Cara Menampilkan Tanggal, Waktu & Lokasi Pada Kamera iPhone

Cara Foto Ada Tanggal, Waktu, dan Lokasi di iPhone

Di era digital saat ini, penggunaan smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Salah satu fitur yang sering dimanfaatkan pada smartphone, termasuk iPhone, adalah kamera.

Dengan kamera iPhone, kita dapat dengan mudah menangkap momen-momen berharga dalam hidup kita. Tapi, tahukah Anda bahwa iPhone juga memungkinkan penambahan informasi tanggal, waktu, dan lokasi pada foto yang diambil?

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menambahkan tanggal, waktu, dan lokasi pada foto di iPhone, serta langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Baca juga : Cara Menggunakan dan Mematikan AirPods di HP iPhone dan Android

Cara Menampilkan Tanggal, Waktu & Lokasi Pada Kamera iPhone

Untuk memudahkan panduan ini, saya akan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang sudah dilengkapi dengan fitur penandaan tanggal, waktu, dan lokasi. Aplikasi yang akan saya gunakan kali ini adalah Timestamp Camera Basic.

Timestamp Camera Basic

Berikut langkah-langkah untuk mengambil foto dengan informasi tanggal, waktu, dan lokasi:

  • Pertama, unduh dan instal aplikasi Timestamp Camera Basic melalui App Store.
  • Buka aplikasi Timestamp Camera Basic yang telah berhasil diinstal di iPhone Anda.
  • Atur posisi, format, font, opacity, dan tambahan penandaan informasi lainnya melalui pengaturan kamera. Caranya, ketuk logo jam yang terletak di pojok kanan bawah layar.
  • Kembali ke pratinjau kamera, dan penandaan tanggal dan lokasi akan otomatis muncul di sana.
  • Untuk mengambil foto, cukup ketuk tombol bulat di bagian tengah bawah layar, sama seperti menggunakan kamera bawaan iPhone.
  • Selesai.

Beberapa pengguna mungkin berhasil mengikuti tutorial ini tanpa masalah, tetapi beberapa orang mungkin mengalami kesalahan dalam penandaan tanggal dan lokasi.

Jika terdapat kesalahan pada penandaan tanggal, waktu, dan lokasi saat mengambil foto, kemungkinan ada pengaturan tanggal dan geotagging yang belum Anda atur.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Aktifkan Fitur Lokasi atau Geotagging iPhone

Geotagging adalah proses penambahan data lokasi ke dalam metadata foto yang diambil dengan menggunakan GPS. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka "Pengaturan" di layar beranda iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi "Privasi". Ketuk untuk membukanya.
  • Di dalam opsi "Privasi", cari dan ketuk "Layanan Lokasi".
  • Pastikan opsi "Layanan Lokasi" diaktifkan dengan menggeser tombol di sampingnya ke posisi "On".
  • Setelah mengaktifkan "Layanan Lokasi", gulir ke bawah dan cari aplikasi "Kamera". Ketuk untuk membukanya.
  • Pilih opsi "Saat Menggunakan Aplikasi" atau "Selalu" tergantung pada preferensi Anda. Opsi "Saat Menggunakan Aplikasi" akan mengaktifkan geotagging hanya saat menggunakan aplikasi Kamera, sementara opsi "Selalu" akan mengaktifkan geotagging secara terus-menerus.

Setting Waktu dan Tanggal iPhone dengan Benar

Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa tanggal dan waktu di iPhone Anda telah diatur dengan benar. Tanggal dan waktu yang tepat akan ditampilkan dalam informasi metadata pada foto yang diambil. Untuk memeriksa dan mengatur tanggal dan waktu, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka "Pengaturan" di layar beranda iPhone Anda.
  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi "Umum".
  • Di dalam opsi Umum, cari dan ketuk "Tanggal & Waktu".
  • Pastikan opsi "Atur Secara Otomatis" diaktifkan. Dengan mengaktifkan opsi ini, iPhone Anda akan menyesuaikan tanggal dan waktu secara otomatis berdasarkan lokasi geografis Anda.

