Cara Menggunakan dan Mematikan AirPods di HP iPhone dan Android

Jika Anda memiliki AirPods tetapi tidak tahu cara menggunakannya atau mematikannya di iPhone atau Android, jangan khawatir. Di sini, saya akan memberikan penjelasan dan panduan langkah-langkahnya. Baca informasinya lebih lanjut di bawah ini.

Cara Menggunakan dan Mematikan AirPods

Sebagai perusahaan teknologi raksasa dengan reputasi yang sangat besar, brand Apple mempersembahkan beragam produk selain ponsel pintarnya yang terkenal. Mulai dari iPad, smartwatch, hingga AirPods.

Tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, meskipun dengan harga yang cenderung tinggi, Apple berhasil menciptakan produk dengan tingkat keunggulan yang membuatnya terasa sangat eksklusif.

Di antara produk-produk Apple, iPhone adalah yang paling banyak diminati. Gadget ini telah berhasil memikat perhatian pembeli sejak versi pertama iPhone diperkenalkan.

Meskipun sempat diragukan pada awalnya, tidak dapat disangkal bahwa seiring berjalannya waktu, iPhone menjadi salah satu produk terlaris berkat aura eksklusifnya.

Tak lama setelah mendominasi pasar gadget, Apple kembali meluncurkan produk terbaru, yaitu earbuds nirkabel yang diberi nama AirPods.

Perangkat ini juga menarik perhatian, terutama dalam hal kualitas suara dan kejernihan. AirPods mampu memberikan kepuasan kepada para pemiliknya.

Baca juga : Cara Scan Barcode Kode QR di iPhone

Apa itu AirPods?

AirPods merupakan produk earbuds nirkabel yang diproduksi oleh Apple dan diperkenalkan pada tahun 2016. Dirancang khusus untuk berkompatibilitas dengan perangkat Apple melalui koneksi Bluetooth, AirPods menjadi representasi teknologi canggih generasi berikutnya setelah penghapusan headphone jack 3,5 mm.

Keunggulan utama AirPods adalah kemampuannya bekerja dengan perangkat Bluetooth, termasuk iPhone, iPad, iPod Touch, Apple Watch, Mac, dan bahkan perangkat Android. Meskipun demikian, beberapa fitur AirPods mungkin tidak sepenuhnya berfungsi pada perangkat bukan buatan Apple. Contohnya, fungsi "Hey Siri" pada AirPods memerlukan perangkat yang mendukung fitur tersebut, seperti iPhone, iPad, atau Apple Watch.

Sejak perilisan AirPods, banyak penggemar produk Apple beralih dari teknologi sebelumnya ke AirPods. Hal ini disebabkan oleh kepraktisan AirPods yang mudah dibawa, kemudahan penggunaan, dan kualitas suara yang unggul.

Selain digunakan untuk mendengarkan musik, AirPods juga dapat digunakan untuk menerima panggilan telepon, mengaktifkan Siri, dan berbagai fungsi lainnya.

Setelah mengetahui sejarah AirPods, penting untuk memahami cara mengoperasikannya. Hal ini melibatkan penggunaan sehari-hari, termasuk cara menggunakan dan mematikan AirPods.

Cara Menggunakan AirPods

Mungkin ada pandangan bahwa AirPods hanya dapat digunakan secara eksklusif untuk perangkat Apple, namun kenyataannya, earbuds dari Apple ini dapat dihubungkan dengan perangkat Android atau gadget lainnya.

Sebelum memulai tutorial, pastikan AirPods Anda telah terisi daya. Untuk mengisi daya, letakkan AirPods dalam kotak pengisian daya dan sambungkan kotak pengisian daya ke sumber daya menggunakan kabel Lightning.

Ingin tahu cara menggunakannya? Mari langsung saja kita lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghubungkan AirPods di iPhone

  1. Nyalakan iPhone Anda dan buka casing yang berisi AirPods.
  2. Aktifkan Bluetooth di iPhone dan juga di AirPods.
  3. Tempatkan AirPods dalam jarak dekat dengan iPhone untuk memungkinkan Bluetooth iPhone mendeteksi perangkat AirPods.
  4. Tunggu hingga notifikasi muncul di layar iPhone Anda.
  5. Dalam notifikasi pengaturan, akan muncul opsi "Connect" atau "Hubungkan." Tekan opsi tersebut secara bersamaan dengan menekan tombol kecil yang terletak di belakang casing AirPods.
  6. Tunggu beberapa saat hingga AirPods berhasil terhubung dengan iPhone Anda.

Cara Menghubungkan Air Pods di Android

  1. Nyalakan perangkat Android Anda dan buka menu pengaturan. Cari opsi pengaturan Bluetooth dan aktifkan fitur Bluetooth.
  2. Buka penutup casing AirPods dan aktifkan fitur Bluetooth pada AirPods.
  3. Tekan dan tahan tombol pengaturan di bagian belakang casing AirPods hingga lampu LED berkedip putih.
  4. Di daftar Bluetooth pada perangkat Android Anda, akan muncul beberapa pilihan. Pilih AirPods dari daftar tersebut.
  5. Selanjutnya, tekan opsi "Pasangkan" atau "Pair" hingga ponsel Android Anda berhasil terhubung dengan AirPods.
  6. Proses selesai.

Baca juga : Cara Membuat Video Tangan Menulis di Android

Cara Mematikan AirPods

Pada akhirnya, kita sampai pada topik terakhir, yaitu tutorial mengenai cara mematikan AirPods. Prosesnya juga sangat sederhana, seperti berikut.

  1. Nyalakan perangkat handphone Anda dan buka aplikasi Pengaturan. Cari opsi pengaturan Bluetooth, dan aktifkan menu Bluetooth.
  2. Temukan menu AirPods, kemudian tekan tombol di sebelah kanan AirPods Anda yang bernama "i" dengan warna biru.
  3. Klik "Disconnect" jika Anda ingin mematikan koneksi dengan mengakhiri hubungan antara AirPods dan iPhone Anda.
  4. Klik "Forget This Device" jika Anda ingin menghapus koneksi untuk selanjutnya.

Setelah selesai menggunakan AirPods, letakkan kembali ke dalam kotak pengisian daya untuk mengisi ulang baterai. Jika baterai kotak pengisian daya hampir habis, sambungkan kotak pengisian daya ke sumber daya menggunakan kabel Lightning untuk mengisi ulang baterai.

Demikianlah gambaran singkat mengenai AirPods dari Apple beserta panduan cara menggunakan dan mematikannya dengan benar. Meskipun produk ini berasal dari merek Apple, pengguna Android juga dapat mencoba menggunakan AirPods.

Penting untuk diingat bahwa fitur dan fungsi AirPods mungkin bervariasi tergantung pada model dan versi perangkat iOS yang Anda gunakan.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.