyebab lampu notifikasi mati.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.