Baca juga : Cara Rename Foto atau Video di iPhone dan iPad

5 Aplikasi Foto yang Ada Tanggal dan Lokasi untuk iPhone

Aplikasi foto yang menampilkan tanggal dan lokasi sedang menjadi tren di media sosial karena memberikan informasi rinci tentang kapan dan di mana suatu foto diambil. Adanya tanggal dan lokasi dalam foto dapat menjadi pengingat yang berharga untuk detail momen yang tertangkap dalam gambar.

Tak hanya itu, aplikasi semacam ini dianggap sangat penting untuk beberapa profesi, seperti para kurir yang melakukan pengiriman barang. Aplikasi foto dengan fitur tanggal dan lokasi akan mempermudah mereka dalam mencatat waktu dan lokasi pengiriman barang.

Kami telah mengumpulkan sejumlah rekomendasi aplikasi foto yang menyertakan tanggal dan lokasi khusus untuk pengguna iPhone. Oleh karena itu, simak ulasannya di bawah ini.

1. PhotoMarks

Rekomendasi pertama adalah PhotoMarks, sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menambahkan tanda waktu pada foto. Tidak hanya dapat mengambil gambar secara langsung dari aplikasi, pengguna juga dapat memasukkan gambar dari galeri ponsel untuk kemudian ditambahkan tanggal dan lokasinya.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengeklik opsi 'Teks' untuk menambahkan cap tanggal dan waktu. Setelah itu, sesuaikan format tulisan sesuai dengan pilihan stempel yang paling Anda sukai.

2. Timestamp Camera

Terdapat berbagai model stempel yang dapat Anda pilih untuk memberikan cap tanggal dan lokasi di Timestamp Camera. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengganti warna stempel, mengedit keterangan waktu dan lokasi secara manual, serta memilih format penulisan sesuai dengan preferensi masing-masing.

3. DateStamper

Dengan DateStamper, pengguna tidak perlu melakukan banyak penyesuaian pada aplikasi agar dapat memberikan cap waktu dan lokasi pada foto.

Beberapa fitur yang disediakan oleh DateStamper antara lain dapat menyesuaikan jenis huruf, posisi, ukuran, dan warna cap sesuai dengan preferensi pengguna. Selain itu, Anda juga dapat menerapkan efek pada cap, seperti bayangan tulisan.

4. Timestamp Camera Enterprise

Jika aplikasi sebelumnya hanya mampu menambahkan cap lokasi dan waktu pada foto, Timestamp Camera Enterprise memiliki kemampuan untuk memberikan cap tersebut pada berkas video.

Selain memberikan cap lokasi dan tanggal, pengguna dapat menambahkan stempel logo pribadi mereka dengan cara mengimpor dari penyimpanan.

5. Timestamp Photo and Video

Rekomendasi aplikasi foto yang mencakup tanggal dan lokasi berikutnya adalah Timestamp Photo and Video. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan pilihan untuk memberikan cap tanggal dan lokasi tidak hanya pada foto, tetapi juga pada video.

Pengguna dapat menyesuaikan cap tanggal dan lokasi dengan beberapa langkah mudah. Manfaatkan fitur jenis huruf, warna, ukuran, dan penempatan sesuai keinginan Anda untuk cap tanggal dan lokasi pada foto Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara mengambil foto dengan tanggal dan lokasi di iPhone seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan foto dengan informasi tanggal dan lokasi yang tertera di perangkat. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengingat kapan dan di mana foto tersebut diambil, terutama saat melihat kembali koleksi foto di masa depan.

Namun, perlu diingat bahwa fitur geotagging juga dapat mengungkapkan informasi pribadi seperti lokasi tempat tinggal atau rutinitas harian Anda. Oleh karena itu, selalu perhatikan privasi Anda dan hanya aktifkan geotagging ketika Anda merasa nyaman untuk membagikan informasi lokasi tersebut.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.