Daftar Kode iPhone LL/A, ZP/A, ZA/A, PA/A Lengkap Setiap Negara

Anda mungkin bingung dengan asal negara iPhone yang Anda beli! Oleh karena itu, periksa kode negara iPhone dan cara memeriksa nomor modelnya dalam artikel ini.

Daftar Nomor Model Negara iPhone

Jika Anda berencana untuk membeli iPhone asli bekas dan sedang mencari informasi tentang kode iPhone aslinya dari negara mana, jangan khawatir. Di artikel ini, saya akan memberikan informasi mengenai kode iPhone untuk setiap negara di seluruh dunia. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Kenapa Kode iPhone Setiap Negara Berbeda?

Setiap negara memiliki regulasi dan standar yang berbeda untuk perangkat telekomunikasi, termasuk jaringan seluler, frekuensi, dan teknologi yang digunakan. Kode model iPhone yang berbeda mencerminkan perbedaan ini, memungkinkan Apple untuk memproduksi dan menjual iPhone yang sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan yang berlaku di masing-masing negara.

Perbedaan ini tidak hanya terbatas pada kode model, tetapi juga bisa mencakup perbedaan dalam dukungan jaringan seperti frekuensi LTE, dukungan kartu SIM, dan fitur-fitur khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Contohnya, iPhone di Jepang (J/A) tidak memiliki fitur mode senyap pada kamera belakang dan depan. Mengapa? Karena di Jepang, ada aturan yang melarang penggunaan kamera secara diam-diam.

Adanya perbedaan ini memungkinkan Apple untuk mematuhi persyaratan hukum dan teknis di setiap negara, sambil memastikan kompatibilitas yang tepat dengan infrastruktur telekomunikasi setempat.

Namun, dari segi kualitas iPhone, tidak ada perbedaan. Walaupun harganya mungkin sedikit lebih murah di beberapa negara, kualitas iPhone original tetap sama, dengan catatan bahwa perangkat tersebut belum pernah mengalami penggantian suku cadang.

Fungsi Kode iPhone

iPhone, sebagai smartphone paling populer di seluruh dunia, memiliki berbagai kode wilayah yang berbeda. Kode negara iPhone diciptakan secara khusus untuk membedakan dan mengidentifikasi asal negara perangkat tersebut.

Selain itu, fungsi dari kode iPhone ini juga melibatkan syarat klaim garansi. Jika seseorang membeli iPhone resmi di Indonesia, maka garansi hanya dapat diklaim di iBox yang tersebar di seluruh Indonesia.

Daftar Kode iPhone di Setiap Negara

Tiap negara memiliki kode iPhone yang unik. Berikut adalah daftar kode iPhone beserta nama negara yang bersangkutan.

KODENEGARA
ABMesir, Yordania, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab
BIrlandia, Inggris dan beberapa negara bagian
BRBrazil (Assembled in Brazila)
BZBrazil (Assembled in China)
CCanada
CHChina
CZCzech Republic
DGermany
DNaustria, Germany, Netherlands
EMexico
EEEstonia
FBFrance, Luxembourg
FDAustria, Liechtenstein, Switzerland
GRGreece
HNIndia
IPItaly
HBIsrael
JJapan
KNNorway
KSFinlandia dan Swedia
LAKolombia, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras dan Peru, Nikaragua, Barbados, Republik Dominika, Puerto Riko dan Kosta Rika
LEArgentina
LLAmerika Serikat, Kanada dan juga beberapa subwilayah lain
LZCili, Paraguay dan Uruguay
MGHungary
MYMalaysia
NFBelgium, Prancis, Luxembourg
PLPoland
POPortugal
PPPhilippines
RORomania
RSRussia
SLSlovakia
SOAfrika Selatan
TItaly
TATaiwan
TUTurkey
VCKanada
XAustralia, New Zealand
YSpain
ZASingapore
ZPHong Kong, Macau
ZWZimbabwe
ZMZambia

Contoh Kode iPhone dari Berbagai Negara

Berikut beberapa kode iPhone dari berbagai negara:

  • Kode iPhone ll/a menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Amerika Serikat.
  • Kode iPhone zp/a menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Singapura.
  • Kode iPhone pa/a menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Indonesia.
  • Kode iPhone id/a menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Indonesia.
  • Kode iPhone vc/a menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Kanada.
  • Kode iPhone x/a menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari Australia atau Selandia Baru.
  • Kode iPhone m adalah kode yang menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan perangkat baru.

Kode iPhone Indonesia

Di Indonesia, terdapat empat kode seri yang menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone dengan garansi resmi. Berikut adalah kode-kode iPhone untuk Indonesia.

KODE IPHONEPROVIDER
PA/AXL
ID/ATelkomsel
FE/AIndosat
SA/AGDN

Kode negara iPhone Indonesia mencakup PA/A, ID/A, FE/A, dan SA/A. Jika iPhone memiliki awalan kode selain empat tersebut, maka itu menunjukkan bahwa iPhone tersebut bukanlah produk buatan Indonesia, melainkan berasal dari luar negeri.

Banyak sekali kode-kode iPhone dari berbagai negara, termasuk Indonesia, meskipun mungkin belum semuanya tercatat. Namun, berdasarkan pengamatan, beberapa kode yang sering ditemui pada iPhone yang banyak diperdagangkan di Indonesia meliputi:

  • iPhone PA/A
  • iPhone ID/A
  • iPhone LL/A
  • iPhone ZP/A
  • iPhone PA/A
  • iPhone J/A

Kode-kode tersebut seringkali muncul dalam transaksi jual-beli iPhone di marketplace atau forum di Indonesia hingga saat ini.

Cara Mengetahui Kode Phone dari Negara Mana

Terdapat dua cara untuk mengecek kode iPhone, yang pertama melalui pengaturan dan yang kedua dengan melihat fisik dus iPhone itu sendiri.

Mari kita periksa dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu.

1. Mengecek Kode iPhone melalui Pengaturan

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi Umum > Mengenai.
  • Temukan informasi Nomor Model iPhone, tiga kode terakhir menunjukkan asal negara iPhone kamu (sesuai dengan daftar kode iPhone di atas).

Cek Kode iPhone Melalui Pengaturan

2. Mengecek Kode iPhone melalui Dusbox

Selain melalui pengaturan, kamu juga dapat mengetahui kode iPhone melalui dusbox. iPhone yang resmi atau asli pasti memiliki kemasan, dan pada bagian belakang kemasan akan terdapat kode atau nomor model iPhone.

Berikut contoh bagian belakang dusbox iPhone.

Cek Kode iPhone Melalui Dusbox

Apakah Bisa Merubah Kode Negara iPhone

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa kode negara pada iPhone dapat diubah oleh pengguna sendiri. Pengguna iPhone dapat mengganti kode negara melalui B-BOX dan menggunakan perangkat lunak khusus iPhone, seperti 3uTools dan JCID Repair Assistant.

Namun, perlu diingat bahwa mengubah kode negara iPhone tidak berdampak pada nomor IMEI, karena nomor IMEI akan tetap menggunakan nomor aslinya.

Artinya, meskipun Anda mengubah kode negara iPhone dari luar dan membawa perangkat tersebut ke Indonesia, Anda tetap tidak dapat mengoperasikan iPhone tersebut di Indonesia karena IMEI tidak terdaftar dalam database Kemenperin.

Demikianlah informasi tentang kode region iPhone dari berbagai negara. Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai asal-usul iPhone Anda.

Semoga artikel ini memberikan wawasan tambahan mengenai iPhone. Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan semoga bermanfaat bagi Anda!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.