6 Cara Menambah RAM di HP Samsung Biar Performa Makin Optimal

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara yang dapat diakses dengan cepat oleh prosesor. Kapasitas RAM yang besar memungkinkan pengguna untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, banyak HP yang kini dilengkapi dengan RAM berkapasitas besar. Hal ini karena pengguna smartphone saat ini menggunakan perangkat mereka untuk berbagai keperluan, termasuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan sumber daya yang besar seperti game.

Meskipun RAM 4 GB dianggap sebagai standar yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, namun bagi beberapa orang, terutama yang membutuhkan kinerja yang lebih tinggi, RAM dengan kapasitas tersebut mungkin masih kurang memadai.

Untuk meningkatkan performa HP Samsung dengan menambah kapasitas RAM, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Namun, perlu diingat bahwa menambah kapasitas RAM pada smartphone bukanlah hal yang mudah dilakukan dan tidak selalu memungkinkan. Beberapa tips yang dapat dicoba adalah sebagai berikut.

Cara Menambah RAM di HP Samsung dengan Fitur RAM Plus

Samsung galaxy A33 5G

HP Samsung seri terbaru dilengkapi dengan fitur bernama RAM Plus, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan ekspansi RAM dengan mudah. Fitur ini hanya tersedia pada HP Samsung yang menjalankan OneUI 4.1 dan sistem operasi Android 12. Jika perangkat Anda masih menggunakan versi UI sebelumnya, fitur RAM Plus tidak akan tersedia.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur RAM Plus pada HP Samsung, disini saya menggunakan Samsung Galaxy A33 5G sebagai contoh:

  1. Buka Settings (Pengaturan).
  2. Pilih menu Battery and Device Care (Baterai dan Perawatan Perangkat).
  3. Pilih Memory (Memori).
  4. Selanjutnya, pilih opsi RAM Plus.
  5. Pilih kapasitas RAM yang ingin Anda tambahkan, mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Perlu diingat, semakin besar kapasitas RAM yang dipilih, semakin banyak pula kapasitas memori internal yang akan digunakan.
  6. Terakhir, HP akan secara otomatis melakukan restart. Pilih Restart untuk melanjutkan, dan tunggu prosesnya selesai.

Selain mengaktifkan RAM Plus, pada menu Memory juga terdapat opsi untuk membersihkan RAM dari aplikasi yang berjalan di latar belakang, untuk meningkatkan performa ponsel. Anda dapat menekan tombol Clean Now untuk membersihkan RAM.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja HP Samsung Anda dengan mudah. Selain RAM Plus, masih ada cara lain untuk menambah RAM di HP Samsung. Terus ikuti informasi terbaru untuk memperoleh tips yang bermanfaat.

Cara Mengatur Penggunaan RAM dengan Opsi Pengembang

Jika HP Samsung Anda tidak mendukung fitur RAM Plus, Anda masih bisa menggunakan fitur lain yang dapat membantu mengatur penggunaan RAM agar HP tidak terlalu lemot. Fitur ini bukan untuk menambah RAM, tetapi untuk mengoptimalkan penggunaan RAM.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Settings (Pengaturan).
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan menu About phone (Tentang ponsel).
  3. Masuk ke menu Software information (Informasi perangkat lunak).
  4. Tekan opsi Build number (Nomor build) tujuh kali untuk mengaktifkan opsi pengembang. Masukkan pola atau password HP Anda jika diminta. Setelah opsi pengembang aktif, akan muncul pemberitahuan Developer mode has been turned on (Mode pengembang telah diaktifkan).
  5. Kembali ke menu Settings, lalu masuk ke menu Developer options (Opsi pengembang).
  6. Cari opsi Background process limits (Batas proses latar belakang).
  7. Pilih opsi No background process (Tidak ada proses latar belakang).

Dengan membatasi proses latar belakang, Anda dapat mengurangi penggunaan RAM yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja HP Anda, mengurangi masalah seperti HP lemot atau lag.

Dengan demikian, Anda telah mengetahui cara mengoptimalkan penggunaan RAM di HP Samsung untuk meningkatkan performa. Semoga setelah mengikuti langkah ini, HP Samsung Anda dapat berjalan lebih baik dan responsif.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.