27 Kode Cek HP Samsung untuk Mengetahui Asli atau Tidak

Kode Cek HP Samsung

Apakah Anda penggemar ponsel Samsung? Tetap waspada ya, karena di luar sana banyak orang yang menjual ponsel palsu. Mendapatkan ponsel palsu merupakan kekhawatiran bagi banyak orang. Banyak orang menjadi korban pembelian ponsel Samsung palsu yang kualitasnya jauh dari standar asli.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah ponsel Samsung tersebut asli atau palsu adalah melalui kode pada bagian kualitas pembuatan (built quality). Jika ponsel Anda asli, tentu memiliki kualitas pembuatan yang baik dan terasa kokoh saat digenggam. Sebaliknya, ponsel palsu biasanya dibuat dengan asal-asalan sehingga kualitasnya kurang baik dan terasa kurang kokoh saat digenggam.

Baca juga : Cara Merekam Layar di HP Samsung Galaxy A23

Cara Cek HP Samsung Asli atau Tidak

Sebelum terjebak oleh penjual ponsel Samsung bekas atau baru yang tidak bertanggung jawab, mari simak ulasan berikut tentang cara memeriksa apakah ponsel Samsung tersebut asli atau HDC, serta kode rahasia ponsel Samsung yang sangat penting untuk diketahui.

1. Cek Layar HP Samsung

Jika Anda adalah penggemar ponsel Samsung dan sudah membelinya tetapi tidak yakin keasliannya, Anda dapat menggunakan uji LCD untuk memeriksa apakah ponsel Anda asli atau palsu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan *#0*# pada layar panggilan. Selanjutnya, beberapa informasi akan muncul dari uji LCD ini. Anda dapat mengujinya dengan menyentuh layar, menguji kamera, getaran, warna layar, dan lainnya.

Kode untuk memeriksa apakah ponsel Samsung asli atau tidak dapat dilihat dari spesifikasi yang tertera pada ponsel. Untuk mengetahui spesifikasinya, Anda hanya perlu mengetikkan *#*#4636#*#*. Setelah itu, layar LCD akan menampilkan spesifikasi ponsel Samsung Anda. Namun, jika spesifikasi tersebut tidak muncul di layar ponsel Anda, maka ponsel yang Anda miliki mungkin palsu.

2. Cek Software HP Samsung

Meskipun Samsung Kies mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, ternyata Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat kode verifikasi keaslian ponsel Samsung. Sebelum Anda melakukan pengecekan, pastikan bahwa PC atau laptop Anda telah menginstal aplikasi ini. Proses untuk mengecek keaslian ponsel cukup sederhana.

Setelah aplikasi Samsung Kies terpasang di PC atau laptop, hubungkan ponsel Anda ke PC atau laptop menggunakan kabel data. Jika ponsel dapat terhubung dengan PC atau laptop dan menampilkan informasi, itu menandakan bahwa ponsel Anda asli.

Namun, jika layar tidak menunjukkan koneksi dan tidak menampilkan informasi apa pun, itu bisa menunjukkan bahwa ponsel Samsung yang Anda miliki saat ini mungkin palsu atau KW.

3. Cek IMEI HP Samsung

Kode untuk memeriksa apakah ponsel Samsung asli atau tidak selanjutnya adalah dengan menggunakan nomor IMEI. Selain berfungsi untuk melacak ponsel yang hilang, nomor IMEI juga dapat digunakan untuk memverifikasi keaslian ponsel.

Untuk melihat kode rahasia ponsel Samsung dan menampilkan IMEI, Anda hanya perlu mengetik *#06# pada layar panggilan. Layar akan menampilkan kode unik IMEI ponsel. Selanjutnya, Anda dapat membandingkan kode IMEI ini dengan yang tertera pada kotak ponsel Anda. Jika keduanya sama, maka ponsel Anda dapat dianggap asli. Sebaliknya, jika kedua IMEI tidak sesuai, ada kemungkinan bahwa ponsel Anda palsu atau KW.

