Cara Menghapus Cache di Semua Tipe HP Samsung, Biar Tidak Ngelag!

Hapus cache hp samsung

Salah satu permasalah yang sering kali dihadapi oleh para pengguna smartphone adalah perangkatnya yang tiba-tiba menjadi lemot atau tidak bisa memasang aplikasi karena memori internalnya penuh.

Biasanya permasalahan memori internal yang tiba-tiba penuh ini terjadi akibat banyaknya data cache atau data singgahan yang tersimpan di memori dari perangkat. Data cache merupakan data sekunder berkecepatan tinggi, yang berupa data-data yang sering digunakan oleh sistem maupun aplikasi.

Data cache ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan proses dari sistem atau aplikasi, karena aplikasi tidak perlu membuat data yang serupa berulang kali.

Namun sayangnya, semakin banyak proses yang dijalankan oleh aplikasi, sistem atau program dari perangkat, pastinya akan membuat data cache semakin bertambah banyak. Alih-alih mempercepat proses berjalannya perangkat, data-data tersebut malah bisa membebani perangkat.

Solusinya, kamu perlu menghapus data cache dalam perangkat yang kamu gunakan secara berkala. Buat kamu pengguna samsung, kamu bisa menghapus cache dengan mengikuti cara berikut ini.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M53 5G Panjang, Gesture 3 Jari

Cara Menghapus Cache di HP Samsung

Sesuai dengan judul yang telah dibuat, tutorial ini bisa dilakukan di semua tipe hp samsung. Selain itu, kamu juga tidak perlu aplikasi tambahan sehingga tutorial ini sangat praktis dan mudah. Adapun langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke menu Setting HP Samsung.
  2. Scroll ke bawah lalu buka pengaturan Device Care.
  3. Setelah itu, cari dan pilih opsi Storage.
  4. Selanjutnya, kamu gulir ke bawah kemudian tekan tombol Clear Now.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses menghapus cache selesai.

Menghapus Cache HP Samsung Secara Manual

Selain cara di atas, masih ada alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu membersihkan cache dengan cara manual dimana kamu akan menghapus cache hanya pada aplikasi tertentu saja.

Cara ini sangat efektif mengingat banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang padahal tidak pernah digunakan sama sekali. Berikut ikuti panduannya di bawah ini.

  1. Buka menu Setting di HP Samsung.
  2. Setelah itu, cari dan masuk ke bagian Apps.
  3. Kamu akan melihat beberapa aplikasi yang telah terinstal di perangkat hp.
  4. Kamu bisa pilih aplikasi yang dirasa jarang atau bahkan tidak pernah digunakan.
  5. Setelah masuk ke bagian detail, pilih menu Storage.
  6. Scroll ke bawah dan klik Clear Cache.
  7. Selesai.

Silahkan kamu lakukan hal yang sama ke aplikasi lainnya sampai dirasa hp sudah kembali berjalan lancar.

Baca juga : Cara Menggandakan Aplikasi Android dengan Mudah

Apakah Menghapus Cache Dapat Menghilangkan Semua Data Dalam Perangkat?

Kamu tidak perlu khawatir, seperti yang telah disampaikan di atas kalau data cache hanyalah data sementara dalam menjalankan sebuah sistem. Jadi ketika cache di hapus, file seperti foto, video, dokumen atau lainnya tidak akan menghilang. Kamu bisa langsung mengeceknya di file manager hp.

Dengan menghapus cache pada aplikasi, ini akan mengembalikan kapasitas memori pada android. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki hp android dengan spesifikasi yang rendah, karena prosesor dan RAM tidak dibebankan untuk membaca cache yang menumpuk.

Jadi seperti itulah cara menghapus cache di hp Samsung semua tipe. Dengan cache yang dibersihkan, ini akan membuat performa ponsel kamu kembali lancar dan tidak lemot.