Cara lain untuk memeriksa apakah ponsel Samsung asli atau KW dapat dilakukan melalui ikon Pengaturan pada ponsel. Pilih "Tentang Ponsel" dan lihat

informasi IMEI pada tampilan status. Pastikan untuk membandingkan IMEI tersebut dengan yang tertera di kotak ponsel Anda.

4. Cek Fisik HP Samsung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara untuk memeriksa keaslian ponsel Samsung adalah dengan melihat kondisi fisiknya. Ponsel Samsung dikenal dibuat dengan menggunakan material berkualitas, menghasilkan build quality yang baik dan kokoh.

Jadi, untuk menentukan apakah ponsel Samsung asli atau palsu, Anda dapat memperhatikan material yang digunakan. Jika materialnya terlihat murahan, maka kemungkinan besar ponsel Samsung tersebut palsu atau KW.

Kode Rahasia HP Samsung Terbaru

Kode rahasia ini dirancang khusus untuk pengguna ponsel Android Samsung. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui detail tentang ponsel Samsung J2 Prime, Anda dapat menggunakan kode cek yang tersedia di bawah ini.

KODEFUNGSI
*#06#Kode untuk melihat imei dari hp Samsung
*#0001#Kode untuk cek serial number hp samsung
*#1234#Kode yang berfungsi untuk cek jenis dan veris firmware yang terpasang di hp Samsung
*#0228#Kode untuk menampilkan informasi mengenai baterai yang terpasang
*#8999*778#Berfungsi untuk mengecek simcard yang digunakan di hp kamu
*#1111#Kode yang berguna untuk memampilkan versi hp S/W
*#8999*837#Untuk melihat informasi versi hardware hp samsung kamu
*#8999*782#Kode hp samsung untuk menampilkan jam dan tanggal saat ini
*#9998*523#Kode cepat untuk mengakses dan mengatur kecerahan layar hp Samsung
*#8999*636#Berguna untuk melihat jumlah kapasitas penyimpanan hp Samsung
*#8999*638#Untuk mengecek jaringan seluler yang sedang dipakai
*#8999*289#Kode untuk mengecek nada dering hp kamu
#*2286#Kode yang berfungsi untuk menampilkan data penggunaan baterai
*2767*3855#Kode hp Samsung untuk melakukan factory reset
*#2562#Kode untuk restart hp Samsung
*#92782#Kode yang berguna untuk melihat model hp kamu
*#2255#Berfungsi untuk melihat daftar nomor telepon yang tersimpan
*#0000##Kode hp Samsung untuk reset bahasa ke pengaturan semula
#*5376#Berguna untuk menghapus semua pesan yang ada
*2767*226372#Kode untuk reset pengaturan kamera hp Samsung
2767*2878#Kode yang berfungsi untuk melakukan custom reset hp Samsung
*#8999*377#Untuk melihat informasi log selama penggunaan hp
*#232337#Kode cek hp Samsung untuk melihat MAC address device
#*2474#Kode rahasia hp Samsung untuk melihat durasi pengisian baterai
*#*#197328640#*#Kode rahasia Samsung untuk factory test, backu up, restore, debug info dan lainnya
*#0*#Kode cek berbagai fitur yang ada di hp Samsung. Seperti wifi, bluetooth, kamera dan lainnya.

Baca juga : Cara Mengganti Tema HP Vivo Supaya Jadi Lebih Keren

Cara Menggunakan Kode HP Samsung

Setelah mengetahui berbagai kode pemeriksaan ponsel Samsung, sekarang saatnya mencoba untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Bagi yang belum tahu cara penggunaannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Aktifkan ponsel Samsung Anda.
  2. Buka aplikasi Telepon.
  3. Ketik salah satu kode rahasia Samsung yang tercantum di atas, misalnya *#0228#.
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi dari panggilan kode tersebut.
  5. Selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai kode pemeriksaan ponsel Samsung, daftar kode rahasia Samsung, dan langkah-langkah penggunaannya.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel Samsung, pastikan untuk memahami keasliannya agar terhindar dari penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi bagi Